Move On? Mudah kok! | Wulan Kenanga Wulan Kenanga: Move On? Mudah kok!
Oct 28, 2014

Move On? Mudah kok!


Foto: www.pinterest.com




Siapa sih, yang suka akan patah hati? Tidak ada. Begitupun dengan saya. Postingan kali ini adalah kiat-kiat yang saya lakukan ketika patah hati agar segera bisa move on dan melanjutkan hidup.

Simak yuk!





1. Percayalah Kamu Bisa Hidup Tanpa Dia

Seringkali kamu merasa bahwa hidupmu akan berbeda jika tidak ada dia di sisimu. Itu memang benar. Akan tetapi, coba ingat hari sebelum kalian bertemu, bukankah kamu baik-baik saja? Ini hanya masalah kebiasaan. Jika kamu belum mencoba hidup tanpa dia bagaimana kamu bisa tahu kalau kamu sanggup? Seperti halnya kita selalu merasa tak bisa makan tanpa nasi, pada kenyataannya pakai makanan berkarbohidrat lainnya pun sudah mengenyangkan.



Yang perlu kamu lakukan adalah yakinkan diri sendiri bahwa kamu bisa hidup tanpa dia. Dia hanyalah bagian dari masa lalumu yang harus kamu tinggalkan. Kamu harus memiliki tekad yang kuat untuk ini.



2. Jangan Ingat-ingat masa Indah Kalian



Hal inilah faktor yang terkuat yang membuat kamu susah untuk move on. Ingatlah kenangan hanya untuk dikenang bukan untuk dilakukan kembali di masa mendatang. Tanamkan dalam diri sendiri bahwa tidak ada sesuatu kejadian yang akan terulang kembali jika kamu tidak menginginkannya terulang. Ingatlah, ucapan adalah doa.



Anggaplah masa-masa indah itu adalah bonus dari hubungan kalian.



3. Jangan Ingin Mengulang Waktu



Setelah mengingat masa indah dengan dia pastinya kamu ingin mengulang waktu. Cukup berandai-andai. Jika ingin memperbaiki sebuah kesalahan adalah dengan menatap masa depan dan menata ulang hidupmu. Ingat di dunia ini tidak ada yang namanya mesin waktu dan tidak ada masa lalu yang bisa diperbaiki dengan cara kembali ke masa lalu.



Lagipula, memangnya kamu mau mengulang rasa sakit yang sama?



4. Jangan Mencari-cari Alasan Agar Dia Memperhatikanmu



Kamu terlalu berfokus mencari perhatian dia kembali dan pada akhirnya kamu akan kecewa sendiri karena dia sudah benar-benar tidak mempedulikanmu. Hal ini akan membuatmu semakin sibuk memikirkan bagaimana cara mendapatkan dia kembali dan menutup pintu untuk masa depan yang baru. Untuk apa membaca buku yang sama jika kita sudah tahu akhir kisahnya?



Sama halnya dengan penulis, Tuhan tidak akan mengubah ending dari sebuah kisah yang telah kamu lalui, meskipun kamu mengulangnya beribu kali.



5. Jangan KEPO!!

Seperti halnya mencari perhatian pada dia, keingintahuanmu tentang dia sama saja dengan menggoreskan lukamu kembali. Jangan bilang hanya ingin tahu keadaannya, tetapi saat dia memiliki orang lain membuatmu sedih. Ingat jangan merusak usahamu untuk melupakan dia dengan KEPO mengenai dia.



Rasa keingintahuanmu akan membuatmu terus menjalani hidup di masa lalu. Jalani saja apa adanya dan jangan terlalu menatap ke belakang dan jangan menggali informasi apapun tentang dia. Jika dia memiliki orang lain, siapa peduli?



6. Kangen Orangnya atau Kangen Masa Lalu?



Saat kamu merasa kangen dia, tanya pada diri sendiri. Kamu kangen sama dia atau masa lalu bersama dia? Yakin alasan hanya ingin melepas kangen cukup untuk membuatmu melupakan masa-masa bersama dia?



Yup, kamu hanya kangen dengan masa lalu bersama dia bukan kangen dengan dia. Karena perasaan kangenmu tidak akan hilang jika hanya akan bertemu dengan dia.



7. Wake UP!




Yakinkan diri sendiri bahwa perpisahan kalian adalah jalan yang tepat. Tidak perlu menyesali kesalahan yang pernah terjadi atau mengingat-ingat siapa yang membuat hubungan kalian berakhir. Karena memang sudah saatnya hubungan kalian berakhir.



Sudah saatnya bangun dan menata ulang hidupmu. Ingat seberapa keras pun kamu mencoba bertahan jika Tuhan menghendaki kalian berpisah kalian akan tetap berpisah. Jangan saling menyalahkan satu sama lain karena itu akan menambah peresaan kekesalan kamu.



8. Hindari Interaksi Dengan Dia



Eits, jangan beralasan untuk menjaga silaturahmi kamu masih terus berhubungan dengan dia. Jangan sering-sering deh kamu BBM-an, SMS-an, Telpon, atau chat dengan dia. Alakadarnya saja! Dan, kalau kamu benar-benar ingin melupakan dia hapus semua hal yang bisa membuatmu kembali berhubungan dengan dia. Bukan memutuskan silaturahmi, tetapi takut nanti kamu jatuh cinta lagi. Setelah kamu siap nanti, kamu bisa menjalin bersahabatan lagi dengan dia kok.


9. Waktu Akan Menyembuhkan



Percayalah suatu hari nanti kamu akan menyesal atau bahkan tertawa mengingat apa yang kamu lakukan saat patah hati. Dan, pada saat itu kamu baru menyadari hidup lebih indah tanpa adanya dia. Kenangan yang dulu begitu indah akan tetap terasa indah namun tidak ada perasaan untuk mengulang kembali. Semua hanya masalah waktu. Yang perlu kamu lakukan hanyalah melewatinya dengan segenap hati untuk mencapai titik di mana kamu akan merasa baik-baik saja.



Waktu akan menyembuhkan segala perasaan cinta, benci, dan penyesalanmu terhadap dia. Semua itu akan sirna begitu saja seperti tidak pernah terjadi apa-apa di masa lalumu.



10. Temui Orang-orang Baru




Setelah waktu memudarkan perasaanmu tentang dia, saatnya kamu bertemu dengan orang-orang baru. Membuka hati untuk teman-teman baru dengan tawa lebar dan mata berbinar. Siapa tahu kamu akan bertemu orang yang akan menggantikan dia nantinya.



Dengan menemui orang-orang baru akan membuka pikiranmu bahwa hidup terlalu indah jika hanya untuk meratapi nasib. Ingatlah rumput masih hijau, air masih segar, dan masih banyak yang menyayangimu meskipun kamu sedang patah hati.


11. Bahagiakan Dirimu!

Setelah sekian lama kamu meratapi nasib karena sendirian. Sudah saatnya kamu menikmati kesendirianmu dengan membahagiakan dirimu sendiri. Lakukan segala hal yang tidak bisa kamu lakukan sebelumnya ketika memiliki pasangan. Nikmati masa sendirimu!



Pada waktu kesendirianmu raih mimpimu yang sempat tertunda atau jika kamu belum mempunyai mimpi saatnya kamu merencanakan mimpimu.





Wulansari Wulan Kenanga

Hidup untuk menulis, menulis untuk hidup

Blog Designer, Writer, Buzzer, Dreamer, Pemeluk Kenangan, Jasa Review, Penulisan Artikel. Kerja sama Contact holawulan@gmail.com

No comments:

Post a Comment

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^