Hal-hal yang Harus Diperhatikan Dalam Ngeblog | Wulan Kenanga Wulan Kenanga: Hal-hal yang Harus Diperhatikan Dalam Ngeblog
May 27, 2015

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Dalam Ngeblog

Holla!
Postingan ini hanyalah pendapat dari sudut pandang saya mengenai sebuah tampilan blog. Bukan karena saya membuka Jasa Pembuatan Template Blog , melainkan lebih ke unek-unek dan tips bagaimana sih, membuat tampilan blog nyaman meskipun tanpa template yang cantik? Katakanlah hanya memakai template bawaan dari blogger sendiri. Tidak hanya kehidupan di dunia nyata, dunia maya pun memiliki sebuah etika, termasuk dalam menjalankan hobi blogging.

Seberapa penting tampilan blog bagi visitor?


Sangat penting!

Visitor ibarat tamu, seseorang yang berkunjung ke rumah kita. Semestinya, sebagai tuan rumah kita memberikan yang terbaik bagi tamu tersebut. Mulai dari kebersihan rumah, keadaan rumah yang rapi dan nyaman, dan tata letak dari kursi dan meja dalam rumah kita. Dan, tak kalah penting adalah keramah-tamahan kita dalam menyambut tamu. 

Bayangkanlah kita berkunjung ke rumah sanak saudara, dan rumah tersebut dalam keadaan "tidak baik", bukankah rencana kita untuk berlama-lama bertamu menjadi tidak nyaman? Dan, ketika tuan rumah tak menyambut dengan baik juga bisa menyebabkan kita enggan berlama-lama.

Dalam keramah-tamahan di sebuah blog adalah tata cara tulisan kita. Saya tidak membicarakan tata bahasa, saya membicarakan tata tulis dan tata letak postingan.

Bagaimana sih, postingan yang enak dibaca?

Postingan yang enak dibaca, selain dari tata bahasa juga dari tata tulis. Tata bahasa memang penting, dan tak ada typo sangatlah istimewa. Namun, mari kita tinggalkan tata bahasa tersebut, dan beralih ke tata penulisan yang baik pada postingan blog.

Pertama

Tulisan yang rapi, bisa membuat pembaca betah

Tulisan yang rapi di sini, yang saya maksud adalah mengenai Alignment.  Sebenarnya tidak ada salahnya, jika kita menggunakan rata tengah, rata kiri atau kanan, namun bagi saya alangkah baiknya kita menggunakan rata kanan kiri untuk sebuah postingan. Dan rata tengah untuk lagu ~ misalnya,  rata kiri atau kanan untuk gambar, signature, dll.

Mari kita lihat contoh di bawah ini:

Contoh postingan rata kiri



Contoh Postingan Rata Kanan Kiri
Bisa membedakan, bukan? Mana yang enak dilihat dan mana yang tidak.

Kedua


Yang ini mengenai jump-link atau jump-break, yang kedua ini sudah saya bahas di postingan Cara Insert Jump Break dan alasan-alasan kenapa sangat penting hanya menampilkan cuplikan pada postingan kita. 

Mari lihat contoh di bawah ini.

Contoh Postingan Menggunakan Jump Break

Contoh Postingan Tanpa Jump Break


Contoh di atas yang tanpa menggunakan jump break adalah postingan yang cukup banyak kata. Coba bayangkan kalau dalam halaman pertama blog kita ada 7 postingan misalnya, tentunya pengunjung blog akan menggulir berapa lama untuk menuju postingan paling bawah?


Ketiga

Sekarang kita membicarakan font. Mulai dari jenis font, ukuran, warna, dan latar dari postingan.

Untuk jenis font, teman-teman sah-sah saja menggunakan font sesuka hati. Namun, yang perlu diperhatikan di sini adalah, jangan menggunakan font yang terlalu sulit untuk dibaca. Misalnya, menggunakan font jenis Dancing Script. Gunakanlah font default yang telah disediakan di blog, dengan ketebalan yang cukup. 

Contohnya seperti ini:

Beneran, deh, postingan dengan font bold itu mengganggu
Tak hanya bold semua saja yang mengganggu, tapi juga capslock semua. Dan, jangan menggunakan warna yang terlalu mencolok atau bahkan warna-warna silau seperti kuning dan warna terlalu transparan.





Untuk latar belakang postingan, lebih baik memakai background dasar putih. Kalau teman-teman ingin berwarna, maka gunakan warna soft untuk background dan warna font hitam. 

Fitur Pada Blog yang Memperlambat Proses

Saya ingat betul saat pertama kali ngeblog pada tahun 2009 silam. Saat itu saya sedang getol-getolnya mendesain blog dengan pelbagai macam fitur yang memang lucu dan menggemaskan. Misalnya, kursor yang berbentuk kupu-kupu, tulisan berjalan, kursor bertabur bintang, bling-bling sana sini, dll. Tahukah, teman-teman bahwa hal tersebut justru membuat proses ke blog kita semakin lama? Karena butuh memproses fitur-fitur lucu nan menggemaskan tersebut. Dan, saat ini jika saya menemukan blog semacam itu, tak butuh waktu lama untuk menunggu maka saya langsung menutup halaman tersebut. Saya mencari blog lain yang prosesnya sebentar.

Proses lama tersebut saat saya menggunakan koneksi yang cukup cepat, bisa dibayangkan jika mereka yang mengunjungi blog tersebut memakai koneksi lambat?

Alangkah baiknya, kita memberikan fitur yang tak membuat mata pembaca belok dan sakit serta ramah terhadap kuota. :D

Kamu Manusia Atau Spam?

Memang menyebalkan mendapatkan spam pada komentar di blog, namun memberi verifikasi yang berlebihan juga mempersulit pengunjung untuk meninggalkan jejak pada sebuah postingan. Pernah rasanya ingin bunuh diri, waktu sudah menulis komentar segitu panjangnya, kemudian verifikasi gagal. Terus terang, saat mendapatkan hal semacam itu saya tidak akan meninggalkan jejak komentar di sana. Teman, mari membuat tamu blog kita betah dengan membiarkan mereka berkomentar tanpa kita bertanya ini itu.

Kalau saya lebih memilih opsi moderisasi terlebih dahulu, ketimbang memberi verifikasi ribet semacam itu.

Nah, sekian dulu unek-unek terhadap postingan dalam sebuah blog. Nanti saya update jika sudah menemukan hal-hal baru yang perlu dicerca *halah*

Wulansari Wulan Kenanga

Hidup untuk menulis, menulis untuk hidup

Blog Designer, Writer, Buzzer, Dreamer, Pemeluk Kenangan, Jasa Review, Penulisan Artikel. Kerja sama Contact holawulan@gmail.com

26 comments:

  1. postinganya sangat bermanfaat...thanks ya :)

    ReplyDelete
  2. Tipsnya bermanfaat sekali.. hal-hal yang kecil tapi penting ya mbak

    ReplyDelete
  3. yeay, alhamdulilah sudah menjalankan semuanya! TFS yaa! salam kenal mbak!

    ReplyDelete
  4. ini bermanfaat sekali. sy ingin sekali membuat moderasi utk posting komentar, tp blm tau (dan blm sempet nyari tau) caranya

    ReplyDelete
  5. Makasih, tulisan yang sangat bermanfaat. Salam kenal

    ReplyDelete
  6. nice info banget, tata bahasa postingan jarang saya perhatiin, oke besok perlu diteliti lagi

    ReplyDelete
  7. Tulisannya sangat membantu untuk saya yang lagi mendandani blog biar menarik

    ReplyDelete
  8. Terima kasih sharingnya, Mak. Kalau saya masih kesulitan milih font dan ukurannya yg tepat. Sering kekecilan atau kegedean. Seringnya font italic juga tidak bisa ditampilkan. Masih banyak yg harus sy pelajari :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ukuran font biasanya saya paki ukuran 12-16px mak :)

      Delete
  9. kalo aku pilih rata tengah dengan tulisan hitam..enak dibaca tuh...

    ReplyDelete
  10. Bagus nih tipsnya biar blog jadi rapi dan banyak tamunya *brb cek blog*

    ReplyDelete
  11. Trima kasih artikelnya...bermanfaat :)

    ReplyDelete
  12. Kalau aku pake rata kiri aja, biar spasi stabil. Mungkin juga bawaan dr teknik penyajian yang berlaku di kampusku dulu.

    ReplyDelete
  13. postingannya cakep! templatenya juga gak kalah cakep euy :D

    ReplyDelete
  14. setuju semuanya pokoknya hehe...happy blogging mba wulan :)

    ReplyDelete
  15. Setuju.
    Tapi masih ada typo dalam penulisan nya .
    Thx atas info nya :)

    ReplyDelete
  16. cara bikin postingan jump break itu bagaimana ya mbak? thank you

    ReplyDelete
  17. Tulisan yg enak dibaca = memanjakan mata pembaca. That simple!

    ReplyDelete
  18. tulisan yang rapi
    bener tuh, yang utama banget mlah
    apalagi font dan warna tulisan juga bold

    harus bisa tuh nyenengin pembaca.


    saya juga pake gambar kalau posting, walau ngambil dari web lain tapi kan yang seperti itu bikin enak juga. daripada hanya berupa teks

    ReplyDelete
  19. Bagus mbak sharing-nya tentang hal yang harus diperhatikan dalam menulis blog.

    Kalo besar file gambar biasanya sering pengaruh gak ke loading artikel blog?

    ReplyDelete
  20. wew...blog saya gimana y mak? font-nya, alignment-nya? lah kok malah konsultasi :-D

    saya pernah tuh dapat komentar spam dari obat xxx beberapa kali. trus saya moderasi. eh malah jadi repot sendiri. ya udah, dilepas lagi aja. lebih enak menghapus spam daripada moderasi. hehe...

    ReplyDelete
  21. Wah malah nyasar kesini, mbanya editor di Viva iah :)
    Salam kenal mba

    ReplyDelete

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^