Software Akuntansi | Wulan Kenanga Wulan Kenanga: Software Akuntansi
Jul 30, 2015

Software Akuntansi

Membicarakan mengenai perusahaan, tentu tak jauh-jauh dari software penunjang bisnis atau perangkat lunak bisnis. Seperti halnya software penggajian. Aplikasi akuntansi juga perlu dipertimbangkan untuk memperlancar usaha atau bisnis. Sebenarnya, apa sih fungsi dari software pendukung bisnis ini?

Perangkat lunak akuntansi atau biasa disebut Software Akuntansi merupakan perangkat lunak (software) yang dirancang untuk memudahkan aktivitas dan pencatatan akuntansi dengan memanfaatkan konsep modularitas atas serangkaian aktivitas yang serupa ke dalam modul-modul spesifik seperti pembelian (account payable), penjualan (account receivable), penggajian, buku besar, dan lain-lain. Perangkat lunak ini bisa merupakan perangkat lunak yang dikembangkan sendiri oleh perusahaan, atau dibeli dari pihak ke tiga yang menyediakannya, atau dapat pula merupakan kombinasi dari keduanya. Karena hal tersebut, kompleksitas dan kapabilitas perangkat lunak akuntansi menjadi sangat beragam bergantung pada kondisi lingkungan perusahaan yang akan menggunakannya. (sumber Wikipedia)

Seperti apa aplikasi akuntansi yang baik itu?

Aplikasi akuntansi yang baik ialah, perangkat lunak yang bisa memenuhi kebutuhan bisnis setiap perusahaan. Setiap perusahaan memiliki sistim yang berbeda-bea. Yah, meskipun secara garis besar tak jauh-jauh dari perhitungan transaksi keluar dan masuk.

1 | Desain Cantik

Bagi saya, desain juga berperan penting dalam sebuah perangkat lunak. Aplikasi yang kita gunakan haruslah memiliki tampilan yang cantik atau paling tidak ramah user. Perlu adanya tampilan yang cantik, untuk memberikan efek semangat tersendiri bagi penggunanya. Selain itu, juga mudah digunakan.

2 | Performa Yang Cepat

Kecepatan dalam load juga berpengaruh dalam mengerjakan pekerjaan akuntansi. Selain itu, juga berpengaruh pada komputer yang digunakan. Bayangkan saja, jika aplikasi yang kita gunakan berat dan sulit. Tentu pekerjaan tak cepat selesai, dan semakin menambah beban.

3 | Desain Interaktif


Disediakannya tampilan grafik analisis keuangan dan menu yang  dirancang lebih fleksibel & informatif agar memudahkan kita menilai kinerja keuangan bisnis. 

4 | Hasil Implementasi Ringan

Setelah kita menginput data, tentunya kita memerlukan hasil atau output secara cepat dan akurat. Tanpa proses implementasi yang lama, tentunya mempermudah bagi perusahaan untuk meyelesaikan pekerjaan.

5 | Fitur Lengkap

Untuk fitur disesuaikan dengan kebutuhan sistem pada masing-masing perusahaan. Fitur yang lengkap tentu semakin membantu kelancaran dalam bekerja.

Nah, itulah beberapa hal yang seharusnya ada dalam software akuntansi atau perangkat lunak akuntansi.




Wulansari Wulan Kenanga

Hidup untuk menulis, menulis untuk hidup

Blog Designer, Writer, Buzzer, Dreamer, Pemeluk Kenangan, Jasa Review, Penulisan Artikel. Kerja sama Contact holawulan@gmail.com

No comments:

Post a Comment

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^