Keuntungan Bisa Mendesain Blog Sendiri | Wulan Kenanga Wulan Kenanga: Keuntungan Bisa Mendesain Blog Sendiri
Sep 6, 2015

Keuntungan Bisa Mendesain Blog Sendiri



Keuntungan Bisa Mendesain Blog Sendiri ~ Mengganti template blog sudah saya lakukan sejak pertama kali mengenal blogger. Saat itu, antara tahun 2008-2009, ketika pertama kali Guru Komputer SMA kami meminta membuat blog. Saya sudah bisa mengganti template sendiri. Tentu, template tersebut saya dapatkan melalui internet. 


Saya ingat betul waktu Pak Efendi - guru komputer kami - mengatakan pada saya seperti ini, "Wulan, ya? Blognya bagus!" Saat itu, saya tahu Pak Fendi, memuji tampilan blog saya karena terlihat lebih bagus dari teman-teman lainnya yang hanya menggunakan template blog bawaan dari blogger. Pada waktu itu, alamat blogger bukanlah blogger.com melainkan blogspot.com.

Sejak saat itu, saya menjadi suka mengganti template blog saya sendiri, memberinya widget-widget lucu yang justru memperlambat load halaman blog saya. Pada dua tahun belakangan, saya mulai kerajinan membuat template sendiri. Mendesainnya sendiri. 

Pada awalnya, saya melihat di internet banyak sekali template blog yang bagus tapi terlalu berat. Template bagus dan berat membuat load blog saya lama dan menyusahkan pengunjung karena akan menghabiskan kuota. Akhirnya, saya menemukan template blog yang sederhana, cantik, dan elegan. Sayangnya, harga template tersebut mahal (sampai 500rb lebih). Saya tipe orang yang mudah bosan. Saya takut suatu hari nanti saya bosan dengan template tersebut, dan tentu akan membuang-buang uang. Akhirnya, berbekal kemampuan dasar yang saya miliki, saya mulai berlajar mendesain blog sederhana. 

Impian memiliki template blog sederhana yang cantik dan murah pun terwujud.

Apa saja keuntungan bisa mendesain blog sendiri?

1 | Menghemat Pengeluaran

Sebenarnya, seberapa penting sih, tampilan blog? Sebagian orang menganggapnya tak penting, dan sebagian lagi menganggapnya sangat penting. Dan, saya termasuk golongan yang terakhir. Seperti yang saya ceritakan di atas, sejak awal memiliki blog, saya sudah mengotak-atik desain blog tersebut. Itu membuktikan bahwa bagi saya tampilan blog yang cantik dan rapi itu perlu. Dengan bisa mendesain blog sendiri, saya tak perlu memikirkan berapa dana yang harus saya keluarkan untuk sebuah template blog.
Hal ini sangat membantu saya karena saya seringkali mengganti tampilan blog karena merasa sudah bosan. Saat saya sudah menemukan tampilan yang pas, maka saya akan berlama-lama melihat tampilan blog saya sendiri. 

2 | Mengganti Desain Sesuka Hati

Jangan tanya sudah berapa kali saya mengganti desain template saya. Berkali-kali! Mencari template blog seperti saya mencari baju, sendal, ikat rambut atau benda lainnya. Perlu kecocokan dan menceriminkan diri sendiri. Saya cenderung lebih suka warna gelap karena sesuai dengan kepribadian diri saya. Tapi, terkadang juga suka warna cerah semacam kuning, atau warna manis semacam ungu dan pink. Saya juga sempat memadukan warna biru langit dengan warna gelap. Sekarang, saya memilih warna dasar putih dan gelap. Entah nanti saya akan memakai perpaduan warna apa.
Berhubung saya sudah bisa mendesain template blog sendiri, sekarang saya kalau mengganti template blog langsung dari edit html sehingga tak perlu mengulang semuanya dari awal. Bayangkan saja, kalau saya mengulang dari awal tentu sangat merepotkan.

3 | Menghasilkan 

Pada poin pertama saya mengatakan untuk penghematan dan poin ketiga dengan bisa membuat template sendiri membuat penghasilan saya bertambah. Ya, akhirnya saya membuka jasa desain template blog sendiri. Alhamdulillah, sudah ada beberapa teman yang memercayakan desain blognya kepada saya. Saya sangat senang dengan antusiasme teman-teman mengenai jasa saya ini.
Ke depannya saya ingin membuat kelas desain template blog berbasis blogspot via online. Ini masih rencana karena saya belum benar-benar mahir dan mengerti bagaimana cara mengajar via online. Rencananya saya akan memberikan kelas ini secara gratis pada awalnya. Jadi, teman-teman yang ingin belajar bersama nantikan ya. 

Seringkali ada teman yang meminta jasa saya untuk mendesain blog ber-platform wordpress. Dengan berat hati saya menolak karena memang tidak bisa membantu. Harapan kedua saya, ke depannya saya bisa berlajar mendesain template blog wordpress sehingga bisa memperdalam kemampuan. 






Wulansari Wulan Kenanga

Hidup untuk menulis, menulis untuk hidup

Blog Designer, Writer, Buzzer, Dreamer, Pemeluk Kenangan, Jasa Review, Penulisan Artikel. Kerja sama Contact holawulan@gmail.com

3 comments:

  1. kadang kalau minta orang bikinin
    masih aja ada yg belum sreg ya mbak
    heheheheh ...

    ReplyDelete
  2. saya pake basis wordpress.. emangnya beda banget ya, blogspot ama wordpress???

    ReplyDelete
  3. Desain templatenya sendiri? Wah keren yaa, saya cuma bisa pakai template yang ada di internet terus diotak atik sendiri :))

    ReplyDelete

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^