Situs - Situs Marketplace Untuk Freelance | Wulan Kenanga Wulan Kenanga: Situs - Situs Marketplace Untuk Freelance
Sep 19, 2015

Situs - Situs Marketplace Untuk Freelance

image source www.pexels.com

Situs Marketplace Untuk Freelance ~ Dewasa ini semakin banyak orang yang memilih untuk menjadi pekerja serabutan (sebutan dari saya) atau bahasa umumnya freelance. Menjadi pekerja lepas memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tentu yang paling tercetak jelas di sini, menjadi pekerja lepas kita tak perlu takut masalah waktu, karena kita sendiri yang menentukan kapan bekerja atau kapan tidak menerima pekerjaan. Kekurangannya pun sangat jelas, yaitu masalah pemasukkan yang tak tetap setiap bulannya. Bisa jadi, setiap bulan pendapatan pekerja lepas sangat "banyak" atau justru tidak ada sama sekali karena tak ada tawaran pekerjaan atau tak ada pekerjaan yang datang.

Untuk masalah semacam itu, kita sebagai pekerja lepas memerlukan wadah untuk mendatangkan pekerjaan dan menawarkan jasa yang kita miliki. Untuk itu, di Indonesia ada beberapa situs marketplace yang diperuntukkan bagi pekerja lepas. 

Apa saja situs-situs tersebut? 


1. Freelancer Indonesia



Sejauh ini, situs Freelancer Indonesia merupakan situs marketplace bagi pekerja lepas yang paling besar. Sebenarnya, situs ini merupakan situs versi Indonesia dari situs freelancer yang merupakan starup asal Australia.  Dalam situs ini, Anda bisa memilih beberapa pekerjaan yang ditawarkan mulai dari sektor IT, marketing, desain, dan berbagai sektor lainnya. Sebagai situs freelancer terbesar di Indonesia, freelancer Indonesia memiliki jangkauan yang luas dan pengguna yang mencapai sekitar 400.000 pengguna dan sekitar 25.000 perusahaan atau pencari jasa.

Pencari jasa tak hanya datang dari Indonesia, karena situs ini terhubung dengan situr freelancer.com. Sehingga, bagi teman-teman jago dalam berbahasa Inggris atau sedikit mengerti mengenai bahasa inggris, teman-teman bisa mengajukan banding / bid pada pencari jasa atau perusahaan asing.

Sayangnya, freelancer sistem pembayaran masih menggunakan paypal sehingga tidak semua pekerja lepas bisa menggukan. Seperti saya misalnya yang masih menggunakan sitem pembayaran bank.

2. Projects.co.id



Projects merupakan marketplace asli Indonesia, dilihat dari pencari kerja dan pemberi kerja yang terdapat dalam situs ini. Sektor pekerjaan yang ditawarkan pun tak ubahnya dengan freelancer Indonesia. Selain pemberi pekerjaan dan pencari pekerjaan, di Projects.co.id juga memberikan fitur dalam menjual jasa. Misalnya, desain web, pembutan logo, jasa penulisan artikel, dll.

Bagi saya, Projects merupakan marketplace yang lebih ramah dan sedang berkembang. Saya sudah sebanyak tiga kali mendapatkan pekerjaan dari proyek yang saya bid di Projects. Sistem pembayarannya pun sangat mudah, karena menggunakan bank transfer. Teman-teman bisa memilih kapan dana tersebut cair dengan dua pilihan yaitu weekly atau monthly. Sehingga, meskipun kita pekerja lepas tapi gaji yang didapat bisa perbulan. Sayangnya, dana yang kita dapatkan terpotong sebesar 12% dari hasil yang kita dapatkan. 


3. Sribulancer



Tak jauh berbeda dengan Projects, Sirbulancer juga marketplace asli Indonesia. Peluncurannya pun baru akhir tahun lalu, selisih beberapa bulan dari Project. Sektor yang ditawarkan pun tak jauh berbeda dengan marketplace pekerja lepas lainnya. IT, Penulisan Artikel, Entri Data, dan lain-lain. Dalam pembayarannya situs Sribulancer sama halnya dengan Projects, yaitu menggunakan sistem transfer bank. 

Pembayaran yang kita dapatkan dipotong sebesar 10% untuk komisi dan 3% untuk PPH. Dalam mem-bid kita dapat menawar lebih tinggi maupun lebih rendah layaknya di freelancer dan Projects.


Itulah situs-situs marketplace bagi para pekerja lepas. Semoga membantu dan sukses!


 



Wulansari Wulan Kenanga

Hidup untuk menulis, menulis untuk hidup

Blog Designer, Writer, Buzzer, Dreamer, Pemeluk Kenangan, Jasa Review, Penulisan Artikel. Kerja sama Contact holawulan@gmail.com

13 comments:

  1. Ruang lingkup freelance semakin luas nih ^^

    ReplyDelete
  2. halooo mbak wulansari..

    pijakan yang bagus.. beberapa saat setelah membaca hendak mencoba seketika itu juga.
    informasi yang di butuhkan oleh pengguna internet seperti saya hehe..

    tetaplah memberi refernesi terbaik di blog mbak wulansari.

    ReplyDelete
  3. Makasih infonya, Wulan.
    Kapan hari aku juga dikasih teman yg pakdhenya kerja jd freelance, cm, lewat lalu aja. Belum serius ke sana.. :)

    ReplyDelete
  4. Terima kasih infonya ya mbak Wulan :-)

    ReplyDelete
  5. Sampai saat ini, saya masih aktif di Freelancer Indonesia, meski belum pernah ngerjakan project. :)

    Salam hangat dari Bondowoso..

    ReplyDelete
  6. makasih yaaa.. well banget tulisannya..

    ReplyDelete
  7. Waaahhh infonya bermanfaat banget nih. Mau coba ahhhh

    ReplyDelete
  8. Hi Dear, Wulansari, kita sebelahan di acara Roadshow -TOK*****IA, thanks ya infonya :)

    ReplyDelete
  9. Matur suwun infonya... sudah beberapa dicoba...

    ReplyDelete

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^