Apa itu Klout Score? | Wulan Kenanga Wulan Kenanga: Apa itu Klout Score?
Nov 22, 2015

Apa itu Klout Score?

Apa itu Klout Score? - Seperti yang sudah saya singgung sedikit di postingan sebelumnya mengenai Klout Score, kali ini saya akan membahas sepenuhnya, apa itu klout score dan apa manfaat bagi kita untuk mengetahuinya.

Klout Score merupakan perhitungan kegiatan yang kita lakukan di media sosial. Entah itu berupa status, share, like, komentar, tweet, re-tweet, upload gambar, dll. Secara garis besar, klout score mengukur seberapa eksis, seberapa populer, seberapa berpengaruhnya kita di media sosial. Semua kegiatan tersebut dirangkum dan dihitung melalui Klout Score.


Klout menilai pengaruh kita di jejaring sosial dengan skala 1-100. Dengan acuan semakin besar skala yang kita miliki, semakin besar pula pengaruh yang kita miliki di sosial media. Dalam postingan saya cara meningkatkan klout score, saya telah menyinggung mengenai brand-brand tertentu yang melihat pengaruh kita melalui klout score. Tidak menutup kemungkinan, mereka akan memberikan kita job lantaran nilai klout yang kita miliki tinggi. Itulah kenapa, saat ini blogger dan seleb jejaring sosial sangat getol menaikkan nilai klout mereka.

Melihat dari beberapa variabel yang ada, Klout menilai perilaku yang kita miliki di media sosial. Mereka menyebutnya dengan; Klout Style. 

Dasar dari Klout sendiri memiliki tiga elemen, yaitu True Reach, Amplification Probability, dan Network Influence.

True Reach

True reach merupakan ukuran atau berapa jumlah orang yang teman-teman pengaruhi di media sosial. Ketika teman-teman pemuktahiran status, berapa orang yang berkomentar? Berapa orang yang menyukai status teman-teman? Berapa orang yang meretweet atau membagikan? Variabel yang di dapatkan dari sini, disebut dengan true reach.

Amplification Probability
  
Amplification Probabilty merupakan pengaruh konten yang kita miliki terhadap orang lain. Seberapa sering tweet teman-teman menimbulkan reaksi? Berapa banyak followers yang meretweet konten teman-teman? Atau hanya orang-orang itu saja yang berinteraksi?

Network Influence

Elemen terakhir ini berpusat pada seberapa besar pengaruh orang-orang yang teman-teman pengaruhi. Apa yang berinteraksi dengan kita merupakan orang yang memiliki pengaruh tinggi terhadap media sosial? Ria Ricis misalnya? 

Sampai saat ini, banyak sekali keuntungan memiliki akun media sosial. Dengan syarat, kita tahu cara menggunakan media sosial dengan bijak. Berinteraksi dengan sopan dengan teman sesama di dunia maya. Jika dulu, kita menggunakan jejaring sosial hanya untuk curhat, di masa sekarang lebih baik menggunakannya untuk mendapatkan peluang yang lebih menjanjikan. 

Nah, teman-teman, yuk kita meningkatkan nilai Klout kita :D




Wulansari Wulan Kenanga

Hidup untuk menulis, menulis untuk hidup

Blog Designer, Writer, Buzzer, Dreamer, Pemeluk Kenangan, Jasa Review, Penulisan Artikel. Kerja sama Contact holawulan@gmail.com

6 comments:

  1. iya ya sekarang ini banyak yg membicarakan ttg klout score

    ReplyDelete
  2. Baru tahu yang ginian. -,-.
    BTW, makasih udah share.

    ReplyDelete
  3. bikin twit yang heboh aja kalik yak, lahhhhh wkwkkwkwk

    ReplyDelete
  4. Wulan keren. :) Makasih infonya. Saya cuma agak menyayangkan orang-orang yg nyetatus nyindir nyinyir demi mendapatkan reaksi heboh. Tujuannya supaya Klout score naik. Hidup mah bukan di dunia aja. Kalau menghalalkan segala cara, alamat susah kita "di sana".

    ReplyDelete
  5. Makasih infonya mbak wulan.... baru ngeh yang beginian....

    ReplyDelete
  6. Wajib diketahui diketahui ini....

    ReplyDelete

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^