Being A Great Blogger With Fun Blogging 7 Surabaya | Wulan Kenanga Wulan Kenanga: Being A Great Blogger With Fun Blogging 7 Surabaya
Nov 15, 2015

Being A Great Blogger With Fun Blogging 7 Surabaya





Being A Great Blogger With Fun Blogging - Dulu, seorang blogger bukan siapa-siapa apalagi mendapatkan apa-apa. Bahkan dulu, saya sama sekali tidak tahu untuk apa menulis di blog itu selain memberikan tutorial dan curhat. Sampai dua tahun yang lalu pun, saya masih menjadi seorang yang awam dalam ngeblog. Padahal, saya memiliki blog ini dari tahun 2009.

         Sampai akhirnya, saya mengenal seorang teman dari acara kepenulisan. Dia seorang blogger, freelance. Dari dia saya baru tahu kalau ngeblog itu bisa menghasilkan receh, bahkan lebih. Dari teman saya tersebut, saya akhirnya bergabung dengan beberapa komunitas blog. Lagi-lagi, saya belum juga ngeh mengenai komunitas ngeblog itu untuk apa.

            Pada tahun akhir 2014 lalu, saya mulai memberanikan diri menulis ‘artikel’ – iya, sebelumnya saya hanya menulis fiksi dan curhat. Kemudian, teman saya memberi job review dari salah satu marketplace. Lama-lama, saya mulai belajar meresensi produk sendiri, belajar menulis konten yang lebih baik, mengikuti lomba. Dari situ, saya merasa, wah ngeblog enak juga ya.

           Maka dari itu, saya mulai meningkatkan kualitas diri. Ikut berkumpul sesama blogger, sharing ilmu, dan selalu berharap akan ada masanya mengikuti sebuah acara yang menyajikan bagaimana menjadi seorang blogger yang ‘berkualitas’ serta benar-benar menjadikannya sebagai profesi.

            Sekitar satu setengah bulan yang lalu, teman saya chat via bbm, “Lan, ikutan Fun Blogging?”

         Setelah itu, akhirnya di facebook saya ditandai mengenai informasi Fun Blogging. Fun Blogging, merupakan acara belajar untuk menjadi blogger yang lebih ‘berkualitas’. Pematerinya sendiri adalah teman-teman blogger yang lebih berpengalaman, yaitu Mbak Haya, Mbak Ani Berta, dan Mbak Shintaries. Tanpa pikir panjang saya pun mendaftarkan diri, meskipun acara tersebut masih akan berlangsung bulan depan.

          Acara Fun Blogging dengan tema ‘Dari Hobi Menjadi Profesi’ berlangsung pada hari Sabtu, 07 November 2015, di Intiland Tower 2 Floor Suite 10B, Surabaya. Tepatnya, di kantor Qwords Surabaya. Acara Fun Blogging bukan kali pertama diadakan. Sebelumnya, Fun Blogging juga telah berlangsung di beberapa kota. Surabaya sendiri merupakan kota ke-7 yang didatangi oleh Mbak Haya, Mbak Ani Berta, dan Mbak Shintaries.

             Peserta dalam Fun Blogging 7 sekitar 32 orang, dan ini memang dibatasi agar kami bisa belajar lebih intensif dan lebih cepat menyerap informasi.

          Saya berangkat ke acara dari pukul setengah tujuh pagi, karena saya berangkat dari Mojokerto. Bersama Sari, kami sampai di gedung Intiland sekitar pukul sembilan pagi, dan kebetulan bertemu Mbak Haya, Mbak Shintaries, dan Mbak Ani Berta di muka gedung. Iya Mbak, perempuan yang melambaikan tangan dengan norak itu, saya!

Mas Frenavit Putra perwakilan dari Qwords

            Sekitar pukul setengah sepuluh, acara dimulai. Sebagai permulaan, acara dibuka dengan sambutan dari Qwords si pemilik tempat, kemudian para peserta memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama, akun twitter, dan alamat blog. Dari sekian banyak peserta, tentu banyak yang datang dari Surabaya sendiri. Tapi, ada juga yang jauh-jauh datang dari Jember, Gresik, bahkan dari Jakarta pun ada. Ini membuktikan bahwa yang memiliki renjana di dunia ngeblog tidak hanya saya. Dengan banyaknya peminat, semakin memacu semangat saya untuk tetap berkecimpung di dunia kepenulisan dan blog.

            Acara Funblogging, dibagi menjadi tiga sesi. Setiap sesi akan diisi oleh pemateri dan tema yang berbeda. Untuk sesi pertama, diisi oleh Mbak Haya.

1 | Sesi Pertama

Writing Great Content by Haya Aliya Zaki


Mbak Haya Aliya Zaki, sedang memberi ilmu mengenai konten berkualitas.

            Sebagai awal, saya akan memperkenalkan sedikit mengenai Mbak Haya ini. Selain ngeblog, Mbak Haya juga berprofesi sebagai editor, dan content writer. Tidak heran kan, jika beliau menjadi pemateri untuk writing great content. Tentu, karena Mbak Haya Aliya Zaki sudah lama bergelut dibidangnya.

            Pada sesi pertama, Mbak Haya memberikan ilmu melalui kisah sukses beliau dalam menulis sebuah konten blog. Mulai dari tata tulisan dalam blog yang enak dibaca, konten yang bagus, sampai kesalahan dalam penulisan.

            Mbak Haya sendiri sudah sering menang lomba. Baru-baru ini, saya tahu Mbak Haya menang dalam lomba Jelazah Gizi dan terbang ke Bali secara gratis. Beliau pun bercerita, setelah dari acara tersebut langsung mendapatkan tawaran kerja dari salah satu agensi. Saat Mbak Haya tidak memenangkan lomba, beliau tidak berlama-lama menggalau. Mbak Haya berkata, “Jangan membuang waktu untuk sesuatu yang tak perlu. Lomba lain sudah menanti.”

            Aktif dalam sosial media merupakan hal yang wajib bagi blogger. Sosial media merupakan jaringan terluas, seperti kita ketahui saat ini hampir setiap individu memiliki akun sosial media. Itu merupakan kesempatan yang pas bagi kita untuk membuat pencitraan diri sekaligus untuk membuat personal branding bagi blog yang kita miliki. Mbak Haya sendiri berkata,”Menarik investor asing dengan pencitraan.” Jadi, guys, pencitraan itu perlu. Bagus untuk mengenalkan diri pada dunia.

Blog menghasilkan uang? Boleh nggak, sih?

Pada dasarnya, tidak hanya blog yang menerima iklan. Tapi, juga media-media online, dan media cetak lainnya juga menerima iklan. Dari iklanlah media online dan cetak tetap hidup atau tetap ada. Tanpa iklan, media tersebut akan lengser. Katakanlah media cetak yang gulung tikar atau beralih ke media online karena pada saat ini banyak kalangan yang lebih memilih media online daripada media cetak. Pengiklan pun akhirnya berpikir ulang untuk memasang iklan mereka di media cetak karena alasan tersebut.

Contoh kecilnya nih, sebuah website yang menyediakan download gratis seperti film ataupun software. Dari mana mereka mendapatkan uang untuk menyewa hosting? Atau dari mana mereka mendapatkan ‘tenaga’ untuk tetap hidup kalau tidak dari iklan yang dipasang pada website mereka.

Konten dan Blogger

Seperti yang dikatakan oleh Bang Win,”Sesungguhnya napas blog kita adalah ‘konten’”. Dari ungkapan tersebut, sangat jelas bahwa blogger yang berkualitas adalah blogger yang memiliki konten bagus. Konten yang membuat kita berlama-lama membaca artikel tersebut tanpa ada pikiran untuk meninggalkannya. Untuk itu, dalam sesi ini, saya benar-benar memperhatikan apa yang Mbak Haya katakan. Karena saya baru dalam menulis sebuah artikel dengan konten yang berkualitas.

             Beberapa blog yang memiliki konten menarik pun dipaparkan Mbak Haya di sini. Seperti blog milik Diana Rikasari, Hoedamanis.blogpsot.com,www.titiw.com. Kita sebagai blogger harus bisa memberi lebih dari sekedar informasi. Memanjakan pembaca dengan konten, foto, dan view yang nyaman.

            Dalam menulis konten pun, kita harus memerhatikan tanda baca, kesalahan dalam penulisan. Mbak Haya sendiri memberikan tips kepada kami, agar menulis konten yang berbobot dengan membubuhkan rumus rahasia. Masih banyak sekali tips yang diberikan oleh Mbak Haya dalam acara tersebut, tentu tips tersebut sangat berguna bagi kami (saya). Seperti, 12 tips agar tulisan bertenaga.

            Sesi pertama ditutup dengan tanya jawab kepada Mbak haya. Tentu kesempatan ini tidak dibiarkan berlalu begitu saja oleh peserta Fun Blogging, terutama oleh Pakde Cholik. Selama acara berlangsung, menurut saya beliau yang paling aktif dalam berinteraksi bersama kami. Membuat suasana menjadi riuh dan tidak kaku.

Di sela-sela sesi, diisi perkenalan mengenai Mobil123


2 | Sesi Kedua

Advancing Your Blog Platform by Shintaries

Perkenalan dari Mbak Shintaries

             Sesi kedua dimulai oleh Mbak Shintaries. Mbak Shinta merupakan blogger sekaligus Web dan Blog Designer. Terus terang, sesi ini merupakan sesi yang paling saya tunggu-tunggu karena saya sendiri ingin jauh mendalami mengenai blog designer.

          Mbak Shintaries baru-baru ini telah memenangkan Blogie Award dalam kategori Lifestyle Blog Mother. Pada sesi ini, Mbak Shintaries memberikan informasi-informasi mengenai tata letak blog yang baik dan enak dibaca. Sehingga pembaca langsung tertuju pada konten yang kita miliki. Tak hanya informasi tersebut yang kami dapat, tapi juga mengenai peletakan iklan yang tidak mengganggu pembaca, mengenai warna yang kita pakai dalam template blog, dan masih banyak lagi informasi yang dapat kami serap.

             Mbak Shintaries juga membagikan cara melihat Google Analytic, memanfaatkan sosial media, klout, alexa rank dan masih banyak lagi ilmu yang ia bagikan bersama kami. Sampai-sampai saya tidak bisa menyebutkannya satu per satu.

           Pada sesi ini pun diadakan tanya jawab, dan akan dipilih penanya terbaik yang akan mendapatkan hadiah yang dipersembahkan oleh sponsor. Sesi ini pun tak kalah seru dari sesi pertama. Kami juga saling melontarkan pertanyaan untuk menambah informasi.

Lunch!!

             Usai sesi kedua kami melakukan ishoma, dan acara kembali dilanjutkan pukul satu siang oleh Mbak Ani Berta.


3 | Sesi Ketiga

How To Monetize Your Blog Through Branding by Ani Berta


Mbak Ani Berta, menjelaskan mengenai memaksimalkan sosial media

           Sesi ini merupakan sesi yang seluruh peserta Fun Blogging tunggu-tunggu. Sesi ketiga sekaligus terakhir ini, merupakan sesi yang diisi oleh Mbak Ani Berta. Mbak Ani Berta merupakan Digital Media Activist. Saat ini beliau benar-benar merupakan freelance dan blogger. Ia bercerita sebelumnya, beliau bekerja di kantor sebagai akuntan. Sekarang, ia benar-benar berkecimpung di dunia blogging. Kenapa begitu? Karena renjana Mbak Ani Berta adalah di dunia kepenulisan. Pekerjaan apa yang paling menyenangkan, selain bekerja di dunia yang kita sukai?

          Lagi-lagi sosial media disinggung dalam sesi ini. Itu membuktikan bahwa sosial media sangat berpengaruh besar dalam kehidupan seorang blogger. Mbak Ani Berta memaparkan bagaiamana cara mendapatkan penghasilkan dari ngeblog. Hal-hal yang dicari oleh sebuah agensi dan bagaimana cara kita meningkatkan kualitas blog agar dilirik sebuah brand ternama.

              Dari ngeblog, Mbak Ani Berta bisa mengenal banyak kalangan, mendapatkan job dengan bayaran yang tidak sedikit. Mbak Ani Berta ‘memamerkan’ hasil yang ia peroleh kepada kami, dan itu membuat kami semakin semangat dan ‘melek’ dalam mengikuti setiap ilmu yang beliau berikan. Dari ngeblog beliau juga bisa jalan-jalan ke berbagai daerah dengan gratis. Pengalaman beliau tersebut mau tidak mau membuat saya semakin semangat untuk mendapatkan informasi lebih jauh. Mengenai bagaimana dilirik agensi, kiat-kiat memantaskan kualitas blog agar jauh lebih menarik.

               Biasanya, pada saat-saat terakhir kami pasti loyo dan malas mendengarkan. Tapi, Mbak Ani Berta membuat kami melek saat beliau menunjukkan bukti fee yang beliau dapat dari ngeblog. Tidak perlu saya sebutkan di sinilah ya, nanti syok :D. 

             Seperti biasa di setiap sesi akan ada tanya jawab dan hadiah-hadiah diberikan kepada kami peserta yang paling aktif. Hadiah ini tentu dipersembahkan oleh para sponsor acara yaitu Qwords, Mobil123, dan Smartfren.

Sharing bersama dalam menyikapi dunia maya dan bagaimana menjadi blogger yang low profile
              Secara keseluruhan acara. Kegiatan Fun Blogging benar-benar fun seperti namanya. Antusiasme dari peserta, sponsor, dan pemateri pun yang membuat acara ini semakin meriah. Selain mendapatkan ilmu dari pemateri, kami juga fun dengan berkumpul dan berkenalan dengan para blogger. Selain itu, dalam acara tersebut semacam reuni kecil-kecilan bagi kami yang jarang bertemu. Acara ini tentu tidak akan semeriah ini tanpa kehadiran sponsor Smartfren yang baru-baru ini mengeluarkan jaringan terbaru dengan teknologi 4G LTE.


Sesi pemotretan pemenang bersama Mobil123
            Seperti acara-acara lainnya, sesi terakhir ditutup dengan acara berfoto bersama pemateri, dan peserta Fun Blogging. Tidak lupa juga berfoto dengan para penerima hadiah yang diberikan oleh sponsor. 

               Semoga kelak, saya akan menemukan acara-acara serupa dengan berbagai macam ilmu yang akan kami dapatkan.

Goodie Bag dari Qwords



Wulansari Wulan Kenanga

Hidup untuk menulis, menulis untuk hidup

Blog Designer, Writer, Buzzer, Dreamer, Pemeluk Kenangan, Jasa Review, Penulisan Artikel. Kerja sama Contact holawulan@gmail.com

36 comments:

  1. Mbak Lengkap banget postingannya. pAsti seru ya kegiatan Fun Blogging.
    Klo saya ngeblog buat have fun aja Mbak hehehe
    blog sya aja blm ada setahun usianya.
    Tapi dari ngeblog sya belajar banyak hal, termasuk bagaimana menyajikan konten yg menarik perhatian pengunjung.

    Maybe saya baru pertama berkunjung di sini :D
    Salam kenal Mbak Wulan.
    Buat konten yg bagus ya, nanti sya akan sering2 mampir ke sini. Yeay ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga saya bisa terus kasih yang terbaik ya. Masih banyak yang harus dipelajari :) terima kasih sudah mampir :)

      Delete
  2. mbak Wulan ternyata punya gejala akan menjadi blogger geek seperti mbak Shinta ya? hehehe. Saya dah klepek-klepek dengan materinya mbak Shinta. Udah deh, no coding no die buat saya mah hahaha. jangan ditiru! lanjutkan mengotak atik web dan mendesainnya mbak Wulan.

    beneran, saya juga seneng acara kemarin. Smoga kita bisa makin melesat ya , sampai jumpa di acara advance FB berikutnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, suka gatel pengen otak atik blog. Sampai ketemu lagi mbak :)

      Delete
  3. Seruuuu. Menunggu fun blogging di Semarang :D

    ReplyDelete
  4. Senang bisa nambah ilmu dan dapat teman baru.
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete
  5. sepertinya semua sesi dari 3 pemateri ini benar-benar ditunggu-tunggu ya mbak Wulan, keren-keren materinya. LUAR BIASA :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbaaakk, mau dibilang salah satu sesi favorit kok ya suka semuanya :D

      Delete
  6. Wah, kok aku gak dikasih tahu ada event gini yah:D
    padahal di surabaya juga, hiiiks

    ReplyDelete
  7. seru banget ya mbak acaranya,bener2 menggali banyak ilmu dari 3 pemateri yang kece2^^

    ReplyDelete
  8. keren .. di surabaya suka ada event kaya gini

    ReplyDelete
  9. amiien..acaranya emang oye..ilmunya ituloh yg nggak bisa dibeli emang...nggak rugi deh pokoknya datang ke acara ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mbaakk... Ilmunya benar-benar dapat. Semoga kita bisa menerapkan ya :)

      Delete
  10. Aku juga baru baru ini aja mulai serius ngeblog.. Perlu belajar banyak juga :D

    ReplyDelete
  11. Seru banget pastinya, sayang belum bisa bercengkrama lebih lama dengan mba Wulan...

    ReplyDelete
  12. Akhhh pasti seru ya mak, udah ketujuh dan belum sempat aja ikutan kelasnya mbak Haya, mba shinta dan teh Ani... *_*

    ReplyDelete
  13. Seru banget ya acara Fun Blogging 7 lalu.
    Jadi tambah semangat ngeblognya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semakin semangat ngejar konten bagus :D

      Delete
  14. Sama nih mbak Wulan, dulu aku ngeblog cuma nulis gak penting- penting aja. Setelah ikut acara FB jadi tau deh arahnya kemana. Nice to meet you, ya! :)

    ReplyDelete
  15. Sama nih mbak Wulan, dulu aku ngeblog cuma nulis gak penting- penting aja. Setelah ikut acara FB jadi tau deh arahnya kemana. Nice to meet you, ya! :)

    ReplyDelete
  16. Asik ya acaranya. Aku juga nggak mau ketinggalan ahh..., biar emak2 tapi tetep kekinian ilmu dan ngeBlognya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siyaaappp Mak! Semoga kita ketemu lagi di acara-acara lainnya ya ^^

      Delete
  17. Seru banget acaranya, baca postingan ini aja dapet banyak ilmu, apalagi kalau ikut live! thanks for share...

    ReplyDelete
  18. Wah terlambat dapat informasi ada acara ini. Tapi penjelasan mba Wulan lengkap sekali, semoga kapan-kapan bisa ikutan juga. Salam kenal ya :)

    ReplyDelete
  19. Wah telat dapat info kalau ada acara ini. Tapi penjelasan mba Wulan lengkap sekali, semoga kapan-kapan bisa ikut acara seperti ini. Salam kenal ya :)

    ReplyDelete

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^