Empat Bumbu Kacang Yang Fenomenal | Wulan Kenanga Wulan Kenanga: Empat Bumbu Kacang Yang Fenomenal
Nov 14, 2015

Empat Bumbu Kacang Yang Fenomenal




Empat Bumbu Kacang Fenomenal - Sewaktu masih duduk di sekolah dasar, saya memiliki langganan penjual gado-gado keliling yang sering lewat di depan rumah. Kebetulan, penjual gado-gado tersebut merupakan ayah dari kakak kelas saya sewaktu SD. Sangking, seringnya saya beli gado-gado, si Bapak penjual sampai hafal dengan saya, bahkan beliau selalu memberi jumlah kerupuk lebih kepada saya. Dan, saya berlangganan hingga saat ini. Dari si Bapak memakai gerobak dorong, sampai sekarang membawa motor.

Buat saya, beliau merupakan penjual gado-gado yang ramah dan menyenangkan. Memang, sejak kecil saya suka sekali makanan dengan bumbu kacang, terutama gado-gado. Mau diet seketat apa pun, kalau sudah bau bumbu kacang, lewat!

 Di sini, saya akan membahas mengenai empat bumbu kacang paling fenomenal. Mereka - bumbu kacang- terlihat sama, sejenis. Tapi, guys, sebenarnya mereka berbeda. Jauh!


1 | Bumbu Pecel

Seperti yang kita ketahui selama ini, bumbu pecel bahan utamanya ya, kacang tanah. Kacang tanah digoreng hingga kecokelatan, digiling, dicampur dengan bawang putih, garam, gula merah, cabai, dan jeruk purut. Sangking fenomenalnya bumbu pecel, bahkan kita bisa menjumpainya dalam kemasan sachet yang siap diseduh dengan air panas. 

Bumbu pecel memiliki rasa yang khas. Rasa ini didapat dari daun jeruk purut dan temu kunci di dalamnya.

Saya sendiri memiliki tempat favorit untuk membeli nasi pecel yang enak di Mojokerto. Yaitu, di warung emperan yang bukanya malam hari, karena ketika siang hari emperan toko yang mereka pakai buka. Warung tersebut terletak di depan Bank BNI di Mojokerto.

Bumbu pecel tidak hanya dipergunakan pada nasi pecel saja, lho! Di Mojokerto, tepatnya, di Pacet ada Bakso Pecel Ony, yang memakai sayuran dan bumbu pecel di bakso mereka. 

2 | Bumbu Kacang Gado-gado

Secara kasat mata dan bau, bumbu kacang gado-gado ini tidak jauh berbeda dengan bumbu pecel. Ternyata, salah, guys! Bumbu gado-gado memang terdiri dari kacang, dan bumbu yang sama dengan bumbu pecel - exclude jeruk purut dan temu kunci, ya. Tapi, di sini, bumbu kacang dari gado-gado terdapat santan dan kentang yang dihaluskan. Nah, sudah tahu atau baru tahu?
Bumbu kacang pada gado-gado pun tidak ada yang berbentuk sachet dan lebih halus daripada bumbu kacang pecel. Sayangnya, Si Ibu belum bisa membuat bumbu gado-gado yang makyus dan halus seperti yang biasa saya makan di warung-warung :D.

3 | Semanggi Surabaya

Kalau satu ini, saya benar-benar baru tahu. Awalnya, riset kecil-kecilan mengenai bumbu semanggi Surabaya untuk naskah terbaru saya, eh saya menemukan rahasia di balik bumbu semanggi tersebut. Kalau bumbu pecel kelebihannya ada pada daun jeruk purut dan temu kunci. Bumbu kacang gado-gado kelebihannya ada pada santan dan kentang. Nah, kalau bumbu semanggi ini, terletak pada ubi, guys!
Sejak awal saya curiga, kenapa bumbu semanggi begitu kental, dan di lidah terasa aneh, tapi enak. Bumbunya dibilang halus juga tidak, tapi ada semacam sesuatu yang tersembunyi. *macam apa saja*. Ternyata, rahasianya terdapat pada ubi yang direbus dan dihaluskan. Sama halnya dengan gado-gado yang dicampur dengan kentang, yang ini dicampur dengan ubi.

4 | Bumbu Kacang Sate

Untuk bumbu sate tentu, teman-teman jauh lebih mengerti daripada saya. Pada dasarnya sama dengan bumbu pecel, hanya saja tanpa temu kunci dan ditambah kecap manis. Saya sendiri tidak memiliki langganan sate seperti dua makanan di poin satu dan dua. 
Postingan ini hanya iseng belaka sih, hanya ingin membedakan keempat bumbu berbahan dasar kacang di atas. Karena kebetulan saya menyukai bumbu kacang, dan hari ini ibu membuat gado-gado di rumah.












Wulansari Wulan Kenanga

Hidup untuk menulis, menulis untuk hidup

Blog Designer, Writer, Buzzer, Dreamer, Pemeluk Kenangan, Jasa Review, Penulisan Artikel. Kerja sama Contact holawulan@gmail.com

2 comments:

  1. Replies
    1. iiihh, itu kan bumbu petis :D kacangnya dikit... *alibi, aslinya lupa*

      Delete

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^