Launching Keripik Pisang Gobana Roemah Snack Mekarsari | Wulan Kenanga Wulan Kenanga: Launching Keripik Pisang Gobana Roemah Snack Mekarsari
Jan 15, 2016

Launching Keripik Pisang Gobana Roemah Snack Mekarsari

Keripik Pisang Gobana Roemah Snack Mekarsari


Sidoarjo, 10 Januari 2016 - Kehidupan ini semacam hujan. Ada kalanya hujan kita nantikan, ada kalanya hujan kita maki. Semua hal tersebut, tergantung dari kita masing-masing, dalam menyikapi sebuah masalah dan kebahagiaan. Terkadang, kita merasa teramat tersakiti, menjadi orang paling sengsara di dunia, dan marah kepada Tuhan. Tapi, kita tak pernah tahu, di luar sana banyak sekali orang yang hidupnya tidak lebih baik dari kita.

Hari Minggu kemarin, tepatnya 10 Januari 2016. Saya beserta kawan saya, Sari, menghadiri acara peluncuran produk terbaru dari Roemah Snack Mekarsari, di Pondok Jati Sidoarjo. Bu Ida Widyastuti, selalu owner dari Rumah Snack Mekarsari, mengundang kami – blogger – melalui Bunda Sugi, untuk mengikuti acara tersebut.




Di hari cerah pagi itu, sekitar pukul 9 pagi, acara dimulai. Pembukaan dibuka dengan sambutan Bunda Sugi, dan pembawa acara. Sebelum Bu Ida, menceritakan mengenai usahanya, kami diberikan sebuah video sedikit mengenai Roemah Snack Mekarsari. Dalam video tersebut, ditampilkan beberapa proses pembuatan keripik pisang, pencapaian yang diperoleh Bu Ida, dan informasi mengenai Roemah Snack Mekarsari.

Jadi awalnya, di tahun 2001 Roemah Snack bernama Mekarsari Snack, lalu pada tahun 2009 Mekarsari Snack membuka gerai dengan nama Roemah Snack Mekarsari. Roemah Snack Mekarsari tak hanya menjual keripik pisang saja, lho. Di sini juga memproduksi keripik singkong, makaroni, sambal, dan berbagai macam snack lainnya. Gerainya sendiri cukup luas, dan banyak pilihan, sehingga cocok untuk dijadikan oleh-oleh.

Roemah Snack Mekarsari merupakan mitra sejati UKM. Kurang lebih sebanyak 3000 pekerja yang dinaungi oleh UKM Roemah Snack Mekarsari ini. Dalam video yang saya tonton, menampilkan gudang Roemah Snack yang berada di Denpasar, Bali. Ini artinya, Roemah Snack Mekarsari sudah memasok jajanan ke seluruh wilayah Indonesia, bahkan luar negeri. Teman-teman pasti tidak menyangka, jika UKM bisa menembus pasar dunia.

“Kalau disebut owner sepertinya kurang tepat, ya,”Bu Ida, mulai membagikan kisah inspiratifnya kepada kami,”lebih tepatnya, saya diberikan kepercayaan sama Tuhan untuk menjaga Roemah Snack Mekarsari.”Dengan rendah hati, beliau bercerita kisah suksesnya.

Sedikit Kisah Mengenai Bu Ida Widyastuti, Owner Roemah Snack Mekarsari



Hal pertama yang terlintas di benak saya saat kali pertama melihat Bu Ida Widyastuti adalah, “Wah, enak ya, punya usaha sendiri. Menjadi wanita mandiri. Nggak perlu susah-susah ke sana-kemari nyari kerjaan dan ditolakin pula.”Kita sebagai manusia seringkali lupa, bahwa disetiap kesuksesan selalu ada proses berdarah-darah di belakangnya. Kita tidak pernah tahu, bagaimana keringat Bu Ida bercucuran hingga bisa memiliki usaha sebesar sekarang. Untungnya, Bu Ida, dengan senang hati membagi masa lalunya yang pahit kepada kami, sebagai motivasi.

Bu Ida bercerita, bahwa ia dibesarkan tanpa Ibu sejak bayi. Beliau dibesarkan oleh kakek neneknya di Demak, Jawa Tengah. Semasa sekolah Bu Ida kerapkali merasa kurang percaya diri karena tidak memiliki orangtua. Kesukaan Bu Ida adalah pergi ke pemakaman dan mencari buah asam. Beliau merasa nyaman di sana, di antara nisan-nisan tanpa nama, yang salah satunya adalah milik ibunya.

Sejak kecil, beliau tetap berjuang. Membantu menanam padi dengan upah Rp. 300, mencari ranting-ranting. Terlihat jelas, bahwa dalam diri Bu Ida Widyastuti, berkobar rasa semangat yang kuat.

Usai lulus SMA, Bu Ida pergi ke Batam untuk bekerja di pabrik peralatan elektronik pada tahun 1993. Namun, keadaan ekonominya tak juga membaik. Dengan gaji Rp. 150.000 perbulan sangatlah kecil untuk menyambung hidup. Beliau kerapkali mengeluh, menyalahkan Tuhan, dan nyaris putus asa. Titik balik kehidupan Bu Ida pun terjadi. Beliau mendengar anak-anak menangis dari dalam hutan. Ternyata suara tersebut dari gubuk reyot yang dihuni oleh ibu dan keempat anaknya yang kelaparan.

“Sejak saat itu, saya mengerti. Mereka yang memiliki ibu pun ternyata tak memiliki kehidupan yang lebih baik daripada saya,”cerita Bu Ida kepada kami.

Akhirnya, setelah memiliki anak pertamanya, Bu Ida mulai membuang gengsi, ketakutan, dan terus maju demi mewujudkan cita-citanya. Berawal menjual emping ke pasar, hingga akhirnya membuat keripik pisang.

Dari keripik pisang, Bu Ida meraih banyak penghargaan. Perempuan Inspiratif Noba 2011, Juara 1 Wanita Wirausaha Femina 2012, The Green Entrepreneur Wanita Wirausaha Femina 2012, The Winner Of Winning Women Entrepreneurial 2012 Ernst & Young, Juara 1 Pangan Nusa Awards 2012 dari Kementrian RI, dan beberapa penghargaan lainnya.

”Tak perlu menjadi orang besar, untuk menjadi orang hebat.”- Ida Widyastuti

Keunggulan Keripik Pisang Roemah Snack Mekarsari

Bu Ida mengaku, menjalankan bisnis ini dengan konsep keibuan – Motherhood Sharing, Caring, and Loving. Menurut beliau, kelebihan menjadi seorang wanita adalah ketajaman intuisi, keinginan bekerja bersama, saling mendukung dan berbagi. Dengan konsepnya tersebut, Bu Ida berhasil membuat snack yang membawanya ke berbagai prestasi.




Pasti teman-teman bertanya-tanya, keunggulan dari keripik pisang Roemah Snack Mekarsari ini apa. Keripik pisang di Roemah Snack Mekarsari menggunakan pisang agung atau pisang tanduk. Buah pisang tanduk merupakan pisang dengan diameter besar, sehingga ketika dibuat keripik dalam bentuk koin akan lebih lebar. Selain itu, pisang dengan warna putih kekuningan ini juga memiliki kandungan vitamin B6, vitamin C, Mangan, serat dan kalium. Rasanya pun manis dan sedikit asam, sehingga cocok untuk jajanan keripik pisang.

Roemah Snack Mekarsari memiliki 100 perkebunan pisang dengan banyak UKM yang dinaunginya. Selain keunggulan pada bahan dasarnya, Roemah Snack Mekarsari memberikan keunggulan lebih , pada pilihan rasa loh. Dalam peluncuran Gobana kali ini, Bu Ida memperkenalkan 8 varian rasa keripik pisang andalannya.

Salah satunya, ada rasa rujak! Nah, penasaran kan?

Pelucuran Gobana, Keripik Pisang Istimewa



Pada awalnya, keripik pisang di Roemah Snack Mekarsari sudah dijual secara offline dengan nama Gobanano. Nah, sekarang ini Bu Ida mengundang blogger untuk peluncuran Gobana. Yaitu produk keripik pisang dengan delapan varian rasa yang dikhususkan untuk konsumen online. Yap, sekarang teman-teman bisa membeli produk keripik pisang Gobana via online.

Melihat minat pasar dunia online yang cukup luas, Bu Ida tergerak untuk memasarkannya via online. Untuk itulah, kami para blogger diundang untuk mendobrak kegiatan tersebut. Sebagai informasi saja nih, di sini juga ada beberapa snack pilihan anak muda kekinian banget, yaitu Makaroni Hot Senyum, Makaroni Hot Judes, Keripik Singkong Pedas (favorit saya pake banget!), dan beberapa jajanan yang asik buat ngeblog ngeksis!


Keripik Pisang Gobana Roemah Snack Mekarsari

Keripik Pisang Gobana Roemah Snack Mekarsari


Jajanan yang diproduksi oleh Roemah Snack Mekarsari sudah diekspor keluar negeri. Negara Qatar, UEA, Kuwait, Oman, Bahrain, Saudi Arabia, Malaysia, dll. Saya sendiri kaget loh, ketika tahu. Dilihat dari luar, Roemah Snack Mekarsari hanyalah toko oleh-oleh seperti pada umumnya. Ternyata, produk yang dijualnya sudah mendunia.

Wajar sih, kalau keripik pisang Roemah Snack Mekarsari sudah mendunia. Rasanya memang unik dan enak. Jajanan yang bisa merangkul segala usia dan latar belakang. Pantas saja, jika banyak orang yang menyukainya. Salut pada kerja keras Bu Ida untuk bergerak cepat dan menangkap peluang yang ada.


Ekspresi ketika mencoba keripik pisang Gobana
Kami- blogger- sangat antusias sekali sewaktu, Bu Ida bersama Bunda Sugi menunjukkan delapan varian rasa dari Gobana. Kami pun tak mensia-siakan momen tersebut untuk mengambil gambar sebagai dokumentasi. Saya juga sempat mencicipi rasa keripik pisang Gobana saat acara, dan beberapa snack lainnya.

Keistimewaan Keripik Pisang Gobana

Kemasan Gobana tentunya berbeda dengan kemasan saudaranya, yaitu Gobanano. Gobana memiliki kemasan yang Eksclusif, attractif, inovatif, dan solutif. Pada penutupnya menggunakan kemasan  zipper lock sehingga tidak mudah tumpah ketika kita sudah memakannya, dan sisanya hendak kita simpan. Selain kemasannya yang unik, isi keripik pisang Gobana juga terbilang banyak. Biasanya, tahu sendiri kan kemasan besar isi saparoh? :D Gobana tidak loh, isinya penuh. Banyaaakkk!

Selain isinya banyak, harganya juga terjangkau. Dengan netto perkemasan 100g, teman-teman hanya perlu merogoh kocek Rp. 15.000 saja per/pack. Jika, teman-teman ingin menjadi reseller, lebih murah lagi loh.

Untuk komposisi, tidak usah dikhawatirkan. Disetiap kemasan dan rasa, terdapat nutrition facts. Yang terdiri dari total fat, protein, karbohidrat, sodium,potassium, dan beberapa nutrisi lainnya. Lagi diet? Tidak masalah! Kalori rendah. Ini yang namanya nyemil sehat.  Selain gizi, bagi teman-teman yang muslim juga tidak perlu takut mengenai kehalalannya, karena sudah mendapatkan sertifikat MUI.


Keripik Pisang Gobana Roemah Snack Mekarsari


Keripik Pisang Gobana Roemah Snack Mekarsari



Seperti yang saya sebutkan di atas tadi, keunggulan lainnya adalah ada pada bahan dasar dari keripik Gobana, yaitu menggunakan pisang agung atau pisang tanduk. Selain gizinya yang banyak, juga pada ukuran yang besar, dan rasanya yang pas. Untuk perasa pada setiap varian pun, Bu Ida memberikan olahan yang terbaik. Bahan-bahan pilihan. Bahkan, Bu Ida memiliki quality control sendiri! Yaitu, anaknya! Setiap kali mencoba produk baru, Bu Ida akan meminta pendapat kepada anaknya. Jika, anaknya suka berarti kita – orang dewasa maupun remaja – pasti juga suka.

Dan, delapan varian rasa terbaru dari Gobana merupakan hal yang paling istimewa. Delapan rasa yang disajikan oleh Gobana memiliki rasa yang berbeda dari keripik pisang yang ada di pasaran. Varian rasa tersebut dihadirkan untuk memenuhi lidah kita yang ingin makanan enak-enak tapi tidak enek.

Di bawah ini adalah delapan rasa dari Gobana.

Varian Rasa dari Keripik Pisang Gobana

1 | Cheese

Siapa di sini yang suka rasa keju? Pasti banyak dong, ya, yang suka. Keju merupakan bahan tambahan makanan yang terbuat dari susu fermentasi. Rasanya asin dan sedikit asam. Nah, rasa tersebut dicampurkan dengan keripik pisang yang gurih dan manis. Voila! Jadilah keripik pisang rasa keju.

Keripik Pisang Gobana Roemah Snack Mekarsari

Keripik pisang rasa keju dari Gobana rasanya asin, sedikit manis, dan rasa keju – yaiyalah! – warnanya oranye, khas warna keju pada umumnya. Rasa keju di keripik pisang ini merupakan rasa keju dalam bentuk bubuk yang bertaburan di seluruh kepingan keripik.

Keripik Pisang Gobana Roemah Snack Mekarsari


2 | Hot Spicy

Keripik Pisang Gobana Roemah Snack Mekarsari


Dari judul rasanya saja sudah kelihatan bagaimana rasanya keripik pisang Gobana rasa hot spicy. Yang jelas, hot banget! Warnanya merah menyala. Jelas, kepedasan yang terkandung di dalamnya. Kebanyakan, anak-anak suka dengan rasa seperti ini. Karena, adik saya suka sekali. Saya sendiri berpendapat varian rasa satu ini, mirip dengan rasa balado tapi lebih pedas.

Keripik Pisang Gobana Roemah Snack Mekarsari


3 | Japanesse Green Tea

Teman-teman pasti pada tahu dong, kebanyakan postingan saya di sini mengenai matcha alias minuman teh hijau. Nah, kebetulan banget nih, Gobana memiliki rasa green tea atau matcha. Rasanya manis, tanpa rasa pahit seperti matcha. Dan, kabarnya, bahan yang digunakan oleh Bu Ida untuk keripik rasa green tea ini merupakan matcha murni loh! Saya tahu betul, matcha murni itu berapa harganya. Jadi, sudah dipastikan rasanya yang nikmat, guys!

Keripik Pisang Gobana Roemah Snack Mekarsari


Selain manis, keripik pisang japanesse green tea  ini juga gurih. Warnanya, hijau muda mewakili rasa yang terkandung di dalamnya. Jika dipegang terasa sedikit lengket, semacam memegang bubuk gula. Seperti ketika makan duren, sehabis memegang keripik ini silakan bersama-sama menjilat jemari satu per satu, xoxo.

4 | Classic Caramel Durian

Bagi pecinta durian, tentu rasa ini akan menjadi favorit. Perpaduan karamel dan fla durian memberikan sensasi pas pada keripik pisang Gobana. Warnanya keemasan dan sedikit lengket, karena terdapat karamelnya. Overall, saya suka karena rasanya yang gurih. Keripik ini saya bagikan ke sepupu, eh, kok dia balik lagi, katanya kurang.

"Sana, Dek. Beli sendiri."

Keripik Pisang Gobana Roemah Snack Mekarsari


5 | Pisang D’Rujak

Ada yang doyan rujak buah? Nah, kali ini Gobana menghadirkannya dalam bentuk keripik! Buahnya pun bukan nanas atau yang lainnya, tetapi pisang. Bisa bayangkan, bagaimana perpaduan antara keripik pisang yang gurih, dan bumbu rujak yang manis, pedas, asin menjadi satu? Bikin nagih! Favorit saya nih!

Keripik Pisang Gobana Roemah Snack Mekarsari


Rasanya pedas, sedikit lengket, warnanya cokelat keemasan dan saya menemukan satu dua biji lombok alias cabe. Nah, loh, ngiler kan? Saya benar-benar rekomen deh, kalau yang suka pedas dan bikin nagih.

Jika ditanya, dari sekian varian rasa Gobana, mana yang paling kamu suka, Lan? Xoxo, tentu saya jawab yang ini.

Keripik Pisang Gobana Roemah Snack Mekarsari


6 | Pisang D’sambal Petir

Sebelum saya bahas mengenai keripik pisang versi ini, saya mau membahas mengenai namanya dulu. Dibaca dari judulnya, tentu orang-orang akan semakin penasaran dengan keripik pisang satu ini. Mereka pasti bertanya-tanya, “Rasa sambal petir?”mendengar namanya saja, saya sudah menelan ludah.

Keripik Pisang Gobana Roemah Snack Mekarsari


Yap! Seperti namanya, keripik pisang satu ini terbilang langkah dan istimewa. Bagi saya, sebuah dobrakan dalam keripik pisang! Pada dasarnya, keripik pisang satu ini adalah keripik pisang pada umumnya, yang rasanya asin atau bisa dibilang biasa,  tetapi yang membuatnya istimewa adalah sambalnya,guys! Iyup. Kita makan keripik sambil dicocol sambal. *ngiler, ngilerr...*

Keripik Pisang Gobana Roemah Snack Mekarsari


Keripik Pisang Gobana Roemah Snack Mekarsari


Sambal petir sendiri merupakan sambal bawang dengan rasa pedas, manis, dan asin. Saya sendiri menemukan rasa terasi di dalamnya. Rasa ini juga merupakan salah satu favorit saya. Bikin  nagih! Ueenak!

Keripik Pisang Gobana Roemah Snack Mekarsari


7 | Choco Banana

Keripik Pisang Gobana Roemah Snack Mekarsari

Bubuk cokelat yang manis dipadukan dengan kepingan keripik pisang, merupakan hal yang baru saya rasakan. Taburan cokelatnya terasa dan gurih keripiknya menjadi satu. Cemilan satu ini sangat pas bila dinikmati dengan segelas susu cokelat, atau dengan teh di sore hari. Saat berkumpul bersama keluarga, atau untuk cemilan saat berpiknik dan santai.

Keripik Pisang Gobana Roemah Snack Mekarsari



8 | Classic Caramel Chocolate

Jika choco banana terbuat dari bubuk cokelat, kali ini rasa dari classic caramel chocolate  adalah dari fla cokelat dan karamel. Warna kepingan keripiknya coklat matang dan mengkilat. Tentunya, antara kepingan satu dan lainnya saling menyatu karena lengket. Rasanya, juga enak. Saya jadi bingung, harus mengatakan apalagi, karena hampir semua varian rasa dari Gobana suka.

Keripik Pisang Gobana Roemah Snack Mekarsari


Dilihat dari rasa, cemilan ini cocok untuk anak-anak. Dan, saya sangat penasaran kenapa bisa keripik pisang Gobana begitu gurih dan menggugah selera?

Keripik Pisang Gobana Roemah Snack Mekarsari


Keripik Pisang Gobana Roemah Snack Mekarsari
Nyemil sambil angon bebek :D

Nah, teman-teman di atas adalah kedelapan varian rasa dari Gobana. Ini bukan berlebihan ya, tapi rasanya memang benar-benar gurih. Enak buat camilan, apalagi bahan dasarnya dari buah. Oh ya, Roemah Snack Mekarsari juga membuka peluang kerjasama loh. Tentunya, camilan semacam ini akan laku dipasaran, seperti yang pernah saya posting sebelumnya, jika berjualan pilihlah dagangan yang sekali pakai habis. Dan, menjual snack adalah pilihan yang tepat.

Ceritanya piknik gitu :D


Selain itu, 200 rupaih penjualan dari Gobana akan disumbangkan kepada yang membutuhkan. Nah, kapan lagi bisa berjualan sambil beramal? Dan, keuntungan menjadi agen juga bisa membuka kesempatan untuk jalan-jalan keluar negeri. Mupeng, kan?

Usai acara Bu Ida memberi kami bingkisan kedelapan rasa dari Gobana, aiihh senangnya!
Terima kasih saya ucapkan kepada Bu Ida, sudah mengundang saya dan teman-teman blogger lainnya, untuk mencicipi Gobana dan melihat langsung Roemah Snack Mekarsari. Dan, juga kepada Bunda Sugi, yang sudah menyampaikan informasi mengenai acara ini kepada saya. Ke depannya, saya berharap bisa menghadiri acara-acara lainnya, yang diselenggarahkan oleh Roemah Snack Mekarsari. Sukses!




Terima kasih, semoga bermanfaat! ^^






Wulansari Wulan Kenanga

Hidup untuk menulis, menulis untuk hidup

Blog Designer, Writer, Buzzer, Dreamer, Pemeluk Kenangan, Jasa Review, Penulisan Artikel. Kerja sama Contact holawulan@gmail.com

20 comments:

  1. Nyuuus, kriuk...kriuk...enyak.Bisa dibawa kapan dan dinikmati dlam suasana apa pun sing penting nyemil :)

    ReplyDelete
  2. sepertinya enak seali itu mbak kripik pisangnya sudah gitu harganya juga terjangkau cocok untuk dijadikan cemilan kalau lagi ngeblog :D

    ReplyDelete
  3. Eit dah lengkapnya. Moga nanti menang, ya? Aku juga mau kalo dikirimin kripiknya. :D

    ReplyDelete
  4. http://ennyridhaalin.blogspot.com/January 16, 2016 at 10:06 AM

    Komplit reviewnya, kereen. Sukses ya mbaak..

    ReplyDelete
  5. wanjirrrr greget , ternyata ini yg dp BBM :v

    ReplyDelete
  6. Kalau lagi pulang kampung, sering bangad buat keripik pisang kaya gini sama ibu dirumah. Kadang juga dijadikan oleh-oleh saat balik lagi ke tempat kuliah.

    ReplyDelete
  7. Yummy,enak bingits ya Mba', apalagi dikasih gratis.. :D
    Sukses Mba'.. :)

    ReplyDelete
  8. Yummy bingits ya Gobananya Mba', apalagi dikasih gratis.. :D
    Sukses Mba'.. 😊

    ReplyDelete
  9. Wihhh.. Keren banget review-nya. Sukses ya, Mbak :)

    ReplyDelete
  10. Inspiratif ya kisah pemilik Gobana..., boleh dong kirimin aku...hihi

    ReplyDelete
  11. Eh ada kripik pisang yang hot spicy juga? Unik nih!

    ReplyDelete
  12. Duhh makaroni judesnya bikin ngilerrrr.

    ReplyDelete
  13. Langsung bookmark artikel ini ^o^!! Aku tuh suka bgt ama keripik pisang... ngeliat rasa2nya yg macem2 gini jd pengeennn... mw pesen lgs ah... ;).. malah jd pgn nyobain smua rasa krn penasaran

    ReplyDelete
  14. Wow, reviewnya lengkap banget mbak. Foto fotonya bagus, sukses ya mbak :) penasaran nih pengen nyobain keripik pisaang Gobana yg Green Tea.

    ReplyDelete
  15. Foto2 nya bikin ngiler Wulan :D ajari aku bikin foto kek gitu dong *dilempar gobana. Eh itu kenapa fotoku ngegemesin banget ya :D

    ReplyDelete
  16. seriusan makan gobana sambil ngangong bebek, kemudian kepengen bebek goreng pake sambel petir kayak e enak poll, eeh mbak itu foto ne ayu ne #ngumpetinbajusma aah :p

    ReplyDelete
  17. bikin ngiler, makasih nih reviewnya siapa tahu nanti beli

    ReplyDelete
  18. varian rasanya banyak yah. Jadi pengen nyoba

    ReplyDelete

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^