[Review Film] Dilarang Masuk, Horor Komedi yang Aman Untuk Remaja | Wulan Kenanga Wulan Kenanga: [Review Film] Dilarang Masuk, Horor Komedi yang Aman Untuk Remaja
Feb 12, 2016

[Review Film] Dilarang Masuk, Horor Komedi yang Aman Untuk Remaja



Selama ini kurang berminat dengan film bergenre horor, apalagi horor Indonesia. Kita tahu sendiri, horor Indonesia kebanyakan disisipkan guyonan yang, bagaimana menjelaskannya ya? Ya, yang diselipin guyonan “jorok” dan semacamnya. Buat saya, hal semacam itu bukanlah komedi yang segar, apalagi untuk kalangan umum. Karena itulah otomatis, saya tidak pernah menonton horor Indonesia *emang dasarnya kurang demen horor*.

Maka, ketika saya mendapatkan undangan nonton bareng Film Dilarang Masuk di Delta Plaza Surabaya kemarin, sempat ragu. Saya bertanya pada rekan blogger saya, Sari. “Sar, ini bukan horor ada anu-anu, kan?”


Si Sari menjawab,”Baca dari testimoni di twitter sih, nggak ada anu-anunya.”Saat itu saya menarik napas lega.

“Syukurlah, mudah-mudahan nggak ada anu-anunya.”

Sesampainya di bioskop di Delta Plaza Surabaya, sebelum pemutaran film dimulai, para artis pemain Film Dilarang Masuk datang. Dari ke-tujuh pemain yang ada, hanya empat yang datang kemarin. Yaitu, Sahila Hisyam, Jordi Onsu, Yova Gracia, dan Jessica Torsten. Dan, astaga Sahila Hisyam aslinya cantik banget! Sudah lama suka sama pemain FTV satu ini *oke kembali fokus*.

Foto bareng Yova Gracia
pic taken by Aya


Tentu saja, sifat norak saya kumat dengan foto-foto artis yang datang tersebut. Ternyata, eh, kalau sudah bertemu begitu, mereka tidak seperti artis ya. Ramah-ramah, apalagi Yova Gracia yang ramah banget sama kita-kita, orangnya lucu lagi.

Sekitar pukul 16.15, pemutaran film Dilarang Masuk pun dimulai.

Dan, ruang bioskop gelap gulita...

Sinopsis Film Dilarang Masuk

Sekolah digegerkan dengan hilangnya Lisa, murid baru yang cenderung pendiam dan tertutup. Adit, yang saat itu sedang demen banget merekam dengan kamera barunya, terakhir kali melihat Lisa di lantai atas sekolah. Kemudian, dia bercerita kepada kelima temannya mengenai hal itu.

Demi solidaritas persahabatan mereka, akhirnya Adit mengajak kelima kawannya untuk mencari Lisa di lantai atas. Tentu saja, mereka menolak terutama Jordi as Piyu dan Yova Gracia as kekasih Piyu. Pada akhirnya mereka setuju untuk mencari Lisa di lantai atas dengan tulisan pada pintunya “Dilarang Masuk”.

Tak disangka, di lantai atas yang digunakan sebagai gudang di sekolah itu menyimpang banyak misteri. Banyak hal yang terjadi di sana. Mulai dari kaki Adit yang “digandoli” setan, sampai mereka melihat Lisa kemudian tiba-tiba hilang, dan misteri lainnya. Hal terburuknya, setelah mereka dari lantai atas, keenam remaja tersebut dihantui atau merasa diikuti.

Puncaknya, mereka memutuskan untuk kembali ke lantai atas sekolah pada malam hari, untuk mengungkap misteri lantai atas sekaligus mencari Lisa.

Review Film Dilarang Masuk

Pertama-tama yang saya tangkap dari film horor komedi ini adalah, persahabatan. Seperti ketika jaman sekolah dulu, seringkali kita mengelompok dengan orang-orang yang membuat kita nyaman, kemudian mendeklarasikan kalau mereka bersahabat. Nah, film ini diawali dengan Adit mengenalkan pada kami mengenai siapa saja kelompok mereka.

Dan, Alhamdulillah, karena ini film ini menargetkan pasar remaja, sehingga tidak ada adegan “jorok” seperti film horor Indonesia kebanyakan. Malah dibilang, film Dilarang Masuk merupakan film yang “aman” untuk ditonton bagi remaja SMP-SMA. Meskipun di sini dikatakan ada cinta antara Adit dan Syila, tapi sama sekali tidak ada agedan mesra yang bikin “eneg” untuk dinikmati. Justru, adegan konyol antara Jordi dan Yova yang mendominasi film horor komedi ini.

Bagaimana keadaan saya ketika menonton film ini? Bukannya ketakutan, justru kaget yang saya rasakan. Karena sedikit banyak saya sudah hafal dengan make up hantu-hantu semacam itu, tapi efek audio yang diberikan sangat mengena. Padahal, saya sudah sering tutup telinga sama mata biar tidak kaget ketika hantu-hantu muncul, tapi tetap saja kaget. Dan, untuk komedianya benar-benar segar dan bisa membuat tertawa lepas, dan lagi, saat terkejut pun saya teriak keras.

Namun, ada beberapa hal yang menurut saya kurang pas dalam film ini. Misalnya,

1 | Pada awal cerita hanya diberikan sedikit potongan mengenai ketujuh pemain (termasuk Lisa). Persahabatan di antara mereka tidak diberikan secara menyeluruh.

2 | Semestinya, ada agedan kenapa Lisa tiba-tiba menghilang, misalnya dia tahu sesuatu mengenai lantai atas, atau dia sedang kepikiran sesuatu sehingga memutuskan untuk menyendiri di sana. Tidak ujug-ujug dia ke lantai atas, kemudian menghilang.

3 | Mungkin, jika dibuat semacam penyelidikan menyeluruh lebih terasa hidup. Misalnya, mereka mencari tahu dulu seluk beluk mengenai lantai atas. Memang sih, mereka sudah menanyakan kepada Jono satpam sekolah. Tapi, lebih enak lagi kalau ada juru kunci atau informan yang tahu mengenai lantai atas tersebut.

Overall, saya merasa bagi pecinta horor komedi dan remaja sangat cocok untuk menonton film Dilarang Masuk. Meskipun film ini jauh dari kata sempurna, tetapi memiliki kualitas dalam penyajian komedi dan horor yang memiliki kualitas. Saya berbicara demikian karena kita tahu sendiri ya lah, kualitas film horor di Indonesia bagaimana? Sehingga, saya merasa film Dilarang Masuk berhak masuk ke dalam list nonton di bulan Maret mendatang.

Film Dilarang Masuk sendiri baru akan dirilis tanggal 24 Maret 2016 mendatang, sehingga mulai sekarang kamu bisa menabung untuk nonton bareng sahabat untuk berbagi keseruan.

Poster film Dilarang Masuk


Cast

-          Maxime Bouttier 
-           Sahila Hisyam
-          Jordi Onsu
-          Jessica Torsten
-          Rayn Wijaya
-          Yova Gracia

Genre     : Horor Komedi
Produksi : Digital Film Media
Tayang   : 24 Maret 2016

Trailer Dilarang Masuk



update:  Rikues dari Mbak Yuni, diminta jelasin horor "anu-anu". Jadi, anu-anu di sini adalah horor komedi yang lebih mengeksplore komedi yang menjurus ke "pornografi". 
xoxo,
Wulan K


Wulansari Wulan Kenanga

Hidup untuk menulis, menulis untuk hidup

Blog Designer, Writer, Buzzer, Dreamer, Pemeluk Kenangan, Jasa Review, Penulisan Artikel. Kerja sama Contact holawulan@gmail.com

4 comments:

  1. Sek sek sek.. maksudnya horor ada anu-anu ini yang gimaa toh, Wul? Coba deh jelaskan secara gamblang biar pembaca ini paham.

    Gemesnya tuh, klo tau di lantai atas ada setannya, kenapa mereka gak tanya guru dulu. Mungkin Pak guru PAI bisa bantu doa, misalnya Istighotsah rutin, gitu? Haha..

    ReplyDelete
  2. Horor yang ada anu-anu itu serem gemes

    ReplyDelete
  3. Hayoo horor anu2 ntar di datengin waktu buka laptop mbak wul 😛😛

    ReplyDelete
  4. Aku kok gak terlalu suka ya film horor Indonesia? :D

    ReplyDelete

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^