Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan | Wulan Kenanga Wulan Kenanga: Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan
Mar 29, 2016

Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan

taken from www.merdeka.com

Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan - Bisa dibilang sekitar rumah saya tidak memiliki banyak tanaman. Dulu, sebelum kiri rumah saya dijadikan jalan untuk menuju selep *penggilingan padi* dan kandang bebek, ada beberapa tanaman yang tumbuh di sana. Ada pohon nangka, pohon srikaya, pohon sirsak, pohon mangga, pohon petai, dan pohon jambu biji. Sekarang? Ah, tinggal kenangan. Hanya pohon mangga yang bertahan, pohon petai, dan pohon jambu air *meskipun sudah jarang banget berbuah* depan rumah. Karena sudah dibabat habis untuk jalan. Selebihnya sih, karena mati tak terawat.

Ada juga pohon jambu biji yang tersisa di belakang rumah. Pohon jambu tersebut tumbuh secara alami dekat kandang bebek. Pohonnya sudah tinggi sekarang, dan daunnya lebat. Saya suka melihat daun jambu yang masih muda, warnanya hijau segar. Sayangnya, dedaunan tersebut sering dijadikan sarang semut. Padahal seperti yang kita ketahui, buah dan daun jambu biji banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan. 


Kalau di keluarga saya sendiri, daun jambu biji biasanya digunakan untuk menghilangkan rasa pahit dalam daun pepaya dengan merebusnya bersamaan. Berikut, beberapa khasiat dari tanaman jambu biji yang saya ketahui.

Menghentikan Diare

Daun jambu biji dapat menghambat bakteri penyebab diare. Bagi penderita diare, meminum teh dari daun jambu biji mampu mengurangi nyeri perut karena diare, dan BAB tidak lagi encer. 

Mengontrol Kolesterol

Seperti halnya teh hijau, daun jambu biji juga berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol. Minum air rebusan daun jambu biji secara rutin, Insya Allah kadar kolesterol akan menurun. Ibu saya sendiri sering mengonsumsinya, tapi sayangnya tidak teratur sehingga saya tidak tahu ada perubahan atau tidak.

Mengatasi Diabetes

Dengan meminum seduhan daun jambu biji dapat menghambat enzim alpha-glukosidase. Pengendalian kadar gula darah penting untuk orang penderita diabetes atau prediabetes sehingga tidak menimbulkan komplikasi. 

Daun jambu biji juga berkhasiat untuk menyembuhkan maag, luka luar, dan sariawan. Mungkin juga masih banyak khasiat dari daun jambu biji yang mudah kita temukan di lingkungan sekitar.

xoxo,
Wulan K.

Wulansari Wulan Kenanga

Hidup untuk menulis, menulis untuk hidup

Blog Designer, Writer, Buzzer, Dreamer, Pemeluk Kenangan, Jasa Review, Penulisan Artikel. Kerja sama Contact holawulan@gmail.com

4 comments:

  1. Pas kecil dulu suka makan pucuk daun jambu biji muda. Dikasih garam sedikit trus disesep-sesep.

    ReplyDelete
  2. Saya biasa gunakan daun jambu biji kalau sedang sakit perut/diare. Dikunyah saja dengan tambahan garam. Cepat sembuh. Begitu pun halnya dengan penggunaan kencur. Ini tulisan saya :)

    http://rindhuhati.blogspot.co.id/2016/03/kembali-ke-obat-alami-dengan-kencur.html

    ReplyDelete
  3. Tapi kalo kebanyakan konon bikin sembelit

    ReplyDelete
  4. Daun jambu, rasanya sepet, dikunyah sama garam, itu ramuanku waktu kecil ketika sakit perut

    ReplyDelete

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^