Spot Tenar di Bali untuk Para Peselancar | Wulan Kenanga Wulan Kenanga: Spot Tenar di Bali untuk Para Peselancar
May 27, 2016

Spot Tenar di Bali untuk Para Peselancar


Spot Tenar di Bali untuk Para Peselancar - Rugi banget deh kalau kita punya waktu liburan tapi habis buat keluyuran ke mal dan belanja menghabiskan uang. Coba sesekali kita melihat sekitar yang belum pernah kita kunjungi. Kalau nggak mau repot persiapan lari untuk bisa mendaki, pantai atau laut dengan ketinggian ombak yang menawan, pasir putih yang indah dan hangatnya terik matahari bisa jadi pilihan menarik. Apalagi kalau kamu pengen masa liburan yang berkesan dan tak terlupakan. Alasan lainnya, Indonesia termasuk negara yang memiliki garis pantai terpanjang di dunia loh, jadi ada banyak banget lokasi pantai yang tersebar di hampir seluruh wilayah di Indonesia yang bisa kita kunjungi. Kedua, kalau bukan kita sendiri yang mengenalnya, maka kita tidak akan pernah bisa mencintai dan menjaganya apalagi mengenalkannya pada orang lain.


Jangan sampai ada pengalaman lucu sekaligus haru karena kamu cuma bisa terdiam saat di tanya oleh wisatawan asing atau rekan kita dari negara lain tentang mana saja pantai indah yang ada di Indonesia. Kita memang benar-benar tidak tahu atau tidak mau tahu, jawabannya ada pada masing-masing diri kita . Jadi, tidak ada salahnya yuk kita kulik sedikit tentang pantai nan indah di belahan bumi Indonesia tercinta kita.

Tenang saja, jangan terburu-buru untuk menjelajahi semua wilayah pantai dengan ombak yang cantik. Kita bisa mengawalinya dari tempat populer yang memudahkan perjalanan awal kita. Tempat utama yang wajib kamu kunjungi ialah Bali. Ya, Bali selalu punya pesona yang tak akan pernah habis buat dikunjungi. Apalagi kalau kamu ingin sekadar jalan-jalan menyusuri pantai, menikmati indahnya pemandangan sekaligus memanjakan diri dengan menginap di hotel dari harga ramah sampai fasilitas mewah dan super wah yang semuanya nyaman. Pilihan itu selalu tersedia di Bali. Atau kalau kamu ingin mencoba mengubah gaya traveling kamu menjadi lebih menantang, bisa banget buat cek tempat-tempat asyik dan tenar di Bali buat berselancar, Here we go:

1. Pantai Balangan                      

Pantai Balangan terletak di kawasan perbukitan putih Pecatu, di sebelah selatan pulau Bali. Pantai ini dikenal dengan gulungan ombak yang besar dan tinggi, namun masih relative untuk bisa dilewati para peselancar pemula. Kita juga harus waspada dan hati-hati karena beberapa karang di sekitar pantai mungkin bisa melukai kulit saat tengah menuju tepian pantai setelah tergulung ombak. Setelah asyik berselancar, kita bisa menikmati indahnya sunset saat senja di hamparan luasnya pasir putih di pantai ini.

Untuk mencapai lokasi ini, harus melewati beberapa tangga dan jalan yang cukup menantang, namun keletihan tidak terasa karena pemandangan indah di sepanjang pantai dihiasi beberapa pohon kelapa yang tumbuh dengan rapih di atas rumput yang hijau. Di kawasan ini juga tersedia fasilitas dan akomodasi yang cukup baik. Tersedia banyak CafĂ©, penginapan di lokasi yang cukup variatif. Saat air surut, kita bisa menyusuri jalan di bibir pantai menuju  arah barat, yaitu Pantai Dreamland. Untuk bisa mencapai pantai ini, bisa melalui Denpasar, kemudian mengambil jalan ke arah Uluwatu, melewati Garuda Wisnu Kencana kemudian mengambil arah kanan sampai di ujung jalan.

2. Dreamland

Sesuai dengan namanya, Dreamland menawarkan keindahan pantai tanah impian yang nyata. Pantai ini sangat cocok untuk destinasi wisata yang tak boleh dilewatkan jika kamu singgah di pulau Bali. Letaknya berada di garis pantai yang sama dengan Pantai Padang-padang. Pantai ini juga di kelilingi tebing-tebing batu putih yang tinggi dan karang yang menakjubkan dengan pasir putih yang memanjang hampir 10 meter  sehingga pantai ini dikenal sebagai pantai paling indah di Bali. Ombak di pantai ini juga dikenal dengan glombangnya yang besar dan kuat hingga mencapai ketinggian sekitar 4 meter.

3. Pantai Padang-padang atau Labuan Sait

Kamu pernah lihat film Eat Pray Love? Pasti jawabannya “yes” jika kamu pecinta aktris populer Julia Roberts atau karena kita turut bangga sebagai bagian dari negara Indonesia yang menyadari bahwa Bali menjadi salah satu pilihan lokasi syutingnya. Pantai ini memberikan keindahan menakjubkan hingga para pembuat film di tingkat nasional dan internasional enggan untuk absen memasukannya dalam daftar lokasi syuting. Pantai Padang-padang terletak di daerah dekat Uluwatu tepatnya di Desa Pecatu, Badung.

Pantai ini dikenal dengan ombaknya yang besar, yaitu mencapai tinggi maksimal hingga 12 kaki dan juga arusnya juga cukup kencang sehingga cukup menantang untuk para peselancar. Pantai ini berhadapan dengan laut Hindia. Selain menantang adrenalin, pantai ini cukup menawan untuk dikunjungi karena keindahan alam di sekitarnya. Untuk bisa mencapai ke lokasi pantai, kita harus melewati gua kemudian turun melewati tangga dan beberapa anak tangga yang terbentuk alami dan berukuran sempit, melewati goa, dan setelah itu kita akan disambut dengan hamparan pasir putih dan birunya air laut yang indah. Jadi tunggu apa lagi, Julia Roberts aja pernah ke sini, masa kamu nggak?
                            
                                                     
4. Uluwatu
Pantai Uluwatu terletak di ujung paling selatan pulau Bali. Pantai ini dikenal juga dengan sebutan Suluban Uluwatu atau Blue Point Beach. Ombaknya yang tinggi dan berkualitas dengan volume besar dan arus yang sangat kuat, menjadi faktor utama peselancar terutama yang sudah mencapai tingkat advance untuk memilih tempat yang penuh tantangan ini. Pantai ini berbatasan langsung dengan Samudera Hindia dengan pemandangan tebing yang tinggi menjulang.
Butuh perjuangan yang lebih besar untuk mencapai lokasi ini di banding pantai sebelumnya, melewati anak tangga hingga ratusan meter kemudian menuruni jalan yang sempit melewati terowongan alami dari dua bukit karang yang tinggi. Pantai ini cukup sunyi karena terletak di lokasi yang jauh dari keramaian dan aktivitas di Pulau Bali.
                              
Itulah beberapa info menarik dari sebagian pantai di Bali. Ke-empat pantai ini menjadi destinasi utama para peselancar lokal dan internasional, bahkan sering dijadikan lokasi kompetisi-kompetisi peselancar tingkat dunia. Info baiknya, berselancar bisa dilakukan di sepanjang tahun di Indonesia, tetapi menurut informasi para peselancar lokal Bali, Ombak terbaik bisa terjadi pada bulan sekitar April-Oktober yaitu saat musim kemarau karena angin lebih memudahkan gerakan peselancar. Pas banget buat kamu pecinta peselancar untuk segera surfing di Pantai Bali. Langsung saja yuk rencanakan jadwal liburan di bulan ini dan jangan lupa juga untuk tetap menjaga kebersihan, kelestarian lingkungan dan keindahan pantainya ya guys. Happy holiday!
            
                                

                                                             

Wulansari Wulan Kenanga

Hidup untuk menulis, menulis untuk hidup

Blog Designer, Writer, Buzzer, Dreamer, Pemeluk Kenangan, Jasa Review, Penulisan Artikel. Kerja sama Contact holawulan@gmail.com

No comments:

Post a Comment

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^