Begini Cara Saya Meningkatkan Produktivitas | Wulan Kenanga Wulan Kenanga: Begini Cara Saya Meningkatkan Produktivitas
Jun 14, 2016

Begini Cara Saya Meningkatkan Produktivitas



Begini Cara Saya Meningkatkan ProduktivitasAkhir-akhir ini banyak pekerjaan yang saya lakukan. Tentunya, tidak jauh dari blog dan menulis. Mulai dari melanjutkan novel di wattpad, mengerjakan layout novel, sampai mengerjakan pesanan artikel yang – Alhamdulillah – lumayan banyak dan bikin kantong tebel. Tentunya, menjadi full time blogger atau freelance, saya selalu berharap mendapatkan pekerjaan setiap bulannya. Dan, sebagian besar income saya datangnya dari blog dan desain blog. Di saat pekerjaan datangnya cukup mengesankan, ada saatnya saya merasa jenuh.

Mau passion atau tidak, pekerjaan tetaplah pekerjaan.

Ada kalanya, saya merasa bosan dengan rutinitas yang saya jalani setiap hari, semacam membutuhkan udara segar. Sesuatu yang baru dari biasanya. Sebuah gebrakan di zona nyaman. Atau melakukan hal yang membuat saya kembali penuh sehingga, sanggup mengerjakan pekerjaan saya kembali. Menekuninya kembali dengan perasaan gembira.

Di bawah ini merupakan daftar yang bisa membuat semangat saya (dan mungkin teman-teman) kembali penuh untuk beraktivitas kembali dan produktivitas kembali.


Kursus Online/Offline


Dari waktu yang kalian miliki, terutama pas weekend, luangkan waktu 30-60 menit untuk kursus daring atau bisa juga kursus offline. Tapi, mengingat waktu saya (kita) yang berharga, kurus daringlah yang paling tepat. Mungkin nih, kita ingin memperdalam bahasa inggris kita, kita bisa kursus bahasa inggris secara online. Jaman sekarang apa-apa serba mudah, bahkan kursus bahasa inggris pun bisa via internet. Saya sih, sudah berencana untuk kursus bahasa inggris. Entah itu via online atau nantinya mencari bimbingan belajar bahasa inggris.

Meskipun saya seorang blogger, tentu saya tidak mau kalah pintar dengan pekerja kantoran. Saya pun perlu belajar bahasa asing.


Mencari Hobi Baru


Get new hobby? Why not!
Sudah sering dengar kan, kalau manusia itu makhluk Tuhan yang paling sempurna? Diberikan akal pikiran yang tiada tara. Bahkan, Einstein yang pintar itu hanya menggunakan sepersekian otaknya. Itu berarti Tuhan telah memberikan kita anugerah tiada tara untuk melakukan banyak hal.

Saya suka mempelajari hal-hal baru, terlebih lagi jika tidak jauh-jauh dari komputer dan internet. Ketahuilah, apa yang kalian ketahui sekarang itu masih terlalu kecil. Masih banyak hal yang bisa kita pelajari. Seperti yang saya lakukan dua Minggu terakhir ini. Kalau berteman dengan saya di facebook, pasti tahu apa hobi baru saya. Iyap, saya mencoba bermain dengan Adobe Illustrator, aplikasi desain yang sudah terongok lama di komputer jinjing saya.

Awalnya, saya berpikir membuat karakter melalui AI itu sulit. Tahu sendiri, saya tidak jago gambar, apalagi dulu pernah dikatain temen kalau gambaran saya kayak anak SD (dia benar). Tapi, setelah saya mengenali Adobe Illustrator, ternyata tidak sulit. Bukan berarti mudah juga sih.

Membaca Buku


Membaca itu mengasyikan, loh. Serius. Saat mulai jenuh dengan rutinitas, yang kita butuhkan adalah me time. Salah satu hal yang saya lakukan untuk memanjakan diri adalah dengan membaca buku yang sudah berbulan-bulan di rak buku. Saya kalau sudah terlanjur membaca buku, rasanya lupa dengan yang lain dan setelah itu rasanya semangat saya kembali. Terlebih lagi, ketika buku tersebut bagus, saya akan semakin produktif.

Traveling


Pasti banyak yang setuju dengan poin ini. Siapa sih, yang tidak suka jalan-jalan? Sebagian dari kita pasti suka sekali jalan-jalan. Dan, memang traveling salah satu hal yang mampu untuk men-charger semangat kita kembali. Serasa semua beban lepas. Melihat laut lepas yang ternyata lebih biru daripada di foto, melihat gunung yang ternyata lebih tinggi daripada bayangan.  Etapi, meskipun keasyikan jalan-jalan, jangan sampai lupa waktu ya. Kebanyakan nih, kalau selesai jalan-jalan pekerjaan keteteran.


Menggambar atau Mewarnai


Terkadang, ketika jenuh saya merindukan masa kanak-kanak yang tak pernah bosan melakukan sesuatu. Rasanya, dulu itu selalu ceria, selalu bermakna, tertawa, bermain. Untuk itu, tidak ada salahnya mengulang masa kecil. Kita bisa menggambar atau mewarnai. Tidak bisa menggambar? Tidak masalah, beli saja buku mewarnai, corat coret dah. Luapkan segala kejenuhan di sana. Dengan begitu, kita bisa menepikan masalah pekerjaan sejenak, dan nantinya akan kembali bersemangat.

Bertemu Teman Lama


Sudah lama tidak bertemu teman? Nah, ini kesempatan buat kita. Kita bisa mengajak teman lama ketemuan, mengadakan reuni kecil-kecilan. Atau kalau sedang bulan puasa seperti sekarang, kita bisa mengajak mereka buka bersama. Sedikit mentraktir teman makan, tidak masalah dong. Kita bisa bercerita mengenai masa lalu dan kembali dengan masa sekarang. Bukan ide buruk, kan? Kecuali, kalau bertemu dengan mantan pacar, mungkin pulang-pulang justru balikan :D

Menonton Film bukan Drama Korea


Kalau memang jenuh dengan pekerjaan, pergi ke bioskop saja, atau beli DVD film terbaru. Nonton deh. Terkadang, kita perlu hiburan tanpa harus memikirkan hal lain. Dengan menonton, tentunya akan mendapatkan hiburan lebih. Tapi, kalau bisa jangan maraton drama Korea ya. Alasannya, tentu saja, menonton drakor justru membuat produktivitas menurun. Kenapa? Karena kita bakalan ketagihan menonton terus dan malah melupakan kewajiban. Berabe dong ya.

Mencari Pengalaman Baru


Tidak jauh berbeda dengan mencari hobi baru. Memang, terkadang kita membutuhkan sesuatu hal yang baru dalam kehidupan ini. Wajar kok, kalau kalian (Saya) bosan dengan rutinitas yang ada. Sangat wajar. Itu berarti, kita menginginkan sesuatu yang baru. Mencari hobi baru. Mencari teman baru. Atau mengikuti kegiatan-kegiatan seru di luar rumah atau kantor. Intinya, mencari hal yang jauh dari kebiasaan kita. Siapa tahu, ternyata kita bisa melakukan hal yang sebelumnya, kita berpikir bisa saja tidak.


Ingat tidak, dulu setiap kenaikan kelas, kita selalu bersemangat? Selalu gembira sekali. Sadar tidak, hal tersebut karena kita tahu, akan ada hal-hal yang menyenangkan nantinya. Ada hal-hal baru yang menanti kita. 

Wulansari Wulan Kenanga

Hidup untuk menulis, menulis untuk hidup

Blog Designer, Writer, Buzzer, Dreamer, Pemeluk Kenangan, Jasa Review, Penulisan Artikel. Kerja sama Contact holawulan@gmail.com

4 comments:

  1. Bener banget. Drakor bikin males ngapa-ngapain

    ReplyDelete
  2. Kalau saya bertemu teman lama juga bisa jadi inspirasi buat tukeran ide dalam membuat usaha hehehhe

    ReplyDelete
  3. hahah nonton drama korea memang bikin baper mbak, tapi saya akui ceritanya cukup menarik. Hmm memang kalau pekerjaan sesuai dengan passion itu lebih menyenangkan dan InsyaAllah akan dikerjakan dengan senang hati. Tapi ya walaupun demikian ada kalanya merasa bosan, heheh jadi refreshing itu perlu. :D

    ReplyDelete
  4. kalo saya ningkatin produktivitas dg bergabung di grup2 yg produktif. bakal ada perasaan ga enak kalo ga ikut produktif, apalagi cuma silent reader aja

    ReplyDelete

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^