5 Makanan Khas (Drama) Korea | Wulan Kenanga Wulan Kenanga: 5 Makanan Khas (Drama) Korea
Jul 11, 2016

5 Makanan Khas (Drama) Korea

5 Makanan Khas (Drama) Korea


5 Makanan Khas (Drama) Korea - Film merupakan hal yang tak bisa saya lewatkan. Bisa dibilang, film menjadi salah satu hal wajib setelah saya membaca buku, menulis, dan (Insya Allah) memotret. Buat saya, hobi-hobi atau kebiasaan tersebut sudah mendarah daging. Tak bisa dihindari apalagi dilepaskan. Mungkin, suatu saat saya akan meninggalkan kebiasaan tersebut, tapi entah kapan. Yang jelas, sekarang belum ada rencana ke sana. 

Genre film yang saya sukai banyak. Tak hanya soal percintaan saja - tapi saya selalu berharap ada kisah romantis di setiap film yang saya tonton-. Sci-fi, Misteri, dan horor - tak selalu suka, pilih-pilih. Oke. Dari genre tersebut pun, tak hanya film Indonesia maupun film Barat yang saya sukai, tapi juga film Asia juga. Korea, Jepang, China, bahkan film Thailand. Tentunya, saya pun tak hanya menyukai film layar lebar. Saya juga menyukai film seri, dan kebanyakan film seri yang saya tonton adalah drama Korea.

Well, saya tak akan memperpanjang intro. Intinya dari postingan ini adalah membicarakan mengenai makanan khas Korea. Lho, apa hubungannya dengan intro mbulet di atas? Ada.


Jadi, saya mengetahui makanan khas Korea tersebut dari film-film dan drama Korea yang saya tonton.

Tak jarang saya selalu menelan ludah ketika orang-orang Korea dalam drama maupun film yang saya tonton itu makan. Mereka seakan-akan iming-iming makanan yang mereka makan. Seakan-akan makanan tersebut amatlah lezat. Ya, karena saya tidak tahu bagaimana rasanya makanan-makanan tersebut. Saya hanya bisa membayangkan saja.

Dan, dari beberapa film maupun drama Korea yang saya tonton, saya selalu melihat atau mendengar makanan-makanan di bawah ini, dan fix saya ingin mencicipinya.

1 | Mie Hitam (Jajangmyeon)

5 Makanan Khas (Drama) Korea
taken from http://www.top10magz.com/


Dalam drama Korea Coffee Prince, si pemeran utama makan mi hitam berpuluh-puluh banyaknya - hiperbola - di situ, saya benar-benar meneteskan air liur sangking kepengennya. Dalam bayangan saya, mie hitam itu enak sekali. Sampai-sampai, membuat saya ingin membuat mi instan! 

Mi Hitam atau jajangmyeon merupakan mi yang disajikan dengan pasta kacang kedelai hitam di atasnya. Tak hanya itu, campuran dari pasta tersebut berupa daging sapi atau seafood

2 | Kimchi

5 Makanan Khas (Drama) Korea


Pasti sudah tak asing lagi dengan yang namanya kimchi. Kimchi merupakan makanan khas Korea yang ngehits banget. Dia femes deh. Entah di drama Korea manapun, saya selalu melihat kimchi. Orang-orang Korea dalam drama tersebut masak kimchi. Entah itu kimchi yang terbuat dari lobak maupun dari sawi putih. Katanya sih, kimchi rasanya asam. Jelaslah, kimchi kan masakan dari sawi yang difermentasi.

Di setiap drama yang saya tonton, kimchi merupakan makanan pendamping. Entah ketika makan ramen atau makanan yang lain. 

3 | Kue Beras (Topokki)

5 Makanan Khas (Drama) Korea


Seingat saya, pertama kali saya ngiler dengan kue beras yang berwarna merah menyala ini dalam drama Princes Hour. Sang peran utama, dan kawan-kawannya berdiri di tepi jalan di sebuah pedangang kaki lima. Mereka menjumput makanan yang terbuat dari beras dan berwarna merah tersebut. Lagi-lagi, mereka makan dengan lahap dan terlihat sangat enak. Terlebih lagi, kue beras bisa dimakan di tempat yang asik, yaitu di tepi jalan sembari berdiri.

Terkadang, saya sering membayangkan makan kue beras, tapi diganti dengan sate usus yang saya beli di angkringan Lik Man sewaktu ke Jogja.

4 | Bulgogi

5 Makanan Khas (Drama) Korea


Saya baru tahu nama makanan ini. Sebelumnya, saya pikir ini hanyalah makanan dengan lalapan selada saja. Pertama kali saya tahu dalam drama Princess Hours, ketika sang putri menyupai pangeran dengan selada. Ya, saya tertarik dengan makanan ini karena saya menyukai selada. Sangat suka! 

Bulgogi merupakan makanan khas Korea yang terbuat dari daging sapi yang diiris tipis-tipis dan dimasak dengan cara digoreng maupun dipanggang. Cara memakan bulgogi juga terbilang asik. Daging yang sudah matang tersebut di tata di atas daun selada beserta nasi kemudian dibungkus dan langsung hap!

Saya sering loh, makan daun selada dengan nasi di dalamnya. 



5 | Kimbab

5 Makanan Khas (Drama) Korea


Terus terang, awalnya kimbab saya pikir adalah sushi yang biasa orang Jepang makan. Ternyata bukan. Jika, bulgogi tadi daging dan nasi dibungkus dengan selada, kalau kimbab merupakan nasi serta bahan makanan lainnya, seperti timun, wortel, telur dadar yang dibungkus dengan lembaran rumput laut dan digulung menyerupai tabung. 

Setiap kali saya ingat kimbab, maka saya ingat drama Korea Sorry I Love You, yang diperankan oleh So Ji Sub. Dalam drama tersebut, Ji Sub, adiknya dan keponakannya menjual kimbab di tepi jalan.

Di atas merupakan 5 makanan khas Korea yang ingin saya cicipi suatu saat. Entah nanti mencicipinya di Korea maupun di Indonesia tak masalah.


xoxo,
Wulan K.

all pic taken from http://www.top10magz.com/

Wulansari Wulan Kenanga

Hidup untuk menulis, menulis untuk hidup

Blog Designer, Writer, Buzzer, Dreamer, Pemeluk Kenangan, Jasa Review, Penulisan Artikel. Kerja sama Contact holawulan@gmail.com

6 comments:

  1. Sumpah baru tahu makanan-makanan ini. *_* Kimbab itu kayak sushi penampakannya ya Wulan.

    ReplyDelete
  2. Bikin ngiler dari fotonya aja ya :)

    ReplyDelete
  3. Dari semuanya, yang pernah aku makan cuma bulgogi. Kuper bener x))

    ReplyDelete
  4. Semua foto makanan yang ditampilkan diatas bikin ngiler loh. Suer pengen makan, :)
    Keren juga ya drama Korea sekaligus mengenalkan makanannya secara langsung ke pemirsa.
    Kalo Indonesia rasanya jarang menonjolkan makanan spesifik Indonesia yang sudah pemes dalam cerita drama.
    salam

    ReplyDelete
  5. kadang kalo liat adegan mereka makan...ikutan ngiler ya
    ternyata makanannya enak (kayaknya sih) hehehe

    ReplyDelete
  6. Baru nyoba toppoki sama kimchi. Nggak enak 😭

    ReplyDelete

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^