7 Cara Mengatasi Bau Mulut | Wulan Kenanga Wulan Kenanga: 7 Cara Mengatasi Bau Mulut
Jul 28, 2016

7 Cara Mengatasi Bau Mulut



7 Cara Mengatasi Bau MulutHal yang paling menganggu ketika berbicara dengan orang lain, adalah bau mulut. Ehm, seringnya saya sendiri yang kurang percaya diri dengan aroma mulut saya. Bau tidak ya? Hah. Hah. Hah. Cek bau tidaknya. Hmm, ternyata bau. Sudah gosok gigi, minum air putih yang banyak juga, tapi kenapa masih bau?

Benar-benar tidak menyenangkan bila kita sedang berbincang dan ternyata nafas kita bau. Bisa-bisa teman yang kita ajak bicara melipir cantik karena tak tahan dengan nafas kita yang bau. Oh, no!

Ada banyak cara mengatasi bau mulut, salah satunya dengan gosok gigi yang teratur dan sering ke dokter gigi untuk menghilangkan karang yang menempel pada gigi. Ada pula cara yang bisa kita tempuh, seperti di bawah ini.


1 | Gosok Gigi

Mungkin tak perlu diingatkan lagi ya, kalau kita harus gosok gigi terutama setelah makan dan menjelang tidur. Selain untuk membersihkan sisa-sisa makanan, gosok gigi juga mampu membuat mulut segar. Ya, meskipun usaha gosok gigi tidak terlalu maksimal, karena kita tak bisa setiap waktu gosok gigi.

2 | Makan Buah-buahan

Buah-buahan mampu untuk mengurangi bau mulut. Saya pernah pergi ke dokter gigi dan menanyakan penyebab bau mulut. Dokter bilang, bau mulut tidak hanya berasal dari gigi berlobang atau masalah gigi saja, tapi juga bisa disebabkan dari dalam perut. Nah, dengan sering-sering makan buah, selain mampu untuk memberikan efek segar untuk mulut, buah juga mampu untuk melancarkan pencernaan.

3 | Kumur Air Garam

Pernah melakukannya? Sering, kan? Saya kurang tahu apa yang terkandung dalam garam sehingga mampu menghilangkan bau mulut. Tapi yang pasti, ketika gigi terasa sakit (salah satu penyebab bau mulut) ibu saya selalu menyarankan untuk berkumur dengan garam.

4 | Minum Air Putih

Pada poin ini ada hubungannya dengan poin nomor dua. Air putih mampu membersihkan mulut dan mampu untuk melancarkan pencernaan.

5 | Sering Ke Dokter Gigi

Hanya dengan mengocek uang sebesar Rp. 30.000, teman-teman bisa menghilangkan plak dan kotoran yang susah dijangkau oleh sikat gigi. Seperti yang kita tahu, usai makan atau apa pun mulut memproduksi kotoran yang harus kita basmi. Sering ke dokter gigi untuk memeriksa kesehatan gigi sama sekali tak ada salahnya.

6 | Kunyah Permen Karet

Permen karet atau permen mint merupakan salah satu penyelamat di saat yang genting. Dan, cara ini ampuh sekali untuk menghilangkan bau mulut. Iya, nafas tak sedap pun berganti dengan aroma permen yang sudah kita kunyah. Saya sering membeli permen untuk menghilangkan bau mulut. Sayangnya, terlalu sering mengulum permen pun tak bagus (kecualai permen karet). Tahu sendiri kan, kadar gula di permen? Tentunya, kita kudu mencari alternatif lain untuk menghilangkan bau mulut secara praktis.

7 | Berkumur dengan Listerine

Cara termudah untuk menghilangkan napas bau adalah dengan berkumur dengan Listerine. Listerine mengandung bahan khusus yang memang diperuntukan bagi kesegaran mulut kita. Selain itu, listerine juga mampu membunuh bakteri penyebab bau mulut. Tak hanya rasa mint saja yang bisa didapatkan dari listerine. Ada banyak rasa yang bisa dipilih. Kegunaannya pun bermacam-macam. Ada yang dikhususkan untuk nafas tak sedap, ada pula untuk menghilangkan plak yang memang merupakan penyebab bau mulut.


Banyak hal yang bisa kita usahakan agar gigi tetap sehat, sehingga kita bisa tetap percaya diri tersenyum lebar dan berbicara dengan lawan bicara kita.

Wulansari Wulan Kenanga

Hidup untuk menulis, menulis untuk hidup

Blog Designer, Writer, Buzzer, Dreamer, Pemeluk Kenangan, Jasa Review, Penulisan Artikel. Kerja sama Contact holawulan@gmail.com

1 comment:

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^