5 Sunnah Penting di Hari Raya Idul Adha | Wulan Kenanga Wulan Kenanga: 5 Sunnah Penting di Hari Raya Idul Adha
Aug 27, 2016

5 Sunnah Penting di Hari Raya Idul Adha


5 Sunnah Penting di Hari Raya Idul Adha Idul Adha merupakan salah satu hari raya umat Islam yang juga sering disebut dengan Hari Raya Qurban dan Hari Raya Haji. Disebut demikian karena pada hari raya tersebutlah aktivitas potong hewan qurban  dan ibadah haji dilaksanakan. Karena dikerjakan setahun sekali, sebaiknya lakukan ibadah di Hari Raya dengan khusyuk dan khidmat serta sesempurna mungkin dengan mengikuti segala petunjuk serta ketentuan dengan benar agar sah dan tidak terjadi kesalahan. Selain itu, fokuskan niat tulus serta harapan akan pahala dari Allah agar ibadah yang dilaksanakan menjadi mabrur dan tidak percuma. Di berbagai hari raya tentunya, terdapat beberapa aktivitas yang biasa dilakukan oleh setiap ummat. Berikut merupakan beberapa aktivitas penting yang bersifat Sunnah ketika dilakukan di Hari Raya Idul Adha.


Mengumandangkan Takbir

Hal pertama yang termasuk dalam Sunnah di hari Idul Adha adalah mengumandangkan takbir, baik di masjid, mushola, ataupun di sekitar rumah di mulai pada terbenamnya matahari di malam Idul Adha hingga hari terakhir hari tasryiq, yakni pada 13 Dzulhijjah. Anjuran tersebut terdapat dalam sebuah kitab karya Imam Nawawi yang berjudul Raudlatut Thalibin wa Umdatul Muftin. Takbir dengan mengumandangkan lafaz Allah Maha Besar merupakan salah satu aktivitas Sunnah di malam hari raya, baik Hari Raya Idul Fitri maupun Hari Raya Idul Adha. Namun pastikan, aktivitas ini tidak terlalu mengganggu tetangga sekitar yang tidak ikut merayakan Hari Raya Idul Adha.

Sholat Malam

Hal Sunnah lain yang dianjurkan untuk dilakukan ketika Hari Raya Idul Adha adalah melakukan ibadah sholat malam secara berjamaah, mulai dari sholat magrib, isya, hingga melaksanakan sholat subuh berjamaah. Namun tentunya, kegiatan sholat berjamaah ini akan lebih baik lagi apabila dilakukan secara rutin, tidak hanya pada saat menjelang hari raya saja. Selain itu, sholat malam tahajjud juga dianjurkan untuk menambah amalan ibadah pada malam Hari Raya Idul Adha.

Mandi dan Memakai Wangi-Wangian

Aktivitas mandi tentunya perlu dilakukan setiap hari untuk menjaga badan agar tetap bersih dan tidak bau, termasuk pada saat akan melaksanakan sholat Ied, lebih tepatnya pada saat sebelum pergi ke masjid. Namun sangat dianjurkan untuk mandi sesaat sebelum waktu subuh atau sesudah waktu subuh. Mandi merupakan Sunnah yang diperuntukkan untuk semua ummat Islam, baik perempuan maupun laki-laki. Selain itu, disarankan juga untuk memakai wangi-wangian agar tidak bau, memotong kuku agar kuku bersih dan tidak terselip kotoran, dan lain sebagainya.

Pakaian Terbaik, Rapi, dan Bersih

Hal lain yang juga dianjurkan untuk dilaksanakan pada saat Hari Raya Idul Adha adalah menggunakan pakaian sopan terbaik yang dimiliki. Apabila tidak memiliki pakaian yang bagus, maka cukup saja untuk mengenakan pakaian yang suci dan bersih dari najis. Ada juga beberapa ulama yang mengatakan bahwa pakaian yang paling diutamakan untuk dikenakan di hari raya adalah pakaian bersih suci berwarna putih. Untuk kaum perempuan, diserukan untuk tidak mengenakan pakaian yang berlebihan dengan tambahan aksesoris seperti kalung ataupun gelang yang terlihat berlebihan karena tujuannya adalah untuk beribadah mengharap ridho Allah SWT.

Berjalan Kaki ke Masjid


Perlu diketahui bahwa pergi ke masjid dengan berjalan kaki sangatlah dianjurkan, seperti yang dilakukan oleh Rasulullah yang biasa berangkat denngan berjalan kaki untuk melaksanakan shalat Ied, begitu pula ketika pulang. Hal ini merupakan hal yang positif karena denga berjalan kaki, kamu bisa bertegur sapa dengan sesame kaum muslim yang juga akan melaksanakan shalat Ied sehingga silaturrahmi pun tetap terjalin. Namun tentunya, jangan terlalu memaksakan apabila sudah lanjut usia ataupun letak masjid dan rumah tempat tinggal terlalu jauh. Yang terpenting adalah pastikan hati dan pikiran terfokus untuk beribadah sholat Ied hanya karena Allah SWT. 

Wulansari Wulan Kenanga

Hidup untuk menulis, menulis untuk hidup

Blog Designer, Writer, Buzzer, Dreamer, Pemeluk Kenangan, Jasa Review, Penulisan Artikel. Kerja sama Contact holawulan@gmail.com

No comments:

Post a Comment

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^