3 Situs Penyedia Job untuk Blogger dan Influencer | Wulan Kenanga Wulan Kenanga: 3 Situs Penyedia Job untuk Blogger dan Influencer
Oct 10, 2016

3 Situs Penyedia Job untuk Blogger dan Influencer



3 Situs Penyedia Job untuk Blogger dan InfluencerSebelumnya, saya pernah menuliskan situs-situs untuk para freelancer di sini. Di sana saya menulis tiga situs yaitu Freelancer Indonesia, Projects.co.id dan Sribulancer. Dalam ketiga situs tersebut terdapat berbagai macam lowongan pekerjaan. Mulai dari programmer, penulis konten, web designer, dll. Intinya, lebih lengkap dari berbagai profesi.

Untuk sekarang, saya akan membahas tiga situs yang diperuntukan untuk blogger, selebgram, selebtwit, dan penulis konten. Iya, pembahasannya hanya sekitar pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan di media sosial. Tiga situs yang mungkin sudah teman-teman ketahui, atau justru baru mengetahuinya dari postingan ini.

Sebagai pekerja yang bergelut di media sosial, blogger, atau media lainnya. Tentunya, kita nggak mungkin menunggu saja sampai ada penawaran yang masuk di inbox. Pastinya, kita harus menjemput bola. Dulu, sebelum saya mengenal situs-situs di bawah ini, saya hanya mencari peluang lewat twitter dengan menuliskan “Job Review”, karena saya tahunya info-info mengenai pekerjaan tersebut lewat twitter atau facebook. Sayangnya, cara tersebut tidak membuahkan hasil.


1 | Blogmint

Blogmint dengan tagline Platform Pemasaran Ifluencer, menyajikan sebuah tampilan apik berwarna biru laut. Blogmint pun mengklaim dirinya sebagai Platform Otomatis Pertama di Asia yang menghubungkan brand dan blogger.

Saat masuk ke situsnya, kita akan diberikan pilihan antara daftar sabagai blogger atau membuat kampanye sebagai Brand. Karena saya adalah pencari job, maka saya mendaftar sebagai blogger. Meskipun disebut sebagai blogger. Penawaran di dalamnya tak hanya diperuntukan untuk media blogger saja, tapi beberapa juga menyediakan penawaran untuk media twitter dan instagram.

Di Blogmint, kita bisa melihat siapa saja pengguna Blogmint sebagai blogger, yang diurutkan berdasarkan klout score. Semakin tinggi klout score, semakin tinggi pula eksistensi influencer tersebut.

Ketika melamar suatu kampanye, kita bisa menaikkan harga yang ditawarkan dan tak perlu membuat proposal. Ketika terpilih akan ada notifikasi masuk di surat elektronik milik kita. Dan, setelah pekerjaan selesai, dana yang kita terima akan dipotong sebesar 12%. Sayangnya, di Blogmint jarang sekali ada kampanye. Padahal di sini saya menemukan pelaku media sosial seperti Bena Kribo.

Dan, kalau kamu beruntung, tak perlu melamar di salah satu kampanye, kamu akan mendapatkan undangan khusus.

2 | Sociabuzz

Sociabuzz memberikan tampilan utamanya berupa kelir hijau daun. Di sini pun, kita akan diberikan dua pilihan layaknya Blogmint, yaitu pilihan log in sebagai advertiser atau sebagai influencer. Menu yang disajikan Sociabuzz lebih beragam. Yaitu, ada banyak tampilan kampanye yang sedang aktif dengan berbagai macam pilihan. Kita bisa memilah kampanye tersebut, mulai dari untuk media blog, twitter, instagram, bahkan youtube. Berbeda dengan Blogmint, di sini kita harus membuat proposal setiap kali melamar kampanye. Harga pun kita bisa menentukannya sendiri, menyesuaikan dengan kemampuan yang kita miliki dan blog kita.

Atau pilihan kampanye autotweet yang biasanya dipilih oleh advertiser sendiri dan kita tinggal duduk diam sedangkan isi twitter, jadwal tayang sudah diatur secara otomatis.

Di Sociabuzz banyak sekali kampanye, sehingga kita sebagai Influencer merasa banyak peluang. Sayangnya, potongan yang dibebankan Sociabuzz kepada influencer sangatlah tinggi, yaitu 40%.

3 | Influlancer

Awalnya, Influlancer tersedia dalam platform website. Mulai beberapa waktu yang lalu, Influlancer hanya tersedia dalam bentuk mobile yang bisa di download di App store. Meskipun website influlancer masih bisa diakses, tapi ada fitur tertentu yang tak dapat kita lihat, yaitu fitur kampanye yang tersedia. Kita harus melihatnya melalui aplikasi mobile.

Kampanye yang tersedia di Influlancer terbilang sedikit, tapi terus menerus ada. Berbeda dengan Blogmint yang jarang sekali ada. Di Influlancer, kita cukup mengisi data-data di tab profile, bila ada kampanye tinggal klik endorse. Setelah itu, ketika lamaran diterima kita akan mendapatkan notifikasi via email dari pihak Influlancer langsung yang meminta scan identitas diri.

Saya suka Influlancer yang nggak ribet dan sepengetahuan saya, di sini tidak ada potongan yang dibebankan pada Influencer. Jadi, berapa yang ditawarkan advertiser (entah berupa uang tunai, barang, maupun jasa) maka itulah yang akan kita dapat. Yang perlu diperhatikan adalah lebih teliti dalam membaca kampanye yang tersedia, karena saya pernah tidak teliti membaca asal klik “yes”. Pada akhirnya, kampanye yang saya klik tersebut sepatu untuk laki-laki.

Itulah tiga situs yang bisa memberikan kita – sebagai influencer – mencari peluang. Karena peluang tidak selalu datang, maka kita harus menciptakan sendiri peluang tersebut. Adakalanya, kita hanya cukup menunggu, tapi adakalanya kita harus bertindak terlebih dahulu. Jika belum mencoba, bagaimana kita tahu?

Selamat berburu peluang!

xoxo,
Wulan K.


Wulansari Wulan Kenanga

Hidup untuk menulis, menulis untuk hidup

Blog Designer, Writer, Buzzer, Dreamer, Pemeluk Kenangan, Jasa Review, Penulisan Artikel. Kerja sama Contact holawulan@gmail.com

3 comments:

  1. Potongannya bikin nyesek yg sociabuzz mbak. Hhee
    Aku prnah nyoba buat daftar. Tpi bingunh gimana cara gunainnya. Jadinya ga kulanjutin lagi dah itu dftarnya. Hhee

    ReplyDelete
  2. Saya daftar di blogmint lalu bingung :(

    ReplyDelete
  3. Suka dengan paragraf terakhir Mba :D
    Superrrr...

    ReplyDelete

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^