Cara Membuat Background Foto Flat Lay Ala Seprai Hotel | Wulan Kenanga Wulan Kenanga: Cara Membuat Background Foto Flat Lay Ala Seprai Hotel
Oct 7, 2016

Cara Membuat Background Foto Flat Lay Ala Seprai Hotel



Cara Membuat Background Foto Flat Lay Ala Seprai Hotel - Flat lay karena kesukaan saya memotret dengan model-model flat lay, sehingga membuat saya sering memberikan tip memotret flat lay yang absurd. Kali ini, bukan teknik cara membuat foto flat lay, tapi lebih ke cara membuat background flat lay. Bukan background putih seperti biasanya yang saya pakai. Masih ingat dengan postingan ini? Cara Membuat Foto Flat Lay Dalam postingan tersebut saya menyebutkan menggunakan background kemeja bekas sekolah atau kalender. Nah, kali ini lebih bergengsi lagi “gengsi”, yaitu menggunakan kain.

Ide ini muncul karena Mbak Swastikha pemilik www.kotakwarna.com membeli kain furing berwarna putih di pasar untuk foto flat lay dia. Mbak Tikha bilang, harga kainnya murah. Sekitar belasan ribu saja untuk ukuran satu meter. Saya pun tertarik. Daripada memakai kemeja sekolah yang lebarnya sempit, kenapa saya nggak membeli kain saja?

Akhirnya, saya pun pergi ke pasar, membeli kain berwarna putih. Ke sana kemari, memegang kain yang sebagai contoh di toko kain. Ah, sebenarnya, sebelum menemukan kain yang pas saya sudah terlanjur membeli kain satin berwarna putih seharga Rp. 16.000,- eh pas jalan-jalan lagi, saya menemukan kain lembut sekali, seperti seprai hotel (sebenarnya, saya mencari kain putih biar ala-ala seprai hotel). Saya tertarik dengan kain tersebut, karena setelah dipikir-pikir, kain satin yang sudah ada di dalam tas  terlalu mengkilap. Lalu, saya pindah ke toko kain lainnya, ada kain putih, saya tanyakan harganya. Cukup mahal 27rb per meter. Kemudian, saya kembali ke toko sebelumnya dan menanyakan kain yang halus bak seprai hotel itu.


Kain yang mirip seprai hotel itu namanya kain katun Korea. Kainnya lembut, halus, mudah diatur. Warnanya pun putih bersih. Yang penting lagi, harganya murah Rp. 18.000,- saja per meter (please yang baca ini dan tahu harga kain katun Korea lebih murah daripada yang saya sebutkan, diem aja. Nanti saya nyesel -  xoxo).

Saya memang berniat membeli kain putih untuk background buku-buku Lokamedia yang dikirim ke saya. Ehm, sebagai informasi, selain jadi Tukang Layout buku, saya juga jadi Tukang Poto buku-buku Lokamedia. Saya sih, suka-suka saja, karena memang lagi memperdalam kemampuan memotret, meskipun masih pakai mode manual – xoxo.


Oke, mari kita mulai memotret.

Cara memotret background foto ala seprai hotel, gampang sih. Kain yang sudah dibeli tadi, tinggal digelar di atas papan bersih. Harus bersih ya, sayang banget sama kainnya yang putih bersih kalau kotor. Kemudian, tata sedemikian rupa agar kain tersebut berkerut-kerut ala seprai di hotel. Tata beberapa properti, seperti buku, bunga, kamera, dan secangkir kopi. Tip agar cangkir kopi tidak mengotori kain adalah dengan memberi alas dibawahnya. Dan kita bisa mengambil beberapa gambar deh.

Sudah ala-ala seprai hotel, belum?

Bukan kainnya lungset ya, emang sengaja dilungsetin!

Usai memotret, pilih beberapa foto yang dirasa bagus, kemudian saya edit di Photoscape. Edit kecerahan atau justru digelapkan biar dramatisnya kerasa – xoxo. Saya mengedit foto memang lebih suka di Photoscape, lebih simpel saja sih. Biasanya yang saya edit, kecerahannya, ukuran, dan keseimbangan.

Omong-omong, biasanya saya motret di luar. Punya studio portabel yang kalau selesai motret males banget beresinnya.



Boleh sibuk motret, tapi jangan lupa ngopi!


Wulansari Wulan Kenanga

Hidup untuk menulis, menulis untuk hidup

Blog Designer, Writer, Buzzer, Dreamer, Pemeluk Kenangan, Jasa Review, Penulisan Artikel. Kerja sama Contact holawulan@gmail.com

15 comments:

  1. Aku biasanya pakai kain gak kepake, dan lagi hunting kain nih. Yuk ahhh, kita jalan2 ke JMP wkwkwkkw. Itu kalau ditambahi sinar matahari, kayaknya lebih manis hohoohoh. Cakep cakepp fotonyaaa sekaraang, suka :*

    ReplyDelete
  2. pulang kerja langsung hunting kain putih lah kalo kaya gini caranya:P salam kenal mbaa..tfs

    ReplyDelete
  3. Wow, keren! Sepertinya saya juga tergoda untuk nyobain motret flat lay. *Langsung nyari kain di klewer*

    ReplyDelete
  4. Dlu aku juga suka pakai photoscape..
    Tpi skrg lebih suka pakai snapseeed..

    Oh gitu nama kainnya.
    Cari ah..
    Selama ini pakai jilbab haahha

    ReplyDelete
  5. saya suka kopinya, palagi kopi item pahit :)

    ReplyDelete
  6. Kece ya foto ala2 sepre hotel :) blum punya kain kusus putih..ada dress putih dan udah dicobain buat alas...lumayan x)

    ReplyDelete
  7. saya suka background yang putih kayak gini. Bikin elemen lainnya jadi menonjol :)

    ReplyDelete
  8. Mbak, kalau dengan background gelap, kain hitam gitu, ada tips triknya juga gak?

    ReplyDelete
  9. Aku suka foto-fotonya.

    Selama ini aku pake karton putih. Itupun sudah ada tanda kedua kaki si kecil. Kayaknya memang butuh kain ya. Kalau kotor kan bisa dicuci.

    ReplyDelete
  10. Kalau yang harga 27 ribu itu kain katun jepang kali Mbak

    ReplyDelete
  11. Pengen nyoba ah, aku kebetulan punya kain putih kyk gtu hehe
    TFS Mbak :)

    ReplyDelete
  12. Wahaha, ga kepikiran utk beli kain ya ... menarik juga nih idenya :D

    ReplyDelete
  13. Wah, langsung berburu kain nih.
    Hihihi, aku suka pake kalender tp hasilnya blm pas terus. Styling maupun pencahayaan.

    ReplyDelete

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^