Cara Membuat Background Foto Flat Lay Warna Hitam | Wulan Kenanga Wulan Kenanga: Cara Membuat Background Foto Flat Lay Warna Hitam
Oct 9, 2016

Cara Membuat Background Foto Flat Lay Warna Hitam


Cara Membuat Background Foto Flat Lay Warna Hitam - Semenjak mengenal kamera dan foto flat lay, saya jadi cenderung berpikir properti apa saja yang manis digunakan untuk foto. Mulai dari alas foto, objek atau properti fotonya. Bahkan,saya sampai membeli kamera mirroless. Iya, demi foto-foto di blog saya tidak mengambil di internet dan tetap terlihat indah. Seperti di blog Mbak Handriati, Mak Pungky, dan Aya. Saya ngiri sama ketiga perempuan itu yang blognya dihiasi foto-foto kece.

Alas foto yang saya gunakan selama ini, macam-macam. Kemeja sekolah, dalaman tas, kertas karton dan sampai saya membeli alas foto lipat seharga Rp. 90.000,-. Tentunya, alas foto lipat sangat ajib hasilnya ketimbang alas-alas sederhana yang saya gunakan. Tetapi, lama-lama bosan juga melihat alas foto lipat yang hanya satu motif itu. Saya ingin penyegaran dan ingin membeli alas foto lipat yang baru. Sayangnya, mahal.


Bila pada postingan sebelumnya (baca: Cara Membuat Background Foto ala Seprai Hotel), saya bercerita membeli kain putih untuk alas foto. Kali ini, saya membeli kain berwarna hitam. Tetep. Mbak Tikha yang kasih ide. Dan, saya membeli kain warna hitam ini setelah beberapa hari pakai alas kain warna putih. Bedanya, kain warna hitam tidak saya jadikan ala-ala seprai hotel, tapi lebih ingin punya background foto warna hitam. Inginnya sih membeli alas foto lipat, tapi itu tadi, belum ada dana yang mencukupi. Akhirnya, saya ke pasar lagi membeli kain katun Korea warna hitam di tempat yang sama.

Sayangnya, ketika membeli dan ditunjukkan warna kainnya, saya kurang sreg. Warna hitamnya tidak terlalu gelap. Orang Jawa bilangnya “Mbulak, puyeh.”tapi saya suka kainnya yang mudah diatur. Tanpa babibu, saya tetap membeli kain tersebut. Kemudian, saya membeli talenan baru untuk menambah koleksi properti foto.

Sampai rumah, benar dugaan saya. Ketika dipakai untuk foto, kain tersebut tidak terlalu gelap, terlebih lagi karena cahayanya over. Semakin mbulak-lah alas foto tersebut. Saya kecewa? Jelas. Karena dalam bayangan saya, background yang akan saya gunakan warnanya gelap, segelap langit malam.O, ya. Karena memakai kain, jangan lupa untuk benar-benar menggelarnya sampai benar-benar kerutannya hilang. Nantinya saat mengedit biar keliatan bersih. Kalau untuk ala-ala seprai hotel kemarin sih, nggak apa-apa.

Hasil fotonya seperti ini.



Hidup jangan dibuat susah, Sis. Edit aja.

Akhirnya, saya memilih beberapa foto yang saya rasa bagus, kemudian mengeditnya dengan Photoscape. Biasanya, saya menggunakan Photoscape untuk mencerahkan foto, kali ini untuk menggelapkan foto. Ternyata, dengan mengedit foto tadi, warnanya benar-benar segelap langit. Ya meskipun akhirnya, membuat objek foto ikut  menggelap. Tapi, justru membuatnya terlihat lebih indah dan dramatis.

Begini cara mengedit foto, agar gelap.

1 | Pilih salah satu foto yang menurutmu bagus.

2 | Buka software edit foto Photoscape

3 | Pilih Editor, kemudian masukkan foto, dan pilih Warna/Terang, lalu pilih Gelapkan. Di sana akan ada enam pilihan: Rendah, Tengah, Tinggi, Rendah (Grey Tone), Tengah (Grey Tone), dan Tinggi(Grey Tone). Pilih yang Tinggi, kemudian ulangi beberapa kali sampai background benar-benar gelap.



4 | Klik Simpan

Hasil setelah diedit.




Sekarang, kita sudah mendapatkan foto dengan background gelap yang menawan. Ada beberapa foto saya yang terkena serpihan bunga berwarna putih. Justru, ketika digelapkan semacam bintang-bintang di langit, atau justru kayak ketombe?

xoxo,
Wulan K.





Wulansari Wulan Kenanga

Hidup untuk menulis, menulis untuk hidup

Blog Designer, Writer, Buzzer, Dreamer, Pemeluk Kenangan, Jasa Review, Penulisan Artikel. Kerja sama Contact holawulan@gmail.com

9 comments:

  1. Hore...artikelnha sudah jadi. Kapan saya dijadikan model sis?

    ReplyDelete
  2. Tidak ada hasil yang menghianati usaha ya Mbak. Berkat usaha membeli alat foto baru dan mengeditnya kembali hasil fotonya benar-benar keren. Dua jempol Mbak Wulan :)

    ReplyDelete
  3. Makasih Mbak Wulan, siip dah tinggal praktiknya. Mbak Wulan motonya pake apa sih? Saya biasanya semua mua pake hp (termasuk edit). Siapa tahu ternyata Mbak pake hp juga, bisa bagi tahu lagi tips trik lagi untuk yang biasa apa2 pake hp. :)

    ReplyDelete
  4. tips nya sederhana mudah di cerna. siap buat percobaan mba Wulan. thanks for sharing :)

    edithyastika.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  5. Wah, kece nih. Saya punya kain hitam tapi kayak punya Mba Wulan, hitamnya gak gelap banget.
    Cuma masih kurang rapi, deh, kerutan kainnya masih keliatan.
    Wah, kalau ngeditnya pake photoscape sih saya bisa kalau photoshop baru mumet.
    Makasih sharingnya Mba Wulan.

    ReplyDelete
  6. Kereen mba... entah knp aku suka liat foto dg background hitam terutama untuk objek2 yg full color. Ternyata cukup beli kain dan edit2 aja ya. Langsung praktek ah :D

    ReplyDelete
  7. membentangkan kain biar gak terlihat lipatan itu agak ribet gak sih mbak? berarti nyimpen kainnya gak dilipet dong ya biar gak bentuk lipetan?

    ReplyDelete
  8. Bagus fotonya. Hmmm...jadi kepikiran juga buat beli-beli property buat foto2...

    ReplyDelete
  9. Waah begitu rupanya rahasaianya, terima kasih tipnya Mba Wulan :)

    ReplyDelete

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^