Oct 27, 2016

Rencana Membeli AC Baru? Begini Ciri-Ciri AC yang Bagus!




Rencana Membeli AC Baru? Begini Ciri-Ciri AC yang Bagus!Bertahun-tahun, hanya setia dengan kipas angin. Entah cuaca sedang panas-panasnya, atau ketika gerah nggak ketulungan. Di rumah hanya tersedia kipas angin yang sudah tak secepat ketika baru dahulu. Kipas angin kecil yang saya gunakan tanpa penutup itu, hibah dari teman-teman kos, ketika kami semua sudah pindah. Selama ini, baik-baik saja menggunakan kipas angin. Tapi belakangan, ada keresahan ketika menggunakan kipas angin. Yaitu, ketika pagi perut terasa kembung menjelang subuh. Semacam masuk angin.

Setelah bertahun-tahun, akhirnya kepikiran mempunyai Air Conditioner  atau AC.

Sebagai seorang yang awam dalam dunia air conditioner, saya mencari informasi ke sana kemari. Mencari panduan, bagaimana cara memilih AC yang bagus. Jadi, setelah mencari informasi, begini ciri-ciri AC yang bagus.


Ciri-ciri AC yang Bagus

1 | Kapasitas AC/PK yang Sesuai

Dalam membeli barang baru – dalam kasus ini, saya belum tahu menahu mengenai AC – maka, harus mengerti hal-hal dasar sebelum membeli AC. Dari apa yang saya ketahui – hasil riset kecil-kecilan -, ciri-ciri AC yang bagus adalah memiliki kapasitas tinggi. Tentunya, kapasitas tinggi pun ditentukan dengan kebutuhan rumah kita. Semacam, bila memilih AC dengan ukuran PK yang kurang besar, sedangkan ruangan yang akan dipasang AC besar, maka tidak akan terasa dingin.

2 | AC Hemat Listrik

Biasanya, ketika membeli barang elektronik pastinya melihat merek kemudian hemat listrik apa tidak. Nah, dalam memilih AC yang bagus adalah yang hemat listrik. Kita nggak mau kan tiba-tiba tagihan listrik jebol lantaran AC tidak hemat listrik. Sedangkan, kita menggunakan AC lebih dari 9 jam sehari. Ya kalau kipas angin, digunakan ketika gerah saja. Sedangkan AC, pasti cenderung menggunakannya terus menerus.

3 | Panjang/Dimensi/Ukuran AC

Secara logika, ukuran AC dengan dimensi yang lebih panjang akan mencakup ruangan yang lebih lebar pula. Dengan begitu, jangkauan AC pun akan lebih luas dan dingin yang diberikan pun merata. Itulah alasan kenapa saat akan membeli AC yang harus diperhatikan adalah ukuran atau dimensi AC tersebut.

Seperti pada ruangan tengah di rumah saya yang ukurannya memanjang. Ruangan tersebut merupakan ruangan keluarga. Kami sering berkumpul di sana, tidur-tiduran sembari nonton televisi. Nah bila ukuran AC-nya panjang – sesuai ruangan tersebut – maka bisa mencakup segala sisi.

4 | Memiliki Material Berkualitas

Yang tidak kalah penting dari tiga hal di atas adalah umur AC. Nggak mau dong, membeli barang dengan kualitas yang tidak bagus. Belum lama dipakai, eh, tahu-tahu sudah rusak saja. Jadi, pilihlah material AC yang berkualitas, yang membuat umur AC bertahan lama.




Contohnya, Kondensor yang merupakan salah satu material yang penting bagi AC. Kondensor sendiri berfungsi sebagai pengubah/pendingin gas yang bertekanan tinggi berubah menjadi cairan yang bertekanan tinggi. Pilih AC yang menggunakan Gold Fin atau Blue Fin, karena lapisan ini akan mencegah karat, korosi, penumpukan kotoran, ditambah dengan perlindungan dari cuaca ekstrem.




5 | Fitur yang Sehat dan Cerdas

Bukan hanya ketika memilih pendamping hidup saja loh, yang harus sehat dan cerdas. Dalam memilih AC pun demikian. Karena, AC juga termasuk pendamping hidup ketika di rumah. Jadi, kita kudu memilih yang memiliki fitur sehat dan cerdas.

Sekarang banyak produk air conditioner yang diciptakan dengan fitur-fitur tambahan yang berhubungan dengan kesehatan seperti mampu membasmi Kuman/Virus. Dan fitur-fitur cerdas semacam remote control yang mampu mendeteksi secara otomatis temperatur tubuh manusia, suhu ruangan sekitar,  mengendalikan pendingin udara, pengaturan penghematan energi, pembagian hembusan angin, timer, pengaturan sleep curve, dan fitur lainnya secara wireless.

Sedikit banyak, saya tahu ciri-ciri AC yang bagus dan berkualitas, begitu juga dengan teman-teman. Nah, sekarang tinggal mencari merek AC yang cocok sesuai ciri-ciri di atas dan sesuai kebutuhan. Kenyamanan ketika memiliki sebuah AC pun harus tetap terjaga, maka dari itu butuh sebuah patokan bagaimana cara memilih AC yang bagus.



Jaminan 180 Hari Ganti Baru


Memangnya, ada gitu pihak yang menjamin 180 hari atau 6 bulan jika AC bermasalah ganti baru? Ada! Penawaran menggiurkan ini datang dari AC bermerek GREE. Wow! Tidak semua merek loh yang menjamin hal semacam ini. Selain jaminan 180 hari ganti baru, GREE juga menawarkan benefit lainnya. Tentunya, menguntungkan bagi pelanggan AC merek GREE. 5 tahun garansi perbaikan kompresor, 3 tahun garansi sparepart.

Selain memilih merek AC yang bagus, kita sebagai konsumen tentunya ingin mendapatkan service yang memuaskan juga. Seperti memberi jaminan 180 hari ganti baru atau dengan memberi garansi yang nggak tanggung-tanggung menguntungkannya.

Selain service yang menguntungkan konsumen, AC merek GREE pun memiliki keunggulan yang saya cari-cari. Yaitu, memiliki filter akurasi tinggi. Gree membuat filter standar dengan tingkat akurasi kerapatan hingga 0.3 mm sehingga dapat menyaring partikel kotoran dan debu secara baik, selain itu Gree juga menyediakan 6 DIY Filter yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Dengan filter ini, GREE mampu menyaring Tungau, Filter Antiseptik, Filter Penghilang Bau dengan Nano Fotokatalis, Filter Anti Bakteri penghilang Formali, Filter Alami Anti Bakteri, dan Filter Vitamin C dan Anti Biosida.

Mungkin teman-teman belum benar-benar mengenal Gree – apalagi saya yang awam dalam dunia per-AC-an ini-. GREE adalah perusahaan terbesar di dunia yang khusus memproduksi alat pendingin udara yang menyatukan R&D, Manufaktur, Sales dan Service. Gree sudah berdiri sejak tahun 1991, itu berarti sudah setua saya. Umurnya sudah seperempat abad, wajar jika Gree memiliki potensi tinggi dalam dunia alat pendingin udara. Gree sendiri masuk ke Indonesia pada tahun lalu, yaitu 2015. Produksi AC Gree berada di Tiongkok, China, dan Brazil.

Saya baru saja tertarik membeli AC untuk ruang tengah keluarga, dan sekarang menemukan informasi menarik dari AC Gree. Untuk AC dengan kualitas mendunia, harga AC Gree cukup terjangkau.

Nah, sekarang kita sama-sama tahu ciri-ciri AC yang bagus dan apa merek AC yang bagus. Bagi teman-teman yang memiliki rencana membeli AC baru, tentunya postingan ini membantu sekali.


xoxo,
Wulan K.


5 comments:

  1. Aku termasuk orang yang tidur harus ada pendingin. Entah AC atau kipas angin. Jadi punya pertimbangan nih kalau beli AC baru :)

    ReplyDelete
  2. Beli AC emang harus ada pertimbangannya. Kualitas dan harga tentunya. Apalagi kalo ada sistem sensor otomatis jumlah orang di ruangan.

    ReplyDelete
  3. di rumah saya di bandung gak usah pake AC :D udah dingin banget. kecuali di rumah ibu saya sih di indramayu, nah itu baru pake AC dan udah ganti 3x dong gara-gara gak baca fitur AC gimana. eugh. harusnya baca artikel yang kayak gini dulu baru beli :d

    ReplyDelete
  4. Lagi diskusi sama suami soal pake AC atau nggak di rumah. Suka khawatr listriknya bayarnya naik, hehehe.

    ReplyDelete
  5. Mantap deh mbak Wulan.. bisa jadi rekomendasi untuk beli Ac baru.. coz skrg ada AC yang baru eh baru 3bln udh bocor dan dibilang freonnya harus ditambah..

    ReplyDelete

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^