Dec 7, 2016

Memilih dan Merawat Baju Bayi Secara Cermat dan Tepat



Memilih dan Merawat Baju Bayi Secara Cermat dan TepatRasa gemas memang tidak dapat dihindari, ketika siapapun melihat seorang bayi yang mungil. Tatapan mata yang lugu serta wajah imut yang menawan membuat setiap orang yang melihat seorang bayi, tentunya langsung ingin menggendong dan memeluk mereka. Bahkan tak jarang seorang bayi lebih terlihat menawan dan menggemaskan karena memakai berbagai model baju bayi  lucu  dan aksesoris lucu lainnya. Namun terkadang tak jarang orang tua yang hanya ingin menambah kelucuan dan keimutan pada bayi mereka, justru salah memilih jenis baju bagi bayi mereka dan membuat bayi tidak nyaman. Lalu sebenarnya seperti apa baju yang tepat dan nyaman yang dapat dikenakan oleh seorang bayi?

Pada dasarnya fungsi secara esensial dari sebuah baju bagi bayi adalah melindungi tubuh bayi dari berbagai situasi diluar tubuh bayi seperti udara panas dan dingin. Namun seiring berkembangnya waktu kini baju yang diperuntukkan bagi bayi telah mengalami pertambahan fungsi tidak lagi sebagai pelindung dan pemberi kenyamanan pada tubuh bayi, fungsinya kini juga sebagai penambah keimutan dan kecantikan pada diri seorang bayi.


Berbagai model, desain dan beraneka bahan pembuatan telah banyak diluncurkan oleh produsen baju untuk bayi di pasaran, yang terkadang membuat sebagian orang tua gelap mata untuk membelikan bayi mereka berbagai model baju tersebut, tanpa mereka mengetahui bahwa baju tersebut aman atau tidak bagi bayi mereka. Bagi Anda para orang tua yang ingin membelikan baju bagi bayi kesayangan Anda, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa hal mengenai tingkat keamanan dan kenyamanan baju tersebut bagi bayi Anda.

Berikut beberapa tips dalam memilih baju bayi yang aman dan nyaman, antara lain:

  • Pilihlah baju untuk bayi dengan bahan yang lembut dan mudah menyerap keringat sehingga membuat nyaman bayi Anda. Salah satu bahan yang direkomendasikan sebagai bahan yang aman dan nyaman adalah baju berbahan katun. Hindari pemilihan baju dengan bahan nylon, parasut atau jeans secara pure.

  • Pilihlah baju dengan model yang simpel dan tidak mengganggu pada saat bayi melakukan pergerakan. Jangan hanya karena kesenangan Anda saja, Anda justru menambahkan aksesoris-aksesoris berlebih pada baju yang dapat membuat bayi merasa tidak nyaman.

  • Pilihlah baju dengan kualitas yang tinggi dan jangan mudah terjebak pada diskon-diskon murah namun justru tidak mengutamakan kualitas baju tersebut.

  • Cucilah terlebih dahulu baju yang telah Anda beli tersebut, sebelum mengenakannya pada bayi Anda, agar kesterilan baju tetap terjaga, sehingga bayi Anda dapat terhindar dari segala bakteri dan iritasi yang mungkin terdapat pada baju baru tersebut.

Untuk mencuci baju yang khusus diperuntukkan bagi bayi, ada baiknya Anda menghindari penggunaan deterjen bubuk, karena bahan sabun ini banyak mengandung bahan-bahan kimia yang dapat mengiritasi kulit bayi. Penggunaan deterjen cair lebih disarankan karena bahan ini lebih aman dan tidak banyak mengandung bahan kimia, jika dimungkinkan Anda dapat mencari dan membeli jenis deterjen yang khusus diproduksi dan peruntukan khusus untuk pakaian bayi. Jika memerlukan pewangi pada pakaian bayi, ada baik baiknya Anda memilih jenis pelembut pakaian saja dan hindari penggunaan pewangi pakaian, karena aroma pewangi berasal dari bahan kimia.


Memilih dan merawat baju bayi, memanglah memiliki tingkat kerumitan dan kesulitan tersendiri, namun sebagai orang tua yang menginginkan sesuatu yang terbaik bagi anak mereka, hal tersebut bukanlah sesuatu yang berat untuk dijalani dan dilakukan. Kesehatan, kenyamanan dan keamanan pada diri bayi Kita adalah hal utama yang harus tetap Kita jaga.

6 comments:

  1. Sampai anakku mau 1 tahun,belum ada beli baju....hadiah baju masih banyak^^

    ReplyDelete
  2. Nggak boleh sembarangan memilih kalau untuk anak.

    ReplyDelete
  3. Yang pasti, aku memilih mencuci baju bayi manual daripada sama mesin. Takutnya kurang bersih.

    ReplyDelete
  4. Aku sangat protektif dengan apa yang dipakai baby. Beli bajunya juga nggak sembarangan

    ReplyDelete
  5. Setuju, Mbak. Setelah beli, labih baik dicuci dulu sebelum dikenakan. Nggak menjamin kalau nggak ketempelan debu setelah dipajang di toko

    ReplyDelete
  6. Tambahan perawatan versiku sih. Aku selalu menyetrika pakaian bayi sesaat setelah kering dijemur. :)

    ReplyDelete

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^