Dec 31, 2016

Mengenal Ambar Winarsih, Atlet Lari Asal Salatiga, Jawa Tengah

Ambar Winarsih

Mengenal Ambar Winarsih, Atlet Lari Asal Salatiga, Jawa Tengah
Suatu kebanggaan tersendiri bisa terlibat langsung dalam acara BCA Surabaya Run 11 Desember lalu. Tentunya, saya datang ke acara tersebut sebagai blogger, yang meliput acara tersebut bersama beberapa teman blogger lainnya. Seperti yang sudah pernah saya tulis, mengenai BCA Surabaya Run, sebelumnya. Acara ini berjalan dari jam 4 pagi sampai jam 10 siang. Dalam kesempatan ini pun, saya berhasil mengenal seorang runner asal Salatiga, Ambar Winarsih, yang berhasil melalui garis finish pertama kali dalam kategori 5k.

Ambar Winarsih, perempuan yang saat ini berusia 21 tahun tersebut bukan sembarangan perempuan. Dia memang seorang atlet lari dari Salatiga, Jawa Tengah. Memang pantas kalau dia menjadi juara pertama kategori 5k, mengalahkan teman-temannya yang lain. Eh, tapi jangan salah. Bukan berarti lawan dari Ambar Winarsih ini tidak sepadan, karena dalam acara tersebut banyak komunitas lari yang ikut meramaikan acara.


Ambar sudah datang ke Surabaya pada Sabtu pagi. Ia datang ke Surabaya bersama kakaknya. Ehm, nampaknya keluarga Ambar sangat mendukung passion­-nya ini. Tentunya, dukungan keluarga sangat penting untuk karir Ambar.

Ambar Winarsih, juara lomba lari BCA Surabaya Run kategori 5k

Berikut hasil perbincangan saya dengan Ambar Winarsih, yang saya temui di lokasi acara dan ngobrol berlanjut via LINE.

“Selain lari, saat ini kamu ada kegiatan lain?”

“Saya kerja, Kak. Usaha sendiri.”

Wah, apa nih, kalau boleh tahu?”

“Jualan jus di rumah, Kak.”

“Wah, memang passion-nya lari ya,”kata saya. “Selama ini, kalau ada event lari selalu ikut ya. Kalau misalnya, event-nya di luar Jawa, kamu juga datang?”

“Hehe, iya Kak. Kalau di luar Jawa ada, saya ikut. Apalagi kalau resmi seperti Kejuaraan Nasional, Jatim Open, Babel Open, Porprov dan semoga bisa ikut PON lagi, itu wajib,”jawabnya.

“Jadi, sudah berapa kali juara, nih?”

“Aduh, Kak. Kalau ditanya berapa kali menang, sudah berkali-kali, Kak.”

“Suka lari, dari kapan sih?”

“Dari kelas satu SMP sudah suka lari, Kak.”

“Kamu dapat informasi mengenai event lari di mana sih? Ikut komunitas lari?”

“Dari internet, Kak, atau informasi dari teman. Iya, saya ikut komunitas. Dulu saya ikut Tiger Locomotive sekarang pindah Pandawa.”

“Ada kejadian yang mengesankan nggak selama lomba-lomba yang pernah kamu ikutin?”

“Yang paling mengesankan, waktu Kejuaraan Provinsi. Sebelum Kejurprov, saya mengalami kecelakaan yang mengakibatkan cidera di pergelangan tangan saya. Waktu itu, saya sudah agak pesimis karena keadaan dan waktu latihan pun cukup mepet. Tapi, Alhamdulillah atas izin Allah saya bisa menjadi juara di nomor 800m dalam keadaan seperti itu.”

“Kasih semangat dong, sama adik-adik kamu yang suka lari, tapi belum bisa mencapai keberhasilan seperti kamu.”

“Gapailah apa pun yang engkau impikan walaupun pada akhirnya tak sebegitu sempurna dengan apa yang engkau harapkan. Yang terpenting tetap semangat, latihan teratur, lahap semua program dari pelatihmu dengan ikhlas. Seorang juara sejati tidak dicetak dengan instan. Semua di dunia ini serba mungkin apabila kita mau berjuang dengan sekuat tenaga.”

Dari percakapan saya dengan Ambar Winarsih, kita tahu bahwa perjuangan itu memang tak pernah mudah. Seperti yang dikatakannya, “Seorang juara sejati tidak dicetak dengan instan.” Iya, karena yang instan itu tidak menyehatkan, seperti mie instan, yes.

“...dan selalu menyertakan Allah dalam setiap langkah kita,”tambahnya.


3 comments:

  1. Salatiga memang gudangnya pelari :)

    ReplyDelete
  2. kalimat penutup ambar jleb banget mbak "dan selalu menyertakan Allah dalam langkah kita". Frankly speaking...itu yg seringkali kita lupain ya mbak dalam setiap usaha dan ikhtiar kita dalam bidang apapun. TFS this great article ya mbak :)

    ReplyDelete
  3. Salatiga memang terkenal melahirkan banyak pelari nasional. Kalau dulu jaman saya masih SMP yang terkenal klub lari Dragon. Sebagai orang Salatiga, saya turut bangga dengan prestasi olahraga lari yang diraih Ambar Winarsih.
    Terima kasih mbak Wulan atas liputannya.

    ReplyDelete

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^