Jan 11, 2017

Unduh Film Tengah Malam tapi Internet Habis, Yuk Lakukan Ini

(sumber : dok.flickr-Horace Ko)

Unduh Film Tengah Malam tapi Internet Habis, Yuk Lakukan IniHobi tertentu memang asyik dilakukan di waktu-waktu senggang. Memasak, berbelanja, fotografi ataupun menonton bisa dikerjakan pada saat  sedang bersantai di sela-sela kesibukan. Tapi, tak jarang kita juga membutuhkan waktu ekstra untuk bisa menikmati hobi tersebut.

Menonton di rumah adalah salah satunya. Ya, menikmati serangkaian film luar negeri ternyata membutuhkan usaha ekstra. Kita harus mengunduh film-film tersebut terlebih dahulu, sebelum akhirnya bisa kita nikmati di waktu senggang.

Namun, meskipun kita harus melakukan usaha ekstra, kita ternyata bisa menghemat banyak biaya untuk hobi ini. Tak perlu membayar tiket bioskop dengan harga mahal, kita hanya membutuhkan paket internet untuk unduh film yang hendak kita tonton. 


Film dengan durasi yang panjang, biasanya membutuhkan waktu yang tak singkat untuk mengunduhnya. Dengan paket internet seadanya di modem, tentu kita tidak bisa bebas mengunduh film-film kesukaan. Belum lagi jika internet habis di tengah jalan bahkan saat tengah malam.

Kehabisan paket di tengah malam buta memang bukan hal yang mudah. Kita bahkan akan sulit untuk menemukan penjual pulsa atau paket data yang masih terjaga dari tidurnya. Jika ini terjadi, apa yang harus kita lakukan?

Sebelum kita panik, ada baiknya kita membaca beberapa hal yang bisa kita lakukan saat paket internet kita habis mendadak. Apa saja hal tersebut?

Penambatan (Tethering)

Sebagai anak muda yang hidup di zaman serba canggih, tentu kita tidak asing mendengar istilah ini. Penambatan (tethering) merupakan suatu cara untuk membagikan koneksi internet antara gawai dengan perangkat lainnya.

Koneksi berupa 3G atau 4G bisa kita berikan untuk laptop atau komputer yang kita gunakan untuk mengunduh film. Jika paket internet di modem sudah habis, maka mau tidak mau, kita harus menggunakan cara ini untuk melanjutkan proses unduh.

Jika kita masih memiliki jaringan internet di ponsel, maka proses penambatan bisa berlangsung dengan mudah. Cukup nyalakan fitur portable wifi (wifi pribadi) di ponsel, dan sambungkan internet ke gawai lainnya.

Jika kita tidak memiliki jaringan internet, maka kita masih bisa mengandalkan pulsa di ponselmu. Meskipun tidak memiliki paket data, ponsel tetap bisa mengirimkan koneksi 3G saat proses penambatan.

Satu hal yang kita perlu perhatikan adalah keberadaaan pulsa di ponsel tersebut. Jika tidak ada nominal tersisa, maka jangan berharap proses unduh bisa terselesaikan.


Jangan panik jika kita terpaksa berhenti mengunduh di tengah malam. Kita hanya perlu bertindak lebih kreatif kali ini. Salah satunya dengan melakukan belanja online.

Ya, belilah paket internet secara online. Cara ini akan sangat membantumu mengatasi kebingungan mendapatkan akses internet di tengah malam buta.

Berbagai situs web online sudah menyediakan penjualan ini, tapi tidak semua bisa menjamin keamanan dan kenyamanan berbelanja pulsa secara online. Itulah mengapa, penting bagi kita untuk menggunakan aplikasi yang terbukti aman saat bertransaksi.

Misalnya melalui aplikasi Traveloka. Tak hanya terkenal dengan penjualan tiket dan hotelnya, situs web ini juga memberikan fasilitas baru yang memudahkan kita untuk membeli pulsa di mana pun kita berada.

Dengan Traveloka, pembelian paket internet juga akan semakin mudah untuk kita lakukan. Kita hanya perlu mengisi nomor telepon selularmu pada kolom yang tertera dan membayar sejumlah uang melalui sistem transfer ke rekening yang sudah ditentukan.

Dengan
Traveloka, kita bisa membeli paket data seperti Telkomsel sejumlah yang kita perlukan dari berbagai operator. Dengan demikian, aktivitas mengunduh film tetap bisa kita lanjutkan meski hari sudah larut malam.

Kunjungi Coffee Shop

Cara terakhir yang bisa kita lakukan untuk mengatasi paket data yang habis saat mengunduh film adalah mengunjungi coffee shop (gerai kopi). Kini, coffee shop sudah menjamur sedemikian rupa, dan kita bisa memanfaatkan fasilitas wifi gratis di sana.

Ya, hentikan proses mengunduh sekarang juga dan tidurlah! Bawalah laptop kita ke coffee shop terdekat keesokan hari dan gunakan wifi gratis di tempat tersebut.

Anda hanya perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp 35.000-, hingga Rp 100.000-, untuk bisa menggunakan fasilitas ini. Belilah secangkir kopi hangat dan nikmati proses unduh di layar laptop.

Coffee shop tidak akan membatasi waktu kita untuk berada di sana.  Kita bahkan bisa berlama-lama ada di tempat ini, hingga puas menyimpan seluruh film yang kita inginkan.

Itulah tiga cara yang bisa kita lakukan jika mendapati jaringan internet yang mati mendadak. Proses unduh film tetap bisa kita lakukan dengan menggunakan tiga cara tersebut di atas.

Jadi, yang mana pilihanmu?

6 comments:

  1. kalau di sini, masih kurang coffe shop nya, kecuali dalam mall -_-
    jadi belum ada tempat buat ngunduh yang mengassyikan mbak

    ReplyDelete
  2. wahhhh. cara ke tiga itu boleh dicoba, masih jarang yang nyoba kayanya hehehhehe

    ReplyDelete
  3. Alamak, kalau di tempatku, habisnya kuota sama dengan BYE. Kudu tunggu keesokan harinya.

    ReplyDelete
  4. Hihihihi, zaman sekarang warkop ada wifinya. :D

    ReplyDelete
  5. Dan ini adalah hal yang sering terjadi. :o

    ReplyDelete
  6. Yang bikin kesel sih kalo kuotanya abis pas download udah 90%.
    Dan tiga pilihan di atas lagi nggak tersedia.
    Bisa galau sampe pagi.

    ReplyDelete

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^