Jun 15, 2017

Lakukan Gargle Secara Rutin, Sebagai Langkah Awal Menjaga Kesehatan

Lakukan Gargle Secara Rutin, Sebagai Langkah Awal Menjaga KesehatanMenulis dalam keadaan kurang sehat adalah hal yang tidak menyenangkan. Jangankan ketika sedang sakit, ngeblog saat mengantuk saja sudah bikin mood menulis saya turun drastis. Akibatnya tulisan yang dihasilkan tidak maksimal. Sebagai seorang freelancer yang irama kerjanya tak beraturan. Deadline yang datang beruntun tak jarang membuat saya harus bergadang. Mau tidak mau, saya harus menjaga stamina tubuh supaya tidak sakit.

Tenggorokan adalah salah satu organ tubuh yang sering kita abaikan perawatannya. Padahal dalam tenggorokan ada tonsil yang juga berfungsi menjaga imunitas tubuh. Ketika flu melanda barulah kita mulai memperhatikan dan berusaha keras untuk menyembuhkan sakit tenggorakan. Andaikan kita sedikit peduli, kita bisa melakukan pencegahan dini sehingga tidak perlu merasakan sakit tenggorokan. Tahu sendiri, kan. Gimana tidak enaknya sakit tenggorokan ketika flu. Jangankan untuk makan nasi, minum putih aja sudah terasa sakit.

Untuk mencegah sakit tenggorokan atau sakit flu, ada hal sederhana yang bisa kita lakukan. Kita bisa menjaga kesehatan dengan melakukan gargle secara rutin. Hal yang seringkali kita abaikan, justru bisa berdampak besar bagi tubuh. 

Apa itu Gargle?

Jangan salah sangka, berkumur dan gargle itu berbeda, meskipun perbedaannya sangat tipis. Berbeda dengan berkumur biasa yang hanya kita lakukan di rongga mulut, gargle dilakukan sampai ke tenggorokan. Cara melakukan gargle yang benar akan saya bahas di bawah.

Berkumur dengan obat kumur memang baik untuk menjaga kebersihan mulut dan kesegaran napas, tetapi dengan ber-gargle yang disertai oleh obat kumur yang mengandung antiseptik merupakan langkah awal untuk menjaga kesehatan kita. Karena semua berawal dari tenggorokan, yang selalu kita gunakan untuk menelan segala macam makanan. Bisa dibayangkan, kan? Bagaimana virus-virus tertinggal di tenggorokan, sedangkan kita hanya berkumur biasa, lebih-lebih hanya berkumur ketika sikat gigi saja. Saya banget, nih. Berkumur hanya empat kali sehari. Bangun pagi, siang hari, sore dan sebelum tidur.

85% penyebab sakit tenggorokan adalah adanya virus yang bersarang di tenggorokan bagian atas. Melakukan gargle dengan obat kumur yang mengandung Povidone Iodine  secara rutin, dapat mengurangi pergerakan bakteri, virus, dan jamur dari mulut ke dalam saluran pernapasan hingga ke paru. Langkah kecil, namun banyak penyakit yang bisa sembuh dengan melakukan gargle.


Gargle menggunakan obat kumur yang mengandung  Povidone Iodine lebih disarankan dibandingkan berkumur biasa. Selain untuk langkah awal untuk sakit tenggorokkan, kandungan Povidone Iodine  pun dapat mengurangi timbulnya infeksi pernapasan akut, sariawan,  dan penyakit yang ditularkan dari air liur lainnya. Teman-teman saya, ternyata sudah banyak yang menerapkan gargle dalam kehidupan sehari-hari, maupun ketika sakit.

Saya sempat bertanya kepada Mbak Tikha, kawan saya, mengenai gargle. Dia langsung menyahut, ternyata selama ini, dia sudah terbiasa melakukan gargle dengan obat kumur yang mengandung Povidone Iodine ketika dia batuk maupun pilek. Mbak Tikha bilang, dengan cara itu sakit tenggorokan karena batuk maupun pilek bisa cepat sembuh. Hmmm, saya telat banget mengetahui informasi ini. Padahal, saya sering mengalami serak, yang muncul tiba-tiba. Mungkin ketika tubuh saya kurang fit, atau justru memang mau terserang flu.

Saya termasuk orang-orang yang suka melewatkan hal-hal sederhana semacam gargle ini. Kalau mau rajin dan sedikit meluangkan waktu untuk gargle, kegiatan ngeblog saya tidak akan terganggu dengan tenggorokan terasa serak ataupun flu.

Bagaimana cara Gargle yang benar?

Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam melakukan gargle atau berkumur sampai tenggorokan. Sebelum itu, saya berikan cara melakukan gargle yang benar dan tepat. 


1 | Tuangkan obat kumur yang mengandung Povidone Iodine  ke dalam gelas sesuai takaran, kemudian masukkan ke dalam mulut dan berkumurlah di rongga mulut sampai ke tenggorokan (bukan berkumur biasa). Usahakan berkumur secara merata sehingga seluruh bagian rongga mulut terkena obat kumur. Hal ini dilakukan, agar gargle berfungsi secara sempurna. Agar seluruh bagian mulut dan rongga mulut bersih dari virus yang menempel. Oh ya, meskipun biasanya obat kumur yang kita beli sudah menyertakan gelas sendiri, alangkah baiknya kita menggunakan gelas kita sendiri agar kita tahu benar-benar bersih dan bebas bakteri.

2 | Dongakkan kepala ke belakang sekitar 45 derajat, buka mulut, dan keluarkan napas melalui mulut. Lakukan kurang lebih selama 30 detik. Usahakan agar katup kecil di bagian belakang tenggorokan tertutup agar tidak ada cairan berkumur yang tidak sengaja tertelan. Mungkin awalnya akan terasa sedikit susah dan takut tertelan, tetapi lama-lama akan terbiasa.

3 | Buang cairan berkumur. Ini penting, jangan sampai tertelan ya, karena ini khusus obat luar saja, bukan sirup-xoxo.


Lakukan gargle secara rutin, apabila sedang flu atau sakit tenggorokan  bisa melakukan gargle dapat dilakukan secara rutin 3-5 kali sehari. Seperti yang dikatakan teman saya, melakukan gargle ketika flu sangat membantu untuk meringankan sakit tenggorokan dan batuk. Melakukan gargle, tidak sekadar berkumur biasa maupun yang kebanyakan orang berkumur dengan air garam dan air hangat. Pakailah obat kumur yang mengandung antiseptik seperti Povidone Iodine. Saya berkata berulang-ulang, karena ini sangat penting untuk diperhatikan.

Yuk, Kawan, biasakan gargle secara rutin. Tahu sendiri, orang Indonesia suka makan gorengan dan seringkali membuat tenggorokan serak dan gatal, kan? Melakukan gargle bisa membuat kita nyaman makan gorengan, juga – xoxo. Melakukan gargle merupakan langkah awal untuk menjaga kesehatan kita.

Kalau teman-teman sendiri bagaimana, apa sudah ada yang melakukan gargle? Cerita di komentar ya!

Informasi lebih lanjut mengenai Gargle dan informasi menarik lainnya bisa dilihat di

18 comments:

  1. Aku kalau sakit tenggorokan suka melakukan gargle karena ngefek banget

    ReplyDelete
  2. Iya, sama, klo mulai tenggorokan skt, kata org jawa pancingen itu tanda mo flu, aq lgsg gargle.. hbs itu malah gjd flu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku telat banget tau infonya mbak :( hiks.

      Delete
  3. Hahaha aku malah panik kalau kelamaan gargling mba.. Parno ketelen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan ditelen mbak, bukan siruuup hahaha XD

      Delete
  4. Sama, kalau sakit tenggorokan aku juga suka langsung gargle

    ReplyDelete
  5. Aku baru tau namanya gargle, padahal selama ini udah ngelakuin walau ga rutun sih. Makasih infonya Wulan.

    ReplyDelete
  6. Baru tau istilah gargle 😁😁

    ReplyDelete
  7. Owalah itu to maksudnya gargle.
    Kapan hari aku batuk sama tmn disuruh kumur sama air garam tapi di tenggorokan, aku kok ra iso ya apalagi pas puasa gini aku takut batal, jd ditahan2 pas abis buka kumurnya
    Jd itu namanya gargle jg kali yg dimaksud tmnku

    ReplyDelete
  8. Aku kok baru mudheng soal gargle yahhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah ya, Mbak, baca postingan saya, xixixi

      Delete
  9. Hoooo..aku baru paham kalau berkumur sampai tenggorokan itu namanya gargle... dan baru tau juga kalau kesehatan tenggorokan itu penting banget..makasih yach sharenya..muach

    ReplyDelete

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^