Oct 25, 2017

Teliti Sebelum Membeli atau Menyewa Apartemen



Teliti Sebelum Membeli atau Menyewa Apartemen Mengingat dahulu, apabila mengiklankan sesuatu kebanyakan menyebarkan melalui selebaran-selebaran di tepi jalan (sekarang pun masih ada) atau ketika mencari seseorang, kita akan melihat selebaran yang ditempel di tembok-tembok atau pada tiang listrik. Karena kebanyakan iklan semacam itu, kita sebagai pencari iklan pun akan melongok ke kanan dan ke kiri, kali saja menemukan iklan yang diinginkan. Padahal iklan semacam itu belum tentu terpercaya dan benar adanya.

Untungnya, zaman semakin maju. Begitu pula pemikiran setiap orang semakin berkembang, selajan dengan perkembangan tekhnologi. Banyak hal yang bisa diubah menjadi sesuatu yang lebih efisien dan lebih mudah dipergunakan. Kita sebagai makhluk yang harus terus belajar untuk mengimbangi perkembangan tersebut.


Adanya situs-situs yang menyediakan informasi mengenai iklan sesuatu, bukan berarti situs tersebut terjamin aman dan terpercaya. Tak jarang banyak situs abal-abal yang memberikan informasi menyesatkan atau bertujuan untuk penipuan. Kita harus jeli dan jelas dalam mencari informasi maupun dalam memilih situs. Terlebih lagi bagi kita yang ingin mencari informasi mengenai properti atau hunian. Iklan mengenai hunian sangat rawan, meskipun kita mencarinya secara langsung atau via offline. Sama seperti teman saya yang kapan lalu, terkena penipuan.

Ceritanya, dia membeli perumahan, dia sudah memberikan uang muka sekian juta. Namun, pada akhirnya perumahan tersebut tidak diteruskan pembangunannya sampai entah kapan. Kabar dari si penerima uang muka pun tak kunjung ada. Maka dari itu, kita harus benar-benar waspada dalam memilih, terlebih lagi apabila kita akan membeli hunian di luar kota.

Pertama yang harus kita lihat dalam sebuah situs, terpercaya atau tidak (berlaku untuk semua situs jasa) adalah dari domain yang dipakainya. Jangan percaya dengan situs yang memakai domain gratis. Logikanya, mereka membangun sebuah branding dan usaha, tentunya bentuk dari usaha tersebut adalah mau mengeluarkan dana. Masa iya, memakai domain gratisan?

Kedua lihat dari konten mereka, apakah memang benar adanya atau hanya karangan belaka. Lihat juga nomor kontak yang dicantumkan, apakah bisa dihubungi atau tidak.

Ketiga apakah ada testimoni dari pemakai jasa mereka. Bagaimana testimoni tersebut, positif atau negatif.

Memilih hunian memang susah-susah gampang, tetapi bukan berarti kita harus takut ketika memilih. Seperti yang saya ungkapkan di atas, harus lebih mawas dalam memilih.

Beberapa situs online untuk hunian seperti apartemen, bisa mencoba dua situs di bawah ini. Bisa dijadikan pilihan mau mencari apartemen disewakan atau apartemen dijual.

1 | www.sewa-apartemen.net

2 |  www.jual-apartemen.com

Dalam kedua situs tersebut, terdapat informasi mengenai apartemen yang dijual maupun apartemen yang disewakan. Teman-teman bisa memilih sesuka hati, sesuai budget dan lokasi apartemen yang ada tentunya.

Selain konten yang jelas, untuk mengiklankan di situs tersebut berbayar. Hal inilah yang mendasari terpercayanya kedua situs tersebut. Pada situs lain, untuk memasang iklan itu gratis (tidak berbayar), makanya banyak kemungkinan situs tersebut kurang terpercaya karena orang yang berniat untuk menipu tak perlu mengeluarkan dana, sehingga dengan mudah memasang iklan yang bertujuan untuk menipu.


Semoga bermanfaat.

3 comments:

  1. Pasti enak ya tinggal di apartemen? Ringkas gitu kelihatannya. :D

    ReplyDelete
  2. Sekarang emang kudu lebih hati2. :D Biar nggak ketipu.

    ReplyDelete
  3. Semakin berkembangnya zaman memang penipuan semakin canggih lagi ya mba. Makanya kita juga harus selalu upgrade informasi biar nggak mudah ketipu XD

    ReplyDelete

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^