Wulan Kenanga

Lifestyle Blogger, Penulis Melankolis,

31 Jan 2018

Semakin Trendi Memakai Batik Serat Budoyo


Semakin Trendi Memakai Batik Serat Budoyo - Selain dikenal dengan Bali-nya, sopan santunnya, Indonesia pun dikenal dengan batik-nya. Hampir di setiap daerah di Indonesia memiliki kain batiknya sendiri. Setiap daerah memiliki ciri khas masing-masing dari batik yang mereka buat. Beranekaragam, sesuai dengan penduduk Indonesia yang bermacam-macam.
Dalam setiap goresan di atas kain, selalu ada cerita di sana. Setiap batik di tiap daerah pun memiliki ceritanya masing-masing, memiliki maknanya sendiri. Beruntung, pada Jum’at, 26 Januari 2018 kemarin saya bisa ikut menyaksikan fashion show batik Serat Budoyo di One Icon Residences, Tunjungan Plaza, Surabaya.


Acara yang bertajuk Indonesian Heritage berlangsung dengan meriah. Sajian berupa batik Serat Budoyo terpajang rapi pada sisi-sisi ruangan dengan dua perempuan yang memegang canting pada tangan kanan dan kain putih bersih pada tangan kiri mereka. Tak hanya pajangan batik Serat Budoyo saja, pun ada aksesoris dari Alkhair dan Kalyana.


Pergelaran busana berlangsung selama dua jam, diselingi dengan makan siang dan cemilan berupa jajanan pasar. Ada dua penampilan batik yang diperagakan oleh model-model yang berlenggak-lenggok di ruangan dengan penuh kebanggan. Pertama kombinasi kebaya untuk atasan dan bawahan batik. Model lainnya adalah kombinasi kain tenun dan brokat menjadi satu bagian. Terlihat begitu trendi dan menyenangkan untuk dipandang.




Selain peragaan busana, dalam acara ini kita pun bisa ikut mencoba membuat batik. Iya, kita bisa mencoba memegang canting, mencelupkannya ke pewarna dan menggoreskannya ke atas kain putih yang sudah disediakan. Tak usah takut-takut untuk mengekspresikan karya, deh.



Pencetus batik Serat Budoyo ini merupakan jurnalis salah satu televisi di negeri ini adalah Herma Prabayanti  yang berkeinginan mempopulerkan batik.

Memang ya, jaman sekarang batik tak hanya untuk kaum tua saja, pun anak muda sudah mulai menyukai batik!


3 komentar:

  1. Batik zaman sekarang semakin trendy yah, apalagi modelnya kekinian.

    BalasHapus
  2. Batiknya cantik-cantik nih, kalau mau pakai nggak cuma arcara resmi saja ya sekarang. Batik casual juga banyak.

    BalasHapus
  3. Semuanyaaaa keren-kereeeen, batiknya, mutiaranya, tasnya :)

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^