Wulan Kenanga

Lifestyle Blogger, Penulis Melankolis,

15 Mei 2018

Skincare Routine Untuk Perawatan Sederhana Kulit Wajah Kombinasi : Berminyak dan Kering



Skincare Routine Untuk Perawatan Sederhana Kulit Wajah Kombinasi : Berminyak dan Kering - Skincare routine, tentu teman-teman memiliki skincare routine masing-masing, yang memang harus sesuai individu masing-masing. Yah, karena tidak semua skincare cocok untuk saya, akan cocok untuk teman-teman. Tapi, saya ingin membagikan mengenai skincare routine saya di blog ini. Mengingat, di blog ini ada label beauty dan seingat saya, saya tak pernah menulis mengenai skincare routine yang saya gunakan setiap hari, maka saya akan menulisnya sekarang.

Menulis mengenai skincare routine di blog ini, bukan sekadar untuk berbagi kepada kalian, namun pun karena saya ingin mengabadikan skincare routine saya di usia 25+. Yah, siapa tahu di usia sekian saya akan mengganti skincare routine saya atau akan tetap seperti sekarang.

Oke, mungkin ini skincare routine yang sederhana dan tidak sebanyak beauty blogger atau beauty vlogger di luar sana, tetapi saya merasa sudah cukup bagus dengan skincare routine saya saat ini. Sebelumnya saya akan memaparkan kondisi kulit wajah saya terlebih dahulu, sebelum masuk ke rangkaian skincare saya gunakan kurang lebih dua bulan ini.


Kulit Kombinasi

Yah, saya termasuk memiliki kulit wajah kombinasi. Sungguh, sulit sekali menghadapi kulit wajah dengan tipe kombinasi ini. Jadi, area T pada wajah berminyak, dengan pori-pori sedikit besar. Mulai dari dagu, hidung dan sekitarnya, dan dahi. Pada area pipi, kulit cenderung kering. Namun, meskipun pada bagian pipi kulit kering, bagian tersebut tak lepas dari yang namanya jerawat. Begitu pula dengan area T, meskipun kulit cenderung berminyak, tapi tetap kering dan terkelupas ketika sedang kering-keringnya.

Mumet? Banget. Apalagi usai saya mengikuti seminar mengenai hiperandrogen, saya langsung takut mengidap kelainan tersebut.

Dan dengan kulit wajah saya seperti ini, saya selalu always mendapatkan jerawat satu dua biji dan membekas. Pernah sampai ketika saya mulai berhijab dan wajah saya terekspose seluruhnya, saya melihat wajah saya penuh dengan bekas jerawat.

Alhamdulillah, dua bulan terakhir wajah saya membaik dan bekas jerawat berangsung hilang. Dan yang paling utama, jerawat saya sudah jarang muncul meskipun saya sedang datang bulan.

Oke, jadi selama dua bulan terakhir skincare  yang saya gunakan adalah...

Pembersih Wajah

Banyak yang berkata, bahwa membersihkan wajah tak cukup hanya sekali, harus dua tahap. Terutama untuk kita yang memiliki kulit berminyak dan kombinasi. Petuah ini tak hanya saya dapatkan dari youtube, melainkan pun saya dapatkan dari dokter kulit langsung, melalui seminar yang sering saya datangi.

Maka, saya menggunakan dua pembersih wajah di bawah ini:

Viva Milk Cleanser

Viva Milk Cleanser merupakan merek lokal yang mudah saya temukan di toko-toko. Bahkan, produk ini sudah saya kenal sejak kecil, karena ibu memakainya. Saya memakai varian green tea, yang bagus untuk kulit kombinasi, berminyak dan kering. Sayangnya, varian ini tak di semua toko ada, terkadang justru mini market yang tersebar tidak ada varian ini. Cobalah ke toko kosmetik di daerahmu, biasanya justru ada.

Menurut dokter salah satu klinik, dengan memakai susu pembersih sebelum membersihkan wajah dengan sabun di malam hari, akan melunturkan kosmetik dan kotoran yang ada di wajah. Disarankan memang hanya dipakai ketika malam hari sebelum membersihkan wajah dengan sabun wajah, sebelum tidur, tetapi saya menggunakannya pun di pagi, siang, sore hari.

Saya membeli viva milk cleanser di toko sebelah desa saya, dengan harga 5 ribu.

Sabun JF Sulfur

Ketika mengikuti seminar, kalau untuk kulit kombinasi pilihlah sabun untuk kulit normal. Nah, karena saya sudah memakai milk cleanser varian greentea yang untuk kulit normal dan berjerawat, untuk sabun wajah saya memakai JF Sulfur Acne Care. Saya rasa, karena sabun inilah yang membantu mengatasi masalah jerawat di wajah. Sabun yang saya pakai ini memiliki peran besar, begitu pula dengan masker yang saya gunakan (saya bahas di bawah). Kenapa saya mengambil kesimpulan demikian? Karena milk cleanser, krim malam yang saya bahas di postingan ini, sudah pernah saya pakai sebelumnya. Dan JF Sulfur Acne Care baru kali ini saya pakai.
Teman-teman bisa membeli sabun ini di Indomaret, AlfaMart, atau mini market lainnya. Harganya berkisar 15-16 ribu.

Toner

Viva Face Tonic

Tentu, kalau ada Viva Milk Cleanser, maka pasangannya adalah Viva Face Tonic. Nah, untuk toner saya memakai ini dengan varian yang sama dengan Viva Milk Cleanser. Saya pergunakan ketika usai mandi, usai pakai masker. Intinya, toner ini untuk mengembalikan pH kulit setelah terkena sabun atau masker. Seringnya, selain usai mandi saya juga pakai ketika wajah saya butuh kesegaran.

Sama dengan Viva Milk Cleanser, harga Viva Face Tonic 5 ribu saja.

Proteksi dari Matahari

Hal ini juga penting untuk digarisbawahi, perlindungan dari sinar matahari tak hanya ketika kita keluar rumah, di dalam rumah atau dalam ruangan pun harus memakai perlindungan ekstra. Tak hanya satu dua yang mengatakannya, melainkan berkali-kali saya mendengar hal ini. Bahkan, beberapa jam sekali harus ditambah perlindungannya. Sebelumnya, saya memakai skinaqua untuk sunblocknya. Tapi, karena saya sedang tidak punya uang dan ingin lebih berhemat, saya memakai Emina Sun Protection.

Skin Aqua memiliki tekstur cair dan berwarna putih. Sebenarnya ini bagus, karena memiliki sifat waterbase, yang langsung menyerap ketika di aplikasikan ke wajah. Harganya berkisar 50 ribu, bisa dibeli di toko kosmetik dan toko online. Review lengkap mengenai Skin Aqua bisa cek di sini.

Saat ini, saya masih memakai Emina Sun Protection, saran dari teman. Harganya relatif murah, yaitu 20 ribuan. Teksturnya lebih enak Skin Aqua sih, tapi ini cukup bagus untuk perlindungan wajah. Kemasannya berupa tube dan sudah dua bulan pakai, belum habis. Nanti saya akan review lengkap mengenai Emina Sun Protection di blog ini.

Krim Malam

Oke, krim malam yang saya pakai tidak semua ada di kota kalian atau justru hanya ada di Surabaya. Sebenarnya, saya sudah pakai sejak tahun lalu. Saya membelinya di salah satu klinik kecantikan di Surabaya, yaitu Hayyu Syar’i. Saya hanya membeli krim malam saja, tanpa krim siang, toner, pembersih wajah dan lainnya. Salah satu teman saya bertanya, apa hasilnya maksimal? Tentu kalau yang teman-teman inginkan kulit glowing sampai lalat terpeleset, jelas tidak seperti itu. Tujuan utama saya memakai krim malam dari Hayyu Syar’i ini adalah agar wajah saya lebih cerah dan bekas jerawat memudar.

Berhasil? Awalnya, tidak.

Awal pertama memakainya, pada bulan pertama wajah saya memang cerah, tapi bekas jerawat masih di mana-mana bahkan jerawat baru terus bermunculan serta bekasnya terus ada di wajah. Waktu itu, saya memakai krim siang dan malam. Sampai akhirnya, pada pembelian kedua saya berhenti atau bisa dikatakan tidak beli lagi karena belum ada uang untuk beli. Selain itu, karena hasilnya tidak oke (bekas jerawat masih ada).

Nah, kemarin ini saya bertekad untuk merawat wajah saya kembali, jadi dua bulan lalu saya membeli krim malam Hayyu Syar’i lagi. Kenapa tidak coba krim lain? Pertama, ketika memakai krim dari Hayyu Syar’i pori-pori wajah lebih mengecil dan kulit halus. Kedua, karena ini klinik muslimah dan saya percaya tidak mengandung bahan berbahaya.

Jadi, kalau ditanya kenapa wajah saya cerah dan bersih? Jawabannya, dari krim malam Hayyu Syar’i.
Harga dari krim malam Hayyu Syar’i 80 ribu, bisa dipakai untuk satu bulan lebih.

Penunjang

Saya tidak tahu harus memberikan poin ini istilah apa, jadi saya kasih judul “penunjang” saja. Jadi, pada poin ini saya memiliki dua hal yang saya lakukan selain perawatan di atas. Kalau perawatan di atas, saya pergunakan setiap hari sedangkan yang ini saya pergunakan jarang dan minimal satu bulan sekali.

Masker Wajah

Sebenarnya ini bisa disebut masker atau tidak, karena pada kemasannya bertuliskan bedak dingin. Sebut saja masker wajah ya, haha. Jadi, ini merupakan bedak dingin berastagi yang awalnya saya beli di Kalimantan, titip teman. Awalnya, saya memakai masker tersebut itu hasilnya kering, sampai kulit wajah mengelupas sangking keringnya. Ini sebelum saya pakai krim malam dari Hayyu Syar’i (ketika krim habis dan belum beli).



Banyak yang menyarankan ketika memakai bedak dingin ini, harus dicampur dengan susu beruang BearBrand biar tidak kering. Tapi, saya rasa kok sayang banget pakai susu. Akhirnya, saya mencoba pakai air mawar punya Viva. Alhamdulillah, sudah tak kering lagi usai memakai masker ini. Saya kurang tahu karena air mawarnya atau karena ada krim malam Hayyu Syar’i.
Jadi, kenapa saya merekomendasikan bedak dingin berastagi astagina? Karena bisa membuat jerawat pada wajah kering. Sehingga, setiap kali saya mendapati jerawat pada wajah, saya memakai masker ini dan keesokan harinya jerawat saya kempes/kering.

Saya membeli masker ini seharga 5 ribu dan apabila teman-teman berminat bisa pesan lewat saya. Review lengkap bisa dicek di sini.

Scrub

Selama 28 hari sekali, kulit wajah akan berganti kulit, seperti ular. Tapi, kulit wajah mengelupasnya itu sedikit, hampir tak terlihat. Terkadang justru tidak benar-benar terkelupas dan akhirnya menetap di wajah sebagai kulit mati. Sel kulit mati inilah yang akan menyumbat pori-pori, membuat kulit wajah kusam, berjerawat dan menghalangi terbentuknya sel kulit baru. Untuk itu, selama 28 sekali atau sebulan sekali saya menscrub wajah saya dengan scrub.

Saya sendiri memakai scrub st Ives Apricot, yang saya beli di Tokopedia dengan harga berkisar 60 ribu ukuran kecil. Sudah lama saya pakai, sudah hampir satu tahun dan sudah hampir habis. Jadi cara penggunaannya, bersihkan wajah, keringkan baru scrub dengan halus di wajah. Lalu, bilas hingga bersih dan dinginkan dengan masker wajah.

Sebenarnya, teman-teman bisa memakai scrub apa pun dengan merek apa pun. Karena fungsinya akan sama saja, yaitu melunturkan sisa-sisa sel kulit mati. Teman-teman pun bisa membuatnya sendiri di rumah, dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan.


Agustus 2017 saya sudah pakai krim malam Hayyu Syar'i
Nah, segitu saja apa yang bisa saya bagikan mengenai skincare routine yang saya gunakan dua bulan ini. Kalau dihitung-hitung, satu bulan tak sampai 200 ribu, kan? Insya Allah sudah murah meria dan hasilnya lumayan bagus.

Semoga bermanfaat!

15 komentar:

  1. Huhuhu ini bermanfaat sekali. Aku juga bertekad untuk rajin merawat wajah. Jadi kuncinya kayaknya istiqomah ya.

    BalasHapus
  2. Wow amazing perubahannya ya. Selamat akhirnya terbebas dari bekas jerawat. Btw,ditunggu review emina nya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siip, nanti kalau sudah beli baru tak nulis reviewnya.

      Hapus
  3. Mbak wulaaan, makasih untuk postingannya. Aku juga mulai mikir tentang skin care setelah ada black spot di pipiku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ke mana-mana harus pakai suncreen mbak

      Hapus
  4. Aku pakai Viva udah nggak cocok mba, dulu awal SMP pake viva milk + toner cucumber cocok banget. Mungkin mukanya udah terkontaminasi sama polusi, bahan kimia kali yak hahaha

    St.Ives Apricot aku juga pake mba, enak banget bikin muka jadi kenyal hehe

    BalasHapus
  5. Wih jadi putih merona seputih kulit wanita korea. Xixixi

    https://rifalnurkholiq.blogspot.co.id/2018/05/ketemu-sama-kenalan-baru-yang.html?m=1

    BalasHapus
  6. Viva green tea dulu pernah pake waktu muka jerawatan parah. Emang cucmey. Jadi kangen pengen pake lagi :D

    BalasHapus
  7. Cleanser ama tonic aku jg msh pake viva. Krn memang bersih kok hasilnya di muka. Tp utk prpduk lainnya, pakai yg lain. Intinya sih, harus rutin ya mba. Jgn sering2 jg gantik skin care. Kalobudh cocok, ya udahlah, setia itu aja :p. Aku kapok kalo ganti2 gitu. Dulu pernah malah breakout parah

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak. Kalau udah cocok, tinggal setia aja. haha

      Hapus
  8. Wah bersih ya wajahnya mbak sekarang... pasti seneng dong punya wajah bersih dan mulus :D
    Kayaknya saya juga tipe wajah kombinasi karena ada bagian kulit yang kering dan ada yag berminyak, bahkan di sudut bibir saya sampai kering banget.
    Saya juga dulu pakai viva face cleanser dan tonic yang varian lemon. Tapi sekarang ganti Pond's hehehe.... Saya juga mau coba sunblock Emina, mbak beli di toko mana tuh? Saya males ah beli online.

    BalasHapus
  9. Wah makasi kak postingannya. Bermanfaat sekali. Aku sedang berusaha menghabiskan produk2 skinkerku nih. Uwakeh mergo keracunan yutub hahah. Tapi beberapa cocok beberapa ora. Sing murah2 roto2 cocok. Koyoke wajahku emang murahan hahahaha

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^