Wulan Kenanga

Lifestyle Blogger, Penulis Melankolis,

12 Jul 2018

Cara Mengatasi Gambar Postingan Tidak Muncul Ketika Share di Facebook



Cara Mengatasi Gambar Postingan Tidak Muncul Ketika Share di FacebookTeman-teman bloger pasti sering mengalami hal ini; usai posting di blog, membagikannya di facebook dan cuplikan gambar pada postingan tidak muncul atau tidak sesuai keinginan. Saya sering mengalami hal tersebut, terutama ketika membagikan artikel dan foto yang saya kehendaki tidak muncul. Awalnya, saya mengira hal tersebut karena sudah terlanjur mengunggah foto pertama pada blog, sehingga ketika diganti dengan foto lain, hanya foto pertama yang muncul. Ternyata, ada cara untuk mengganti cuplikan gambar atau foto pada artikel ketika dibagikan ke media sosial.

Saya tidak paham betul, istilah-istilah penyebab terjadinya hal tersebut. Yang jelas, untuk mengganti foto pada cuplikan blog, tak semudah yang dibayangkan; ganti foto lama dengan yang baru atau menghapus via HTLM. Saya pernah melakukan keduanya, sayangnya tidak selalu berhasil. Persentase keberhasilannya 9 berbandi 1 xoxo.

Jadi sebetulkan pada facebook sendiri menyediakan caranya, agar gambar cuplikan pada saat kita membagikan di facebook terbaca atau sesuai dengan keinginan kita. Nah, begini caranya mengganti cuplikan atau gambar pada saat membagikan ke facebook.


1 | Mengganti foto/gambar cuplikan artikel  sesuai keinginan


Terkadang, saya memasukkan foto sementara untuk blog dan menggantinya di kemudian hari. Memang pada artikel gambar cuplikan sudah berganti dengan yang baru, namun ketika dibagikan di media sosial akan muncul berbeda. Nah, untuk menggantinya pertama diganti pada artikelnya terlebih dahulu. Baru lakukan poin nomor 2 di bawah ini.

2 | Memperbarui informasi



Karena sudah mengganti foto lama dengan yang baru, facebook memerlukan informasi baru mengenai hal ini. Tak serta merta langsung berganti dengan sendirinya. Maka, silakan memasukkan artikel yang fotonya baru. Klik link berikut https://developers.facebook.com/tools/debug/og/object/ kemudian masukkan link artikel pada kolom yang ada dan klik ambil informasi pengurangan yang baru.

Nah, bisa dilihat di sini, keterangannya bahwa apabila artikel ini dibagikan ke facebook masih menggunakan foto lama, padahal saya sudah mengganti foto artikel dengan foto yang baru.

3 | Tampilkan informasi pengurangan yang ada

Usai melakukan langkah di atas, teman-teman silakan copy paste link artikel pada kolom, seperti sebelumnya kemudian klik tombol tampilkan informasi pengurangan yang ada.

Apabila sudah mencoba langkah di atas, untuk mengeceknya bisa melihat informasi di bawah. Akan muncul foto terbaru dari artikel tersebut sekarang, yang berarti sudah berhasil. Untuk lebih meyakinkan, silakan bagikan ulang link artikel yang ada di facebook.

Seperti itulah cara memunculkan gambar atau foto cuplikan di facebook. Semoga bermanfaat.


7 komentar:

  1. Wah baru tau, terimaksih infonya mbak

    BalasHapus
  2. Saya juga pernah kayak gitu mbak

    BalasHapus
  3. Oalah saya kira memang nggak bisa diganti

    BalasHapus
  4. Baru tau kalau ada cara mengubah tampilan fotonya gitu

    BalasHapus
  5. Wah bisa di coba nih supaya gak bingung

    BalasHapus
  6. Biasanya saya biarkan saja, tapi boleh juga di coba

    BalasHapus
  7. oo iya, biasanya kek gitu. muncul yang pertama dipost, padahal yang dipost duluan biasanya direvisi. thanks infonya, lan.

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^