Jul 4, 2018

Bangga dan Dukung Bersama Indonesia Menjadi Tuan Rumah Asian Games 2018



Bangga dan Dukung Bersama Indonesia Menjadi Tuan Rumah Asian Games 2018 - Asian Games 2018 akan diselenggarakan mulai tanggal 18 Agustus 2018 di Jakarta Palembang. Iya, Indonesia menjadi tuan rumah untuk Asian Games 2018. Terus terang, mengetahui informasi ini membuat saya bersemangat untuk menyambut datangnya Asian Games dan tentunya saya tidak sabar untuk menonton cabang olahraga (cabor) favorit.

Dulu, ketika saya masih belia, dan ada Asian Games saya menonton cabor bowling bersama Bapak dari layar kaca televisi. Saya masih ingat betul bagaimana perasaan ketika melihat atlet bowling menggelindingkan bola bowling dan menabrak pin. Saya ikut deg-degan apakah pin-pin tersebut akan roboh semua ataukah hanya beberapa. Asli, seru banget!

Ajang bergengsi yang diadakan empat tahun sekali ini tentunya ditunggu-tunggu oleh banyak orang, terutama untuk orang Indonesia karena Asian Games 2018 akan diadakan di Jakarta dan Palembang. Untuk informasi saja, ini kedua kalinya Indonesia menjadi tuan rumah untuk Asian Games. Sebelumnya, Indonesia pernah menjadi tuan rumah Asian Games pada tahun 1962 di Jakarta.

Akan ada sekitar 40 cabang olahraga yang akan ada pada Asian Games 2018, tentunya bowling masuk diantaranya. Saya sendiri memfavoritkan cabor bowling lantaran “kenangan” menonton bersama bapak ketika kecil, mungkin nanti saya akan menontonnya lagi bersama bapak. Asik!

Menurut informasi cabang olahraga bowling akan diadakan di Palembang, Indonesia nantinya. Sharon Adelina Liman Santoso merupakan salah satu peserta Asian Games dari cabang olahraga bowling Indonesia. Yeah, dia bersama tim bowling perempuan Indonesia sudah bersemangat dalam menyambut Asian Games dengan berlatih terus.

Tak hanya cabang olahraga bowling saja yang saya tunggu-tunggu, pun olahraga lainnya saya nantikan! Tenis meja, bulutangkis, panahan, dan masih banyak lagi cabang olahraga yang saya nantikan dan berharap bisa menonton semuanya.

Sejarah

Sedikit kilas balik mengenai Asian Games ini, pertama kali diadakan di Delhi, India, 4-11 Maret 1951. Diikuti 491 atlet dari 11 Komite Olimpiade Nasional (NOC) yakni Afghanistan, Burma, Ceylon/Srilangka, India, Indonesia, Iran, Jepang, Nepal, Filipina, Singapura, dan Thailand. Asian Games pertama ini secara resmi dibuka Presiden Rajendra Prasa di Stadion Nasional Dhyan Chand, dengan memperebutkan 169 medali emas dan mempertandingkan enam cabang olahraga: atletik, akuatik (renang, loncat indah, dan polo air), bola basket, balap sepeda (jalan raya dan trek), sepak bola , dan angkat besi.

Seperti yang saya sebutkan, sebelumnya Indonesia pun pernah menjadi tuan rumah Asian Games pada tahun 1962, pada saat itu merupakan Asian Games yang ke-4. Tahun 1962, tercatat sebagai Asian Games pertama bagi Indonesia sebagai kota tuan rumah. Ajang yang berlangsung 24 Agustus-4 September itu dibuka secara resmi oleh Presiden Soekarno di Stadion Gelora Bung Karno. Diikuti 1.460 atlet yang mewakili 17 NOC Asia, multi event ini menampilkan 13 cabang olahraga; atletik, akuatik (renang, loncat indah, dan polo air), bola basket, tinju, balap sepeda (jalan raya dan trek), hoki, sepak bola, menembak, tenis meja, tenis, bola voli, dan gulat. Asian Games 1962 ini menyediakan 372 medali emas. (sumber: https://asiangames2018.id/about/history)

Logo dan Maskot Asian Games 2018

Sebenarnya saya tidak ingin menulis mengenai Logo serta Maskot Asian Games 2018 ini, tetapi melihat maskotnya yang unyu abiss membuat saya tertarik untuk menyertakan pula ke dalam artikel ini.

BHIN BHIN



Bhin Bhin adalah seekor burung Cendrawasih (Paradisaea Apoda) yang merepresentasikan strategi. Bhin Bhin mengenakan rompi dengan motif Asmat dari Papua.

ATUNG



Atung adalah seekor rusa Bawean (Hyelaphus Kuhlii) yang merepresentasikan kecepatan. Atung mengenakan sarung dengan motif tumpal dari Jakarta.

KAKA

Kaka adalah seekor badak bercula satu (Rhinoceros Sondaicus) yang merepresentasikan kekuatan. Kaka mengenakan pakaian tradisional dengan motif bunga khas Palembang.

Dukung Bersama Asian Games 2018

Dengan menjadi tuan rumah untuk kedua kalinya, kita sebagai Warga Negara Indonesia sudah sepatutnya turut menyemarakkan Asian Games 2018 ini. Tentunya, dengan adanya pesta olahraga terbesar di Asia ini akan memberikan dampak positif bagi negeri tercinta kita, Indonesia.

Apa saja sih yang bisa kita lakukan untuk terus mendukung Asian Games 2018?

1 | Ikut mempromosikan kepada teman, sanak saudara, orang-orang sekitar mengenai Asian Games 2018. Agar orang-orang di sekitar kita, sama-sama tahu bahwa Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018.

2 | Membeli maskot Asian Games 2018, menjadi salah satu bentuk mendukung adanya pesta olahraga Asian Games 2018.

3 | Membantu warga ketika Asian Games 2018 berlangsung untuk menjaga tata tertib lalu lintas dan untuk menaikkan perekonomian.

4 | Memberikan komentar positif dan semangat positif untuk atlet-atlet Asian Games 2018 terutama atlet dari negeri kita tercinta, Indonesia.

5 | Tonton secara langsung Asian Games 2018!

Untuk bisa mengetahui lebih lanjut mengenai Asian Games 2018, teman-teman bisa mengeceknya melalui website resmi Asian Games 2018 https://asiangames2018.id/


#dukungbersama #asiangames2018 #kolaborasia

4 comments:

  1. dukung banget asian games ini, mau nonton panahan dan sepak bola . ke jakarta apa palembang kita kak

    ReplyDelete
  2. Bangga sekali Indonesia bisa kembali menjadi tuan rumah Asian Games 2018, dan bahagianya saya bisa menjadi saksi sejarah

    ReplyDelete
  3. Gak sabar nunggu pembukaan Asian Games nih pasti meriah bgt

    ReplyDelete
  4. Aku bangga banget, Indonesia terpilih menjadi tuan rumah Asian Games untuk yang kedua kalinya

    ReplyDelete

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^