Wulan Kenanga

Lifestyle Blogger, Penulis Melankolis,

12 Sep 2018

Belanja Online Lebih Enak di Online Shop atau Marketplace?



Belanja Online Lebih Enak di Online Shop atau Marketplace?Saat ini, banyak pengguna ponsel pintar, karena aksesnya yang luas dan mempermudah kita dalam banyak hal. Mencari resep masakan, memesan makanan, bergurau dengan kawan, bahkan berbelanja pun bisa melalui ponsel pintar. Zaman sekarang, siapa sih yang tak suka berbelanja online? Hampir kita semua yang mengenal internet dan cara menggunakannya, pernah mencoba berbelanja online.

Tak perlu jauh-jauh mengambil contoh; lihat diri sendiri, adik saya yang masih duduk di kelas tiga SMP waktu itu juga pernah berbelanja online, kakak saya bahkan membeli ayam via internet. Betapa dunia benar-benar maju pesat, betapa internet mempengaruhi kehidupan kita, terutama kehidupan freelancer seperti saya.

Saya sendiri pernah berjualan online, menjadi pembeli juga hampir setiap minggu. Apabila dulu bertanya-tenya di mana belanja online yang terpercaya, sekarang pertanyaan beralih, lebih enak belanja di toko online atau marketplace?

Dahulu, banyak toko online bertebaran, entah toko online itu berupa website, fanpage, facebook dan sekarang instagram. Dari sekian banyak toko online tersebut, membuat saya bertanya-tanya, dulu sama sekarang saya lebih suka belanja di toko-toko online tersebut atau di marketplace?

Jadi, sekarang mari diskusikan hal ini.

Perbedaan Online Shop dan Marketplace apa, kak?


Pada dasarnya sama saja, sama-sama tempat untuk berbelanja online. Perbedaannya terdapat pada platform yang mereka miliki. Toko online atau online shop itu berdiri sendiri, tidak tergabung dalam wadah tertentu. Seperti berjualan secara personal di toko online via facebook, intagram atau via website milik sendiri. Sedangkan marketplace merupakan wadah dari toko-toko online itu sendiri, seperti Blibli.com dan beberapa marketplace lainnya.


Lebih terpercaya mana Online Shop atau Marketplace?


Mengenai kepercayaan ini berbelanja di online shop ataupun marketplace pun tak menjamin toko tersebut terpercaya. Pastinya akan ada satu dua pelanggan yang tak sesuai dengan produk yang mereka terima, maklum saja kita hanya melihat gambar dan membaca deskripsi. Kepercayaan sebuah toko online pun, bisa dilihat dari berapa banyak mereka menjual barang, testimoni dari pelanggan. Namun, lagi-lagi itu bukan acuan utama. Bisa saja, itu diakali.

Kalau kita berbicara kemungkinan, baru bisa membandingkan keduanya; antara online shop dan marketplace ini. Berbeda dengan toko online yang kita langsung transfer ke rekening pribadi atau rekening toko yang bersangkutan, marketplace memakai rekening bersama atau biasa disebut rekber. Pada poin inilah yang memberikan kepercayaan lebih pada pelanggan, apakah toko online tersebut terpercaya atau tidaknya. Karena kita sebagai pelanggan akan merasa lebih “aman” apabila ada pihak ketiga yang menengahi untuk ini.


Kelengkapan Barang


Jelas, di marketplace kelengkapan barangnya lebih lengkap, lebih bervariasi. Berbeda dengan toko online, yang tentunya hanya menjual satu dua jenis keperluan saja. Misalnya, hanya menjual buku-buku, menjual elektronik atau hanya menjual perlengkapan fotografi. Di marketplace hampir semua ada, meskipun berbeda toko. Selain itu, kita bisa membandingkan harga dan barang dari satu toko dan toko lainnya.

Marketplace sering menghadirkan promo


Tentunya, sering mendengar mengai iklan sebuah marketplace yang menghadirkan promo. Promo pada bulan Agustus, bertepatan dengan ulang tahun Indonesia, promo ketika Hari Raya Idul Fitri, Promo ketika Hari Natal dan Tahun Baru dan promo-promo lainnya. Selain itu, tak jarang ada diskon berapa persen serta cashback dari marketplace. Promo-promo ini sering kita jumpai pada marketplace, sedangkan pada toko online sangat jarang sekali dijumpai.


Mengenai respon seller, lebih tanggap mana?


Soal ini, marketplace banyak kalahnya. Beberapa seller di marketplace untuk merespon chat pembeli cukup lama, namun tak jarang marketplace yang memiliki customer seller sendiri memiliki respon yang cepat, seperti Blibli. Tak seperti marketplace toko online, terutama toko online yang langsung personal akan cepat merespon pembeli karena mereka melakukan komunikasi lewat nomor pribadi. Saya sendiri berpengalaman dalam hal ini.

Pembayaran


Di toko online, tak banyak yang menyediakan pilihan pembayaran dan sistem konfirmasi pembayaran masih manual. Sedangkan pada marketplace sudah memiliki sistem lebih canggih dengan memberikan kemudahan dalam transfer dana, dengan memberikan beberapa pilihan pembayaran serta konfirmasi pembayaran lebih mudah pula.

Sebenarnya, berbelanja di marketplace atau online shop memiliki plus minus masing-masing, meskipun keduanya tak menyurutkan kemungkinan penjual tidak amanah dan tidak mengurangi seratus persen barang yang kita beli sesuai keinginan. Jadi, balik lagi, kembali ke diri masing-masing bagaimana kita bisa memilih dan mempercayakan uang kita pada salah satu penjual di internet.

Saya pribadi, lebih sering berbelanja via marketplace daripada online shop. Salah satu alasannya, adalah pembayaran yang lebih mudah. Yah, karena selain membeli barang mencari harga yang terjangkau, ah, lebih murah daripada di tempat lain. Saya juga berpikir, mengenai ongkir dan serta ketika transfer kita mengeluarkan dana lebih untuk administrasi yang berbeda bank tidak?

Baiklah, semoga postingan ini mencerahkan kita semua mengenai pilihan hidup berbelanja online ya!


pic taken from: pinterest.com


1 komentar:

  1. Hmmm... Ada Online Shop, ada Market Place. Jd.id, zalora, hijup, itu masuk market place atau online shop ka?

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^