Wulan Kenanga

Lifestyle Blogger, Penulis Melankolis,

4 Okt 2018

Merencanakan Keuangan Masa Depan dengan Reksa Dana



Merencanakan Keuangan Masa Depan dengan Reksa DanaMemiliki khayalan tingkat tinggi itu boleh, yang tak boleh itu adalah kita hanya mengkhayal tanpa berusaha mewujudkannya. Khayalan harus diimbangi dengan realitis, agar tidak sekadar menjadi wacana tanpa terlaksana.

Berbicara mengenai impian, berhubungan erat dengan masa depan. Apa yang sudah kita rencanakan untuk masa depan? Impian-impian tahun-tahun sebelumnya, sudah tercapai? Tak ada yang kita ketahui mengenai masa depan, tetapi kita bisa melakukan sesuatu untuk mempersiapkan hari esok, untuk masa depan. Lagi-lagi, tomorrow is today.

Sebelum ini, saya pernah menulis mengenai Lebih Baik Mana? Menabung atauInvestasi?. Sekarang, saya tidak akan jauh-jauh membahas mengenai hal ini. Pada dasarnya, menabung atau investasi itu memiliki tujuan yang sama, yaitu menyiapkan bekal masa depan, selama kita hidup. Kalau bekal untuk akhirat sih, perbanyak ibadah. Nah, bekal untuk masa depan adalah dengan menabung, menabung dan menabung.


Sayangnya, kita memiliki "sesuatu" yang sedikit demi sedikit menggerogoti tabungan kita dan satu lagi masalah yaitu inflasi. Setiap tahunnya, ada penurunan nilai mata uang, yang menyebabkan harga-harga bahan pokok serba naik.

Contohnya nih, dulu ketika duduk di Sekolah Dasar, uang saku saya hanya 300 rupiah. Itu kelas satu SD. Uang segitu sudah cukup untuk membeli camilan dan mainan. Anak SD zaman sekarang? Jelas jauh dari itu. Bukan karena orangtua mereka memberikan uang saku lebih, melainkan camilan sekarang mana bisa dibeli dengan uang 300 rupiah.

Oke, mungkin itu terlalu jauh perbandingannya. Saya SD tahun berapa, sekarang tahun berapa. Hehe. Kita tengok 1-2 tahun ke belakang deh, ada harga makanan atau camilan kesukaan yang naik 500-1000 rupiah? Pasti ada. Jelas ini karena inflasi juga naik.

Ketika kopdar investarian bersama Reksa Dana Manulife kemarin, kami diberitahu bahwa kenaikan inflasi sebesar 3,2% lebih mahal dari tahun kemarin. Kita tidak merasakan kenaikan inflasi ini, karena kenaikannya kecil, namun pasti. Hehe.

Apa impian kamu beberapa tahun ke depan?

Tentunya, kita semua memiliki impian untuk beberapa tahun ke depan. Menikah bagi yang masih lajang, plesiran, memiliki rumah sendiri atau menunaikan ibadah ke tanah suci bagi yang muslim. Kita sah-sah saja memiliki impian semacam itu, akan tetapi seperti yang saya utarakan di atas, jangan sampai impian tinggalah impian.

Impian tanpa usaha sama dengan kosong

Saya menuliskan kutipan tersebut pada Tugas Akhir saya ketika wisuda beberapa tahun silam. Sampai sekarang, menurut saya kutipan tersebut masih relevan untuk digunakan. Usaha bukan sekadar bekerja, melainkan pun bertanggung jawab atas keuangan sendiri.

Kamu pilih mana, Menabung atau Investasi?

Menabung atau investasi sama-sama menyimpan uang, perbedaannya apabila kita menabung uang yang akan kita miliki tetap, cenderung berkurang apabila kita membiarkannya saja. Sedangkan investasi Reksa Dana, uang yang kita miliki akan tumbuh. Sehingga, bisa mengimbangi pertumbuhan inflasi.

Berinvestasi dengan baik dan disiplin, mampu memberikan kendaraan yang bagus pula untuk hari esok. Hati-hati juga ya buat kamu, kalau berinvestasi, takutnya bertemu dengan investasi abal-abal alias investasi bodong. Pilih investasi yang jelas dan tidak mengada-ada hasilnya.

Reksa Dana adalah program investasi yang menggabungkan modal dari banyak investor, dan berinvestasi pada beragam instrumen, serta dikelola secara profesional oleh perusahaan pengelola aset (Manajer Investasi).

Apa saja yang harus kamu ketahui mengenai Reksa Dana Manulife?

Kenalan dahulu dengan Reksa Dana ya. Sebelumnya sudah saya singgung dan tuliskan pada postingan sebelum ini. Ini loh, yang harus kamu ketahui mengenai reksa dana.

Fleksibel

Memilih reksa dana itu fleksibel, karena kita diberikan banyak pilihan investasi.

Likuid

Bisa dicairkan kapan saja loh. Tak ada jangka waktu, jadi kalau tiba-tiba ingin dana cepat, bisa dicairkan.

Aman

Seperti ketika menabung di bank, reksa dana juga aman karena terdaftar dan diawasi OJK.

Bebas Pajak

Hasil investasi tidak dipotong pajang.

Terjangkau

Tak usah menunggu memiliki dana yang melimpah, karena investasi mulai hanya dengan duit 10 ribu saja.
Macam-Macam Reksa Dana

Reksa Dana Manulife memiliki banyak pilihan, sehingga kita bisa menentukan akan menaruh investasi di mana.

Reksa Dana Pasar Uang

Seluruhnya instrumen pasar uang. Potensi hasil & fluktuasi cenderung stabil.

Reksa Dana Pendapatan Tetap

Minimal 80% obligasi. Potensi hasil & fluktuasi rendah.

Reksa Dana Campuran

Porsi obligasi dan saham lebih imbang. Potensi hasil & fluktuasi sedang.

Reksa Dana Saham

Minimal 80% saham. Potensi hasil & fluktuasi tinggi.

Kamu sudah merencanakan “biaya” kehidupan beberapa tahun mendatang?

Ketika Kopdar Investarian Surabaya yang kedua kemarin, kami diajak ikutan berhitung mengenai rencana biaya beberapa tahun ke depan. Memperkirakan kita butuh berapa sih, untuk biaya hidup beberapa tahun ke depan.

Nah, itu contoh perencanaan keuangan saya untuk jangka waktu mendatang. Kalau kamu seperti apa?


1 komentar:

  1. Kalau dipikir pikir, Reksadana ini ternyata lebih menguntungkan za dibandingkan dengan tabungan.

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^