Mencicipi Homemade Kimchi dan Makanan Khas Drama Korea



Mencicipi Homemade Kimchi dan Makanan Khas Drama Korea

Mencicipi Homemade Kimchi dan Makanan Khas Drama Korea  - Sudah sekian lama saya ingin mencicipi bagaimana rasa masakan-masakan Korea, yang sering saya lihat di drama Korea. Iya, bukan? Kalian yang suka nonton drama Korea pun, pasti dibuat ngiler, dengan adegan tokoh utama makan ramen dengan lahap, tak lupa ditambahkan kimchi. 

Saya pernah rela mengeluarkan uang sekitar 40ribu, demi semangkuk Jajangmyeon atau ramen kedelai hitam di Royal Plaza Surabaya, karena begitu penasaran dengan rasa ramen tersebut. Ketika menonton drama Korea dan melihat salah satu tokoh utama memakan Jajangmyeon dengan penuh selera, saya menjadi penasaran. Dan, ketika ada Kimchi Go di Royal Plaza, saya pun membelinya.
Lalu, bagaimana rasanya?


Hambar ~

Hehe.

Saya terbiasa dengan rasa gurih, manis, dan asam, tetapi saya tidak terbiasa dengan rasa yang hambar dan aneh. Menurut saya, rasa jajangmyeon yang pernah saya cicipi, tidak seenak kelihatannya. Sontak, saya merasa sayang sekali membeli semangkuk ramen kedelai hitam seharga 40ribu. 

Beberapa makanan Korea yang pernah saya coba adalah tteokbokki, Odeng dan Kimchi. 

Tteokbokki pernah saya cicipi ketika ke Semarang di Warung Semawis, rasanya enak, saya suka dan tidak membuat saya menyesal. Dan Odeng, saya membelinya di tempat yang sama dan ini merupakan panganan Korea paling saya sukai. Bahkan, saya ingin nambah, tetapi karena harganya cukup menguras kantong saya urungkan. Hehe.

Rasa Odeng ini gurih, ada rasa ikannya, kuahnya pun nikmat. Bisalah masuk ke lidah Jawa saya. 

Nah, untuk kimchi, saya baru merasakannya kemarin.

Selain ramen kedelai hitam, tteokbokki, dan Odeng, kimchi merupakan salah satu panganan Korea yang ingin saya coba. Kebetulan, kemarin saya mendapatkan pekerjaan motret Kimchi dari seorang teman dan ketika foto-foto kimchi saya posting, banyak yang bertanya,”Enak nggak, Wul? Bagaimana rasanya?”

Bagaimana Rasa Kimchi Korea?
Mencicipi Homemade Kimchi dan Makanan Khas Drama Korea

Saya tidak bisa bilang rasa kimchi yang saya makan enak dan tidak enak, karena ini soal rasa, yang beda frekuensi mana paham? #eh ~

Jadi, ini merupakan pertama kalinya saya mencoba kimchi dan kebetulan kimchi yang saya makan merupakan kimchi olahan dari tangan orang Indonesia sendiri, sehingga mungkin rasa kimchi yang saya cicipi sudah lebih bersahabat dengan lidah orang Indonesia. Mungkin nih ya, rasa kimchi orang Korea asli tidak seperti ini, tetapi saya akan tetap mengatakan secara jujur di sini. Yah, saya tidak dibayar Mbak Diyah untuk memuji kimchi-nya kok, hehe.

Ada beberapa bahan dasar kimchi, yaitu sawi putih, lobak, daun bawang, dll. Kimchi yang saya terima merupakan kimchi sawi putih dan campuran sayuran lainnya, seperti wortel yang dipotong berbentuk korek api. 

Kimchi sawi putih dibiarkan utuh, hanya dipotong menjadi dua, warnanya sedikit merah karena memang dicampur dengan bubuk cabe. 
Mencicipi Homemade Kimchi dan Makanan Khas Drama Korea

Lalu, bagaimana rasanya? Asam.

Saya berkata kepada teman saya, “Mbak, ini kimchinya dibiarin lama nggak apa-apa?”saya tanya begitu karena saya berencana memotretnya seminggu lagi, saya sedang sibuk-sibuknya saat itu dengan event dan pekerjaan nulis – Alhamdulillah. Jadi, saya jelas belum sempat memotret. 

“Nggak apa-apa,”jawab Mbak Diyah,”paling tambah kecuuut.”

Nah, kimchi memang merupakan makanan “basi” alias makanan yang difermentasi untuk menghasilkan rasa asam. Maka, jelas rasa kimchi adalah asam seperti jeruk nipis, kalau menurut lidah saya.
Mencicipi Homemade Kimchi dan Makanan Khas Drama Korea

Tak hanya asam, ada rasa pedas dari bubuk cabe dan jahe yang terasa. Sehingga, memakan ini menghasilkan rasa hangat jahe, pedas dan asam. Jangan lupakan rasa kriuk dari sawi putihnya. Paling pas memang dimakan dengan ramen, jangan coba-coba digadoin kalau kalian tidak suka rasa asam.
Begitulah gambaran dari rasa kimchi yang diberikan oleh teman saya. Saya tidak tahu ya, bagaimana rasa kimchi asli Korea sono. Saya pikir, rasa kimchi yang dibuat oleh teman saya ini sudah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia, sehingga bisa masuk ke cita rasa kita. 
Mencicipi Homemade Kimchi dan Makanan Khas Drama Korea


Kalau teman-teman ingin merasakan kimchi buatan teman saya, bisa kepoin instagram saya ya. Maaf, tidak saya kasih di sini, karena memang nggak dibayar, hahaha. 

NB: kalau kalian punya usaha online shop, makanan atau produk, bisa kok minta dipotretin ke saya. Murah saja, sama-sama merintis kita. Hasil foto saya? Bisa cek foto di atas dan IG @bittersweetflavor dan @nona.kenanga

Tidak ada komentar:

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^

Diberdayakan oleh Blogger.