[BARU] Kontjo Lawas Coffee and Eatery Mojokerto





Paling seru kalau ngafe bersama konco lawas di Kontjo Lawas, Mojokerto. Kontjo Lawas merupakan cafe yang baru saja launching di Mojokerto. Kebetulan, kemarin ketika awal-awal buka, saya diajakin sama admin kulineran.mjk untuk datang ke sana. Tentu saja, datang ke sana untuk incap incip makanan dan minuman yang disediakan.

Kontjo Lawas mengusung tema kafe bukan sekadar tempat nongkrong sembari ngeteh cantik, yang diperuntukkan kawula muda. Namun, kafe ini juga menyediakan makanan berat yang dimasak oleh koki handal. 

Katakanlah biasanya saya dan kamu menemukan kafe dengan berbagai macam variasi kopi dan makanannya berupa kentang krispi, bawang krispi, roti bakar, dan makanan ringan lainnya. Di Kontjo Lawas saya menemukan makanan berat berupa nasi goreng, iga bakar, dan salad buah. Enak ~

Jadi, seperti apa rasanya makanan berat yang saya jumpai serta kopi yang kami pesan? Mari yuk, baca ulasan saya di sini.

Disclaimer: review murni pribadi tanpa ada unsur tambahan maupun endorse.


Tempat



Sebelum saya membahas makanan dan minuman yang ada di Kontjo Lawas, mari membahas tempatnya atau bangunan kafe ini. Soalnya sayang sekali kalau tidak dibahas, karena tempatnya instagramable yang mengusung tema “lawas” atau kuno. Sayangnya, saya tidak bisa ikutan OOTD di sini karena waktu itu kafe sedang kondisi penuh sesak. Biuh ~


Kebetulan ketika kami ke sana, tempat itu sedang ada sekumpulan orang-orang yang sedang mengadakan acara ulang tahun. Jadi wajar apabila tempat yang hanya memiliki satu lantai itu penuh. Karena ini pula, saya tidak bisa bebas mengeksplore. 


Pertama kali membuka pintu – yang agak berat -, saya disambut mbak-mbak kasir dan mas-mas di kasir “Selamat datang Kontjo Lawas!”dengan serempak. Mbak-mbak dan Mas-mas Indomaret kalah.
Kasir berada di sisi kanan pintu, disusul dengan dapur yang dibiarkan terlihat dengan jendela tanpa daun jendela. Pada sisi lain, tentu saja ruangan memanjang tempat pelanggan duduk. 


Pada dinding panjang di ruangan tersembut, sepeda “lawas” ala kakek saya terpampang di dinding. Sepeda yang di rumah saya dibiarkan berdebu, di sini dijadikan dekorasi ruangan yang apik. Paling membuat saya terkesan adalah lampu-lampu pada kafe tersebut; remang, kekuningan meskipun ketika saya datang matahari tengah begitu terik. Lampu-lampu tersebut berjajar rapi di seluruh lorong.


Di sisi jendela kaca, yang berdampingan dengan pintu ada kursi-kursi panjang yang menghiasinya.
Sudah saya bilang, dekorasinya cukup membuat feed instagram kamu kece, kan?

Makanan dan Minuman


Setelah mengagumi dekorasi ruangan, sekarang mari merasakan masakan dari koki Kontjo Lawas. Jadi, saya akan menulis review dari minumannya dulu ya. 

Minuman

Caramel Macchiato (Harga 17K)

Apabila coffee latte merupakan kopi yang dikasih susu, caramel macchiato adalah kebalikannya alias susu yang dikasih “noda” kopi. Untuk itu, minuman ini terlihat putih dengan layer kopi yang menodainya. 

Kami memesan Caramel Macchiato di Kontjo Lawas. Kamu bisa memesan minuman ini dalam kondisi panas ataupun dingin alias pakai es. Sebelum ini, saya pernah menikmati caramel macchiato dari Nescafe Dolce Gusto yang pernah saya bahas di blog sebelah. Meskipun caramel macchiato itu susu yang dikasih kopi, Nescafe Dolce Gusto Caramel Macchiatomasih terasa sekali kopinya. 

Caramel Macchiato punya Kontjo Lawas, buat saya rasa kopinya kurang menggigit. Bukan karena dominan susu sehingga tak kurang “greget”, melainkan memang benar-benar perpaduannya kurang pas. 

Sebagai catatan, kami meminumnya tidak memakai gula. 

KL Mango Sprakling (harga 17,5K)

Minuman soda ini memakai sirup mangga dengan tambahan nata decoco dan lemon. Rasanya segar, manis dan rasa sodanya terasa. Terlihat dengan adanya buih-buih yang bergejolak dari bawah ke atas. 

Ice Chocolate (harga 17K)



Es cokelat yang dipadukan dengan susu. Dari penampilannya, terlihat benar-benar menggoda. Untuk rasanya, lumayan enak, meskipun cokelatnya kurang menggigit.

Makanan


Nasi Goreng Telur Asin  (25,5K)



Tidak seperti nasi goreng kang-kang tepi jalan, nasi goreng telur asin Kontjo Lawas berbeda. Yah, dari namanya saja sudah jelas kalau nasi goreng ini menggunakan telur asin, alih-alih telur biasa. Bukan pada telur ceplok yang kamu lihat pada foto, melainkan telur asinnya sudah tercampur di nasi goreng. Amis? Tidak sama sekali.

Selain telur asin, kamu akan mendapatkan suwiran ayam di nasi goreng ini.

 

Grill Beef Ribs With Sambal Dabu (harga 45K)

Iga bakar dengan sambal dabu ini juara. Dari penampakannya sudah jelas ini enak, iga bakar gitu lho. Meskipun ini daging iga, tetapi dagingnya benar-benar tebal dan banyak. Dagingnya empuk dan berlemak. Iya, penuh dengan lemak yang menempel makanya dia begitu berminyak. Justru, karena ini terasa benar-benar nikmat, bukan?

Memang, kalau kamu tidak suka makanan berlemak iga bakar ini sama sekali tidak perlu kamu pesan. Saya takut gemuk, tetapi kalau makan iga bakar dengan daging supertebal saya tidak menolak. Hehe.
Sayangnya, sambal dabu yang diberikan sekadar hiasan belaka, karena porsinya sangat sedikit “nangkring” di atasnya saja. 


Grill Beef Ribs With Sambal Dabu ini ditemani sambal kecap dan satu porsi nasi putih. 

Rice Bowl Sapi Lada Hitam (21,5K)

Saya mendapatkan satu porsi nasi dengan potongan daging sapi di atasnya. Daging sapinya dimasak dengan lada hitam, terasa pedas, namun tidak terlalu. Lada hitamnya cukup terasa, namun bumbunya kurang banyak untuk ukuran nasinya. 

Daging sapi lada hitam terasa empuk, kenyal, dan tidak alot. Untuk dagingnya juara sih yah, sama seperti iga bakar tadi. 

Tropicana Fruit Salad With Honey Mustrad Dressing (harga 23K)

Baiklah, biar nggak merasa bersalah banget, kami memesan salad buah. Mohon maaf,apabila penyebutannya salad buah saja, karena namanya panjang banget, hehe. Salad buah di sini merupakan potongan dari beberapa macam buah-buahan; apel, semangka, melon dan straberry. Seperti namanya, salad buah ini diberi mayones. 

Review ini seperti yang saya katakan tadi merupakan murni dari pribadi saya, tentu saja lidah orang berbeda-beda. Untuk itu, kamu harus mencobanya sendiri ya, Konco Lawas!

Lokasi Kontjo Lawas

Jl. Empunala 276, Mojokerto 

Tidak ada komentar:

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^

Diberdayakan oleh Blogger.