Hotel Murah Dekat Tugu Yogyakarta; Hotel Airy Poncowinatan




Berlibur berdua dengan adik ke Yogyakarta, sudah menjadi agenda saya tahun lalu. Saya sempat menjanjikan kepadanya untuk jalan-jalan ke Jogja berdua, ketika dia liburan. Sebelum adik liburan semester, sayapun mengajaknya untuk ke Jogja. Setelah mendapat persetujuan kedua orang tua, saya pun memesan tiket ke Jogja pulang-pergi, beserta hotel untuk dua malam.

Saya mengajak Arum untuk jalan-jalan, bukan karena saya sedang kebanyakan duit, tetapi karena Arum memang sedang liburan. Semacam menepati omongan dan memang saya ingin ke Jogja.

Hotel Airy Poncowinatan menjadi pilihan saya, ketika memikirkan berulang kali, membaca testimoni dari yang pernah menginap di Google Review, dll. Akhirnya, saya pun memesan satu kamar untuk dua malam di Jogja. Tentu saja, saya mencari hotel murah di tengah kota Jogja.





Nearby

Hotel ini dekat dengan Tugu Yogyakarta, bisa ditempuh dengan jalan kaki. Tentunya, untuk ke Malioboro pun bisa ditempuh dengan cara serupa. Sekitar 2,2km dari hotel untuk mencapai titik nol Yogyakarta atau sekitar 15 sampai 20 menit perjalanan jalan kaki. 

Itu artinya, hotel ini juga dekat dengan Stasiun Yogyakarta atau Stasiun Tugu. Namun, kami turun di Stasiun Lempuyangan, itu berarti sekitar 2km. 25 menit ditempuh dengan jalan kaki dan 9 menit ditempuh dengan kendaraan bermotor, kalau tidak macet. Sejauh ini, kemacetan hanya terlihat di Jl. Malioboro saja sih.

Dan yang paling penting, hotel ini dekat sekali dengan pasar. Bahkan di depan hotel sudah pasar, hehe. Jadi, jalanan di depan hotel terkadang sedikit becek dan tentu saja ramai. Namun, bukan masalah besar untuk kami. 

Untuk masalah kuliner dekat hotel, tak usah ditanyakan lagi ya, karena banyak bertebaran angkringan di Jogja. Dekat Tugu juga banyak sekali angkringan yang menjual nasi kucing dan sate usus. 

Hotel Airy Poncowinatan ini berada di tengah kota, sehingga akses ke mana-mana mudah. Saya sukanya karena ke mana-mana bisa saya tempuh dengan berjalan kaki, mau siang ataupun malam. 

Kamar


Fasilitas kamar Airy sudah memiliki SOP dari sananya, saya membacanya di aplikasi Airy. Saya sudah sering memesan hotel lewat Airy, tentu karena harganya yang terjangkau dan sering ada promo. Sudah harganya terjangkau, ada promo lagi. 

Kami memesan kamar dengan doble bed, ada juga pilihan yang twins, namun saya tidak mau tidur terpisah dengan adik. Di dalam kamar ada tempat tidur, televisi, dua nakas kanan dan kiri, dua colokan sisi ranjang, lampu tidur kanan kiri, televisi, kabinet, kaca, nakas tempat sepatu dan tentu saja pendingin ruangan. 

Oh ya, apabila kamu memesan hotel lewat Airy akan selalu mendapatkan snack dan air mineral.

Kamar Mandi


Di dalam kamar mandi ada dua handuk, dua paket perlengkapan mandi Airy – sabun, sampo, sisir, sikat gigi dan pasta gigi, keran air panas dan dingin, kaca, wastafel dan tentu saja wc duduk. Untuk air panasnya oke-oke saja buat saya, tidak ada masalah berarti. Hanya saja, tempat tissunya terlalu di bawah dan dekat keran air mancur, sehingga setiap kali mandi akan terkena air dan membuat tisu basah. 

Untuk ukuran kamar mandi sangat kecil, sampai-sampai ketika pintu dibuka mengenai wc duduk. Dan lagi, wc duduknya terlalu tinggi, sehingga kaki tidak terlalu nyaman tergantung lama. 

Kebersihan

Seperti halnya komentar atau review pada Google Review, kebersihan hotel ini masuk dalam kata lumayan bersih. Banyak kabinet yang masih berdebu, lampu tidur yang terlihat kusam, dan terutama pada kamar mandi yang saya rasa kurang bersih. Menurut saya, kebersihan kamar mandi harus diutamakan. Soal debu pada kabinet, saya bisa membersihkan sendiri dengan tisu. Mungkin, teman-teman yang akan menginap di sini, bisa meminta pihak hotel membersihkan dahulu kamar yang akan kita gunakan. 

Hal yang paling terasa ketika memasukki kamar pertama kali adalah aroma kurang enak. Semacam bau apak atau apa ya? Hehe. 


Di hotel ini disediakan mushola, namun saya dan arum memilih sholat di dalam kamar saja. Alhamdulillah, masih ada ruang untu sholat. Berbeda saat saya menginap di hotel Airy Semarang, saya dan teman harus sholat di atas kasur, hehe. 

Harga Hotel Airy Poncowinatan

Untuk harga hotel ini bervariasi, saya sendiri mendapatkan harga tidak sampai 400ribu untuk dua malam. Tentu saja, itu harga tanpa sarapan dan sudah dipotong karena menggunakan promo Airy. 

Kemungkinan, ketika saya kembali ke Yogyakarta dan memerlukan penginapan, saya akan menginap di sini lagi. Atau mungkin tidak, karena alasan mencari suasana baru. Kalau tetap di sini, nanti blog saya nggak update penginapan terbaru dong, hwehehe ~ 

Sebelum ini, saya pernah menginap di hotel Pandanaran Yogyakarta. Silakan baca reviewnya di sini.

Lokasi Hotel Airy Poncowinatan Tugu Yogyakarta

Jl. Poncowinatan No.3, Gowongan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, 
Daerah Istimewa Yogyakarta 55233

1 komentar:

  1. Waaahhh aku juga mupeng ke Jogja :D
    Airy emang sangat bisa diandalkan banget nget nget
    https://bukanbocahbiasa.com

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^

Diberdayakan oleh Blogger.