5 Hal yang Bisa Dilakukan Ketika Di Rumah Saja




Sejak tanggal 16 Maret lalu, pemerintah pusat menetapkan atau mengimbau kita untuk di rumah saja, kalau tidak ada kepentingan mendesak. Hal ini, berdampak banyak untuk semua orang. Anak-anak sekolah diliburkan dan diganti belajar di rumah; dengan tugas-tugas. Para pekerja kantoran diminta untuk bekerja dari rumah atau work from home. Tentu, tak semua orang bisa melakukan banyak hal di rumah, sebab ada beberapa orang yang mengharuskan tetap bekerja, misalnya dokter, perawat, dan pekerja lainnya.

Sedih sih, tetapi ini yang terbaik untuk kita bersama di mana di luar sana Covid-19 masih terus berkembang biak. Doakan semoga segera selesai. Dia segera punah. Sebab, adanya virus corona ini membuat kita tak bisa jalan-jalan, apalagi traveling sambil kuliner.

Dampak lain dari #dirumahsaja, banyak orang yang memiliki waktu lebih lapang. Menghabiskan waktu di rumah, membuat kita lebih kreatif, yakni dengan melakukan atau mempraktikan ide-ide yang ada.

Di bawah ini merupakan ide-ide sederhana yang bisa kamu lakukan di rumah, selama masa karantina mandiri.


Kreatif ketika di rumah saja

1 | Menata Ulang Kamar atau Rumah

Sudah sejak lama berencana untuk menata ulang kamar? Nah, kesempatan buat kamu, nih, dengan adanya imbauan untuk di rumah saja, kamu bisa menata ulang kamar kamu. Katakanlah, kamu ingin memindahkan perabotan kamar atau rumah di tempat yang berbeda, mengecat kembali dinding kamar atau dengan menggunakan wallpaper dinding. Dengan adanya kerja dari rumah, kamu bisa lebih dekat dengan kamar kamu. Siapa tahu, dengan menata ulang kamar, hati kamu kembali tertata juga.

2 | DIY Amplop Lebaran

Adanya pandemi ini, banyak yang saya cemaskan. Salah satunya, bulan ramadhan sebenta lagi. Dengan kata lain, bulan ramadhan tahun ini akan sedikit berbeda. Meskipun begitu, tidak ada salahnya kita membuat amplop lebaran sendiri untuk menyambut idul fitri kelak. Yah, sembari berdoa semoga bisa menikmati lebaran dengan menyenangkan. 

3 | Memperdalam Kemampuan Memasak

Tak hanya ibu rumah tangga, kamu yang sebelumnya kerja di kantor pun harus bisa memasak. Bukan untuk apa-apa, sebab bisa memasak di saat seperti ini sangat perlu untuk survive. Dengan memperdalam ilmu memasak, paling tidak kamu akan tahu, akan membuat apa ketika sudah membeli sayurbox. Ah iya, kalau kamu tak memiliki kebun sendiri untuk memenuhi kebutuhan harian, bisa nih, membeli sayur daring.

4 | Bercocok Tanam

Memanfaatkan waktu di rumah, kamu bisa mencoba bercocok tanam. Dengan bercocok tanam, paling tidak kamu akan memiliki stok untuk sayuran di masa mendatang. Kalau tak suka berkebun sayuran, bisa menanam bunga-bunga juga. Saya sendiri menanam kaktus. Lebih tepatnya, kembali merawat kaktus sih, hehe. 

5 | Membuat Dalgona Coffee

Linimasa sedang ramai dengan kopi kekinian, yakni; dalgona coffee. Kamu bisa juga ikutan meramaikan dengan membuatnya sendiri di rumah. Kopi yang populer ini, ternyata mengambil nama dari Korea. Dengar-dengar, dalgona sendiri dari sebutan permen karamel asal Korea Selatan. 

Kamu cukup menyediakan kopi tanpa ampas, gula satu sendok dan air satu sendok. Kocok sampai mengental, tambahkan susu. Kalau kurang manis, bisa ditambahkan gula pasir atau kalau mau lebih nikmat tambahkan gula aren atau gula nira. 

Tak usah merasa bosan apabila kita harus berada di rumah lebih lama daripada seharusnya, yang penting di rumah tetap produktif, lebih mengenal diri sendiri dan dekat dengan keluarga. Semoga pandemi ini segera berakhir ya, agar kita bisa bertemu kembali.

Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^

Diberdayakan oleh Blogger.