Cara Meningkatkan Klout Score | Wulan Kenanga Wulan Kenanga: Cara Meningkatkan Klout Score
Nov 20, 2015

Cara Meningkatkan Klout Score





Cara Meningkatkan Klout Score ~ Seiring berjalannya waktu, media sosial bukan sekadar tempat untuk ajang curhat maupun pamer mengenai sesuatu. Semakin ke sini, media sosial bisa dipergunakan untuk meraup rejeki yang lumayan menggiurkan. Beberapa orang atau brand mencari seleb tweet atau social media addict untuk mempromosikan brand yang mereka miliki.

Brand ternama pun tak hanya ingin mempromosikan prodak yang mereka miliki, tapi juga meramaikan even yang mereka adakan di media sosial. Sebagai contoh, tahun lalu saya menjadi buzzer untuk prodak Heavenly Blush. Tugas saya hanya menyahut tweet yang dikicaukan oleh salah satu akun selama dua minggu. Tentu sebelum kami dibreafing terlebih dahulu sebelum melakukan tweet tersebut. Jangan dikira kita ngetweet selama 24jam ya. Tidak, kok. Hanya jam-jam tertentu saja. 


Lalu, bagaimana dengan fee yang saya peroleh? Tentunya banyaknya fee tergantung dari berapa jumlah followers twitter yang kita miliki. Saat itu, followers saya sekitar dua ribu. Tentunya fee yang saya dapatkan lebih banyak daripada teman saya yang memiliki jumlah followers hanya lima ratus. 

Nah, baru-baru ini ada yang namanya Klout Score. Sebenarnya, apa sih Klout Score itu?

Klout Score merupakan sebuah perhitungan seberapa teman-teman berpengaruh dalam dunia media sosial. Alias, seberapa populer Anda di dunia maya. Klout Score menghitung tak hanya melalui twitter, tapi juga melalui akun media sosial lainnya. Youtube, Facebook, Instagram, Filckr, dan media sosial lainnya. 

Skala yang diacu oleh Klout Score adalah 1-100, di mana semakin tinggi angka klout yang Anda miliki, semakin berpengaruh Anda di media sosial. Dengan tingginya angka klout, tidak menutup kemungkinan Anda akan mendapatkan job dari salah satu brand ternama untuk mempromosikan prodak mereka. 

Sekarang, yang jadi pertanyaan, bagaimana cara meningkatkan Klout Score yang kita miliki? Saya akan sharing sedikit mengenai hal ini.

Cara Meningkatkan Klout Score

1 | Memiliki Akun Media Sosial

Tentu saja untuk menjadi seleb media sosial kita harus memiliki akun media sosial dan harus benar-benar aktif di sana. Bukan hanya facebook, twitter saja. Tapi, teman-teman harus merambah ke youtube, instagram, dan media sosial lainnya. Nantinya, akun-akun tersebut akan dihubungkan dengan Klout sehingga, kita tahu seberapa aktif kita di media sosial.

2 | Hubungkan Satu Sama Lain

Teman-teman punya instagram? Nah, di saat mengupload gambar lebih baik dihubungkan dengan facebook dan twitter. Atau saat update status di facebook, hubungan dengan twitter atau sebaliknya. Dengan begitu, akan mengurangi tenaga dan bisa bekerja sekaligus untuk meningkatkan angka klout score yang kita miliki.

3 | Bahas Hal Yang Menarik

Jika kita suka menulis puisi, tulislah puisi singkat di twitter. Atau mungkin membahas hal-hal yang sedang in  saat ini sehingga menimbulkan ketertarikan orang lain untuk me-retweet atau berkomentar. Misalnya nih, kita membahas mengenai mantan - uhuk - di luar sana pasti banyak orang-orang yang sedang patah hati dan kesal setengah mati dengan mantan kekasihnya, itulah peluang kita untuk menyebar kalimat-kalimat yang mengena di hati.

4 | Mengadakan Kuis

Kalau memiliki buku bekas atau uang lebih, cara ini boleh-boleh saja dilakukan. Biasanya, dengan adanya kuis kecil-kecilan semacam ini akan menambah interaksi yang kita miliki di media sosial. Secara tidak langsung, akan menambah keakraban teman di media sosial dan menambah angka klout yang kita miliki.

5 | Kerjasama Dengan Salah Satu Komunitas

Cara ini hampir sama dengan poin keempat. Jika teman-teman memiliki komunitas tertentu, ajaklah mereka bekerjasama untuk mengadakan kuis. Sebagai sponsor, tentu akun teman-teman akan digamit. Hal ini juga memengaruhi besarnya pengaruh teman-teman di media sosial.

Demikian ulasan cara menaikkan nilai klout score yang saya berikan. Semoga bermanfaat bagi kita ya.

Wulansari Wulan Kenanga

Hidup untuk menulis, menulis untuk hidup

Blog Designer, Writer, Buzzer, Dreamer, Pemeluk Kenangan, Jasa Review, Penulisan Artikel. Kerja sama Contact holawulan@gmail.com

14 comments:

  1. Gara2 kloutscore aku jadi suka ngetwit dan fb- an lagi.:)
    Makasih sharingnya

    ReplyDelete
  2. Okay, noted :))
    Makasih sharing tipsnya mbak

    ReplyDelete
  3. Yup, untuk bbrp brand, klout score pengaruhnya besar utk menilai seseorang bisa diajak bekerja sama atau tidak. Makasih sharingnya Mbak Wulan :)

    ReplyDelete
  4. Duh,saya belum memaksimalkan medsos yang ada. Masih belum menemukan bahasan yang menarik untuk diposting.

    ReplyDelete
  5. ini penting banget.. mengintegrasikan semua sosmed juga perlu.. biar sekali posting, lgsg nglink ke semua sosmed :D

    ReplyDelete
  6. Klout saya baru 56 Mbak, mengejar lirikan brand ya Mbak hehehe

    ReplyDelete
  7. Nah klo IG sdh terintegrasi sm FB dan Twiiter klo yg FB sm Twitter sy blm connect nih...

    ReplyDelete
  8. klout score sekarang ini memang banyak dibutuhkan ya... :)
    Makasih infonya.... ya

    ReplyDelete
  9. Cara ngecek klout score gimana ya mbak?

    *kemudian disuruh googling sama mbaknya :D

    ReplyDelete
  10. wah, cobain bikin puisi ah. siapa tahu banyak yang retweet dan like. :D

    ReplyDelete
  11. buat kuis, akan saya coba bikin giveaway

    ReplyDelete
  12. Belum pernah dengar tentang Klout Score sebelumnya, tapi sepertinya menarik dan berguna. Thanks for sharing :)

    ReplyDelete
  13. Wah, ini dia tips yang sedang saya cari nih. Thanks for sharing, Mba Wulan. :)

    ReplyDelete

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^