Sejarah Dibalik Keanggunan Kebaya Kutubaru | Wulan Kenanga Wulan Kenanga: Sejarah Dibalik Keanggunan Kebaya Kutubaru
Mar 2, 2016

Sejarah Dibalik Keanggunan Kebaya Kutubaru

pic taken from www.brilio.net

Pernah mendengar tentang kebaya kutubaru?

Kebaya memang merupakan salah satu busana yang mencermikan identitas wanita Indonesia. Bentuknya yang istimewa akan membuat siapa saja yang memakainya jadi tampak anggun dan menawan. Di antara sekian banyak jenis kebaya, kebaya kutubaru adalah salah satu jenis kebaya yang sifatnya netral dengan bentuk yang simpel dan elegan.

Sekilas Tentang Kebaya Kutubaru


Kebaya kutubaru dikenal pula dengan sebutan kebaya bef. Kata kutubaru sendiri digunakan untuk menyebut bagian kain yang menghubungkan kedua lipatan kebaya di bagian kiri dan kanan dada si pemakai. Meski dikenal sebagai salah satu jenis kebaya yang banyak digunakan para wanita Jawa, namun nyatanya kutubaru mampu menampilkan sesuatu yang netral.

Awalnya kutubaru adalah kemben yang digunakan sebagai pakaian dalam pelengkap kebaya. Sehingga dahulu penggunaan kebaya dibiarkan terbuka begitu saja tanpa dikancingkan. Selanjutnya, untuk alasan nilai estetika dan kerapian, kemben tidak lagi digunakan untuk melengkapi kebaya. Dan dipilihlah konsep kutubaru untuk menyempurnakan tampilan kebaya.

Bangkitnya Tren Kebaya Kutubaru

Karena bersifat universal dan mampu menonjolkan kesan feminim, banyak instansi pemerintahan yang menjadikan kebaya kutubaru sebagai salah satu seragam. Tak hanya itu saja, kebaya kutubaru juga kerap kali digunakan oleh para ibu negara seperti Tien Soeharto, Megawati Soekarno Putri, dan Ani Yudhoyono.

Di tahun 2014, tren kebaya kutubaru kembali melejit ketika sang ibu negara, Iriana Widodo mengenakan kebaya tersebut ketika menghadiri acara pelantikan sang suami sebagai presiden. Aneka variasi warna dan motif kebaya kutubaru modern bisa membuat para wanita tampil anggun sekaligus kekinian. Dilengkapi dengan kain batik dan tatanan rambut yang apik, penggunana kebaya kutubaru tidak akan menampilkan kesan berlebihan.

Koleksi kebaya kutubaru bergaya modern juga bisa diperoleh di MatahariMall.com. Memilih kebaya untuk menghadiri acara formal adalah pilihan yang tepat untuk wanita modern Indonesia. Tak perlu khawatir dengan variasinya, sebab MatahariMall sudah menyiapkan ragam pilihan kebaya kutubaru yang sangat istimewa dengan harga terjangkau. Saatnya berburu kebaya kutubaru untuk membuat penampilan jadi lebih anggun dan feminim.


Wulansari Wulan Kenanga

Hidup untuk menulis, menulis untuk hidup

Blog Designer, Writer, Buzzer, Dreamer, Pemeluk Kenangan, Jasa Review, Penulisan Artikel. Kerja sama Contact holawulan@gmail.com

1 comment:

  1. Kebaya kutubaru meningatkan aku pada ibuku, memang memberi kesan anggun ya bagi pemakainya

    ReplyDelete

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^