Berkembang Bersama Binus Online Learning | Wulan Kenanga Wulan Kenanga: Berkembang Bersama Binus Online Learning
Jun 10, 2016

Berkembang Bersama Binus Online Learning


Dulu, saya berkuliah di bidang tekhnologi, lebih tepatnya saya berkuliah di Jurusan Teknik Elektrok di salah satu universitas negeri di Surabaya. Meskipun sekarang jaman digital dan dunia teknologi semakin canggih serta saya berkuliah di bidang yang sama, perkuliahan yang saya lakukan masih sama dengan sitem perkuliahan pada umumnya. Kelas pagi, kelas sore, bahkan kelas malam pun sering saya tempuh. Tak hanya itu, ada beberapa mata kuliah yang mengharuskan kami mengikuti kelas pada weekend lantaran pada hari sibuk, dosen tak bisa hadir sedangkan kami harus menerima pembelajaran.

Pernah sekali, dosen saya mengadakan kelas via online untuk uji coba yang katanya kami hidup di dunia modern. Sayangnya, tidak berjalan dengan baik. Dalam satu jam, kami berkutat dengan Yahoo! Messenger dan mengalami kendala-kendala tertentu. Akhirnya, sampai jam yang ditentukan berakhir, kuliah online tersebut ditiadakan.

Seperti halnya sekarang kita dipermudah dengan adanya toko online, yang mampu menjangkau kebutuhan kita dari rumah, kini kendala yang seperti saya alami ketika kuliah online di kampus memiliki sebuah titik terang. 

Seperti halnya yang dilakukan dosen saya, Binus University Learning Community atau yang lebih dikenal dengan BULC mewujudkan impian dunia pendidikan dengan cara berkuliah online. Yap, saat ini kuliah pun bisa dijangkau dari mana saja tak harus pergi ke kampus. Terlebih lagi, untuk orang sibuk seperti saya *sok sibuk*.

Memangnya, kuliah online itu seperti apa? Kuliah online pun sama halnya kita kuliah di kampus pada umumnya. Belajar, mendapatkan materi, berdiskusi dan mendapatkan ilmu. Bedanya, kuliah online – seperti sebutannya – kita melakukan semua hal itu melalui internet atau daring.

Saya memiliki seorang teman, ketika kuliah dahulu. Dia seringkali datang terlambat atau tidak masuk kuliah. Alasannya, karena dia berkuliah dengan bekerja. Tentunya, tuntutan ekonomi membuat dia harus melangkah sejauh itu. Tak menutup kemungkinan, tuntutan pekerjaan menganggu kuliah dia karena pembagian waktu kuliah yang tak menentu.

Untuk itu, Binus Online Learning hadir memberikan kemudahan pendidikan untuk anda. Sistem Binus Online Learning ini juga sangat Fleksibel, Dalam kegiatan belajar, mahasiswa dapat melakukan interaksi dengan dosen tanpa ada batasan waktu dan tempat. Kehadiran dalam tatap muka di ruang kelas tetap akan dilakukan, tetapi terbatas pada kegiatan yang bersifat pembahasan kasus, diskusi pemantapan pemahaman materi kuliah, dan pada saat mengikuti ujian. Interaksi dengan dosen dan praktisi sangat diutamakan untuk mendapatkan dan meningkatkan kemampuan dan wawasan mahasiswa dalam kegiatan praktis dan pengambilan keputusan yang nyata. Metode ini sangat cocok untuk pekerja professional dan entrepreneur bahkan ibu rumah tangga yang ingin melanjutkan studi S1 tanpa terkendala dengan waktu dan tempat.

Meskipun kuliah online, BULC memberikan persiapan dan kematangan agar mahasiswa mendapatkan hasil yang berkualitas. Mahasiswa dapat fokus belajar dengan jumlah mata kuliah yang terbatas di tiap periode/semester, sehingga hasil yang didapatkan lebih maksimal. Mahasiswa Binus Online Learning juga akan mendapatkan Pembelajaran Global, dimana mahasiswa Binus Online learning tidak saja akan diajar oleh dosen dari kota lain seperti Jakarta, tapi juga dengan dosen-dosen yang ada di luar negeri.

Binus Online Learning menggunakan LMS (learning management system) yang terintegrasi untuk membangun jaringan interakasi antara mahasiswa dengan mahasiswa, mahasiswa dengan dosen dan mahasiswa dengan pembimbing akademis. Dengan demikian mahasiswa online learning dipastikan mempunyai kualitas yang sama dengan mahasiswa yang melakukan sistem perkuliahan pada umumnya.

Tak jauh berbeda dengan kuliah pada umumnya, kuliah online di Binus University Learning Community pun mengadakan mata kuliah akan diterima dalam beberapa bentuk seperti, diskusi di forum, tugas individu / kelompok, video confrence, video pembelajaran. Semua ini dilakukan secara online. Untuk awal masuk perkuliahan, dan ujian setiap mahasiswa harus datang ke BULC atau kampus BINUS.

Binus University Learning Community atau kampus Binus telah hadir di beberapa kota antara lain Palembang, Semarang, Malang dan Bekasi. Dengan adanya BULC ini jika mahasiswa Binus Online Learning sedang ada tugas keluar kota dan bertepatan dengan waktu ujian ataupun perkuliahan Face to Face, maka dapat datang ke BULC terdekat untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Baiklah, sedikit banyak kita sudah tahu mengenai kuliah online yang ditawarkan oleh BULC. Nah, lalu pilihan mata kuliah apa saja yang bisa kita dapatkan dalam kuliah online ini?

Program D3 :

1. Komputerisasi Akuntansi

Program S1

1. Manajemen - Business Management
2. Sistem informasi - Corporate Information Systems
3. Akuntansi 
4. Manajemen Marketing
5. Sistem Informasi

Program S2 (khusus Jakarta)

1. Magister Teknik Informatika - MTI 
2. Magister Manajemen Sistem Informasi

Dengan adanya program EES (Employabiity & Entrepreneurial Skill) yang dimasukkan kedalam mata kuliah, Binus Online Learning tidak saja menyiapkan lulusannya untuk siap bekerja, tetapi juga menciptakan lapangan pekerjaan.

Adanya kuliah online membantu kita untuk #MajuTanpaBatas, bagaimana tidak? Kita bisa kuliah di mana saja, kapan saja. Tidak ada batasan kapan kita harus kuliah. Tentunya, dengan adanya kuliah online kita yang bekerja pun bisa mendapatkan pendidikan tanpa harus menganggu pekerjaan.



Wulansari Wulan Kenanga

Hidup untuk menulis, menulis untuk hidup

Blog Designer, Writer, Buzzer, Dreamer, Pemeluk Kenangan, Jasa Review, Penulisan Artikel. Kerja sama Contact holawulan@gmail.com

2 comments:

  1. Asik juga ya, kuliah online..bisa disambi ngapain aja :D

    ReplyDelete
  2. Kuliah online, memudahkan dan mencerahkan hehehe

    ReplyDelete

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^