Yang Dirindukan di Bulan Ramadhan | Wulan Kenanga Wulan Kenanga: Yang Dirindukan di Bulan Ramadhan
Jun 8, 2016

Yang Dirindukan di Bulan Ramadhan


Yang Dirindukan di Bulan Ramadhan - Akhirnya, bulan ramadhan telah tiba. Bulan penuh keberkahan, bulan di mana setiap umat muslim menantikannya setiap tahun. Bulan ramadhan, memiliki arti masing-masing bagi setiap umat muslim. Begitu pula dengan saya. Tapi, bulan ramadhan paling berkesan ketika saya masih kecil. Ketika belum tahu rasanya dikhianati, disakiti, dan patah hari (uhuk).

Tentunya, teman-teman memiliki kenangan ketika masa kecil pula, di mana banyak hal yang berkesan ketika bulan ramadhan. Saya ingin bercerita sedikit, apa saja yang saya rindukan ketika masa kecil di bulan ramadhan, yang kini tidak semua hal bisa saya lakukan. Tentu, karena saya sudah dewasa.

Tak ada yang tak spesial, ketika bulan ramadhan tiba. Mulai dari suasannya, aromanya, dan kenangannya. Dari mata terbuka pukul tiga pagi, untuk sahur. Lalu, dengan mata mengantuk kita makan dan berharap nanti siang kita kuat menjalankan ibadah puasa. Saya ingat, kala SD ada sebutan puasa beduk atau puasa setengah hari. Jadi, kami anak-anak diperbolehkan berbuka pada pukul dua belas siang, waktu adzan Dzuhur dan mulai berpuasa kembali sampai adzan magrib. Untuk latihan katanya. Enak sekali ya?


Hal menyenangkan lainnya adalah ketika di sekolah, kami diberikan buku kegiatan bulan ramadhan dan nantinya harus ditanda tangani oleh imam masjid ketika tawarih. Di sana tertulis ayat-ayat apa saja yang sudah kita baca ketika ramadhan. Puasa bolong atau tidak. Tak kalah menarik, ketika sahur tiba. Usai makan sahur, saya tidak tidur lagi, melainkan menunggu shubuh. Untuk salat? Bukan. Tapi, untuk jalan-jalan dan main petasan sampai matahari menyinsing *xoxo*.

Pernah pacaran? Atau pernah menunggu gebetan datang ke rumah? Ah, pasti jantung berdebar-debar sekali. Di bulan ramadhan pun begitu, ketika menunggu beduk atau margrib tiba, rasanya deg-degan. Saya selalu mendengarkan radio agar ketika adzan berkumandang terdengar, saya segera tahu. Padahal nih, di depan rumah saya ada Langgar.

Bulan puasa, tentunya sepaket dengan salat tarawih. Ketika kecil dulu, saya suka salat tarawih dengan teman-teman sebaya, yang nantinya di Langgar/Mushola saya mengikuti rakaat salat tarawih senin-kamis, alias bolong-bolong. Ketika tidak ikut, kami akan berbisik-bisik di antara orang-orang yang ikut salat. Benar-benar kenakalan.

Usai salat tarawih, saya lebih bersemangat lagi. Dulu, saya sering menyalakan kembang api atau beli rujak manis. Pastinya, rujak manis selalu identik dengan bulan puasa. Entah kenapa.

Tak kalah menyenangkan ketika bulan ramadhan adalah menjelang hari raya tiba, apalagi kalau bukan tradisi hantaran. Dalam keluarga saya, saya adalah cucu perempuan tertua di keluarga. Jadi, setiap tahun, selain melakukan hantaran di rumah, nenek juga menyuruh saya. Itu berarti, saya mendapatkan uang saku dobel. Sayangnya, nominal uang saku setiap hantaran tidak sebanyak sekarang. :D Coba saja, dulu sebanyak sekarang, pasti saya sudah kaya raya *xoxo*.

Tentunya, uang saku yang saya dapatkan dari hantaran menjelang lebaran, untuk berbelanja baju baru. Siapa nih, yang sewaktu kecil baru beli celana/baju baru kalau lebaran tiba? Saya ngacung. Bagaimana lagi, saat-saat seperti itu adalah waktu yang pas untuk meminta pakaian baru.

Tak hanya mengenai pakaian baru, menjelang lebaran pun pembahasan mengenai kue-kue dan persedian ketika lebaran dimulai. Berbelanja untuk berkah bulan ramadhan pun perlu. Membeli kue untuk suguhan tamu dan membeli kebutuhan dapur, untuk dibawa ke rumah sanak saudara.

Nampaknya, tradisi tersebut masih bertahan sampai sekarang ini. Tahun ini pun, pastinya kita membutuhkan perlengkapan dapur maupun kebutuhan untuk suguhan di ruang tamu ketika lebaran. Untuk itu, saya mencari-cari peluang (red: promo) bulan ramadhan untuk memenuhi kebutuhan. Memang sih, nantinya ibu saya yang membeli ini itu, tapi sebagai anak perempuan tertua di keluarga, saya juga ikutan andil dong.

Tahun ini, waralaba Alfamartku.com memberikan program berkah ramadhan alfamartku dalam program tersebut tentunya, Alfamartku.com memberikan kemudahan-kemudahan dan peluang untuk mendapatkan kebutuhan kami. Terlebih lagi, Alfamartku.com memberikan kejutan yang menyenangkan untuk kita yang mudik. Kalau saya sih, nggak pernah mudik, karena rumahnya memang sudah di sini.

Tak hanya di bulan ramadhan, Alfamartku.com memberikan informasi mengenai promo bulanan dan kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan oleh Alfamartku.com. Informasi mengenai waralaba Alfamartku.com pun ada.


Nah, bagaimana dengan kalian? Sudah mempersiapkan apa saja untuk lebaran?

Wulansari Wulan Kenanga

Hidup untuk menulis, menulis untuk hidup

Blog Designer, Writer, Buzzer, Dreamer, Pemeluk Kenangan, Jasa Review, Penulisan Artikel. Kerja sama Contact holawulan@gmail.com

4 comments:

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^