Dec 15, 2016

Cara Memasak Beras Merah Enak, Punel dan Banyak dengan Rice Cooker

Cara Memasak Beras Merah Enak, Punel dan Banyak dengan Rice Cooker


Cara Memasak Beras Merah Enak, Punel dan Banyak dengan Rice Cooker Salah satu cara diet sehat adalah dengan mengganti makanan pokok nasi putih dengan nasi merah. Tapi, sebelum saya mencobanya, sudah banyak mitos-mitos yang menggagalkan niat saya untuk mengkonsumsi nasi merah. Beberapa mitos mengatakan bahwa nasi merah itu tidak enak atau ada yang mengatakan kalau memasak nasi merah itu susah. Ehm, dalam praktiknya, saya sama sekali tidak menemukan kesusahan dalam memasak nasi merah, bahkan rasanya pun enak!

Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan ketika rutin mengkonsumsi beras merah. Biasanya, beras merah digunakan untuk diet dan penderita diabetes. Seperti yang kita tahu, bahwa dalam nasi putih terdapat kalori yang cukup tinggi, sedangkan di beras merah lebih rendah. Itulah alasan kenapa penderita diabetes maupun pelaku diet disarankan mengkonsumsi beras merah.


Fakta lain mengenai beras merah adalah beras ini mahal. Kemarin, saya membeli di apotik dengan harga Rp. 25.000 per kilonya. Wajar saja, karena di apotek beras merah yang dijual merupakan beras merah alami dan dalam penanamannya tidak memakai bahan kimia. Bagi saya tidak masalah, karena saya punya cara untuk menghemat pemakaian beras merah untuk diri saya sendiri. Sehingga, satu kilo bisa saya konsumsi seminggu atau dua minggu.

Cara Memasak Beras Merah Enak, Punel dan Banyak dengan Rice Cooker


Seperti yang saya katakan tadi, beras merah banyak manfaatnya. Bahkan, saya sering melihat teman saya yang menyukai burung, memberi makan burungnya beras merah. Nah, burung saja makan beras merah, kok yang punya nggak!

Jadi begini cara memasak nasi merah enak, punel dan banyak!

Saya memasak nasi dengan rice cooker, karena saya orangnya malas ribet.

Pertama, takar beras merah pada cangkir yang teman-teman punya. Saya sendiri menggunakan cangkir kecil dengan ukuran tinggi 7cm dan diameter 23cm. Isi penuh cangkir tersebut untuk takaran. Kalau saya hanya mengisi setengahnya saja, karena setengah saja sudah cukup untuk makan dua kali.

Cara Memasak Beras Merah Enak, Punel dan Banyak dengan Rice Cooker
cangkir yang saya pakai, tapi takarannya nggak sepenuh itu ya. Itu dipenuhin sekadar buat foto saja, hehe

Kedua,
usai menakar beras merah di cangkir, rendam beras merah dengan air dan diamkan kurang lebih tiga puluh menit. Sebenarnya, memasak beras merah sama halnya dengan beras putih. Biasanya, ibu ketika memasak nasi putih pun direndam cukup lama.

Ketiga, setelah direndam selama tiga puluh menit, bersihkan beras merah dengan air bersih. Lakukan sebanyak tiga kali (saya terbiasa begitu). Setelah dibersihkan, masukkan ke dalam panci rice cooker dan tambahkan air dengan perbandingan 1:2 (untuk beras merah 1 cangkir penuh dan 2 cangkir air) atau ½:1 (untuk beras merah setengah cangkir dan 1 gelas cangkir air)

Keempat, terakhir tekan tombol cooking dan tunggu sekitar satu jam untuk menunggu beras merah matang. Kalau tombol sudah berada di warm jangan langsung disantap karena airnya masih banyak, tunggu sekitar 10 menit terlebih dahulu dan nasi merah siap disantap.

Biasanya saya memasak beras merah untuk diri sendiri sekitar jam 12 siang. Nah, itu bisa saya pakai buat makan siang dan makan malam. Benar-benar ngirit. Ya, karena porsi makan saya memang sedikit, tapi itu sudah sangat kenyang.

xoxo,
Wulan K.


6 comments:

  1. Kalau aku dicampur sedikkt beras putih. Biar nggak keras banget nasinya

    ReplyDelete
  2. D rmh jg ud mkn beras merah mba. Masaknya tgl cetek d rice cooker. Alhamdulillah anak2 suka. Hihihihi. Btw, betah iih liat blog ku skrg, template nya bagus. Mksh mba :))

    ReplyDelete
  3. Kira-kira kalau direndam, gizinya ikut larut ndak ya? *penasaran dengan mitos ini

    ReplyDelete
  4. Beras merah emang mahal, tapi menyehatkan.

    ReplyDelete
  5. katanya beras merah bisa untuk menggemukkan badan yg kurus ya mbak ....???

    ReplyDelete
  6. Belum pernah masak beras merah sendiri, hihi

    ReplyDelete

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^