Jan 1, 2017

Pencapaian Tahun 2016: Berharap Tahun 2017 Mendapatkan Lebih



Pencapaian Tahun 2016: Berharap Tahun 2017 Mendapatkan LebihMungkin, pencapaian yang saya ceritakan ini, bagi teman-teman tidaklah penting. Bukan sesuatu yang “wah” yang patut dibangga-banggakan apalagi sampai ditulis di blog. Tapi, bagi saya, pencapaian tahun 2016 ini patut saya rayakan.  Patut saya syukuri. Dan memang apa yang kita capai, sekecil apa pun itu, wajib disyukuri dan dibanggakan. Karena sukses versi masing-masing itu berbeda-beda.

Jika teman-teman sering membaca di blog ini, tentu teman-teman sering membaca tulisan saya yang ditolak bekerja di sana sini, sampai akhirnya memilih menjadi fulltime blogger atau saya lebih suka menyebutnya pekerja serabutan. Untuk memulai menjadi pekerja serabutan tidaklah mudah. Meskipun saya mempunyai skill dan bisa dijadikan patokan untuk bekerja di rumah. Tetap saja, memulai sesuatu itu sulit sekali.


Dulu, tepatnya masih setahun yang lalu, sebulan saya belum tentu bisa mendapatkan income Rp 200.000-, bahkan untuk membeli pulsa internet saja saya tidak sanggup. Padahal untuk seorang freelance saya sangat membutuhkan koneksi internet.

Alhamdulillah, sedikit demi sedikit keuangan saya membaik dan berikut adalah pencapaian yang saya rasakan selama tahun 2016 ini.

1 | Membiayai Perjalanan Sendiri

Maret tahun 2016 lalu, saya pergi ke Jogjakarta. Untuk kali pertama, saya membiayai segala keperluan saya di Jogja dan perjalanan pulang pergi, tanpa meminta kepada orangtua. Sebagai informasi, sebenarnya saya jarang ke mana-mana karena larangan orangtua. Tapi kini, setelah saya memiliki penghasilan sendiri dan cukup dewasa, saya memberanikan diri untuk ke mana-mana. Tak hanya ke Jogja saja, tapi saya juga ke Bali dan Madura. Dan ketika saya pergi ketiga tempat tersebut, saya sama sekali tidak menyusahkan kedua orangtua saya.

Dan, untuk dua destinasi terakhir itu, saya bisa melakukannya juga karena dari ngeblog. Dalam dua destinasi tersebut, saya bisa berkumpul dengan teman-teman blogger lainnya.

2 | Income Per-Bulan Setara Pekerja Kantoran

Tentunya, ini benar-benar saya syukuri. Tidak bermaksud pamer atau apa. Saya percaya, akan ada orang-orang yang semangatnya akan bangkit ketika membaca keberhasilan orang lain. Karena saya pun bersemangat untuk menekuni dunia ngeblog ini karena keberhasilan teman-teman blogger lainnya. Makanya, saya ingin menuliskan pencapaian saya ini. Tentunya, saya berharap income saya terus bertambah atau paling tidak tetap pada porsinya.

Tak perlu saya sebutkan berapa nominal yang saya capai selama ini, karena setiap bulannya berbeda. Dan penghasilan saya tidak selalu dari job review atau dari menulis blog. Ada pula penghasilan dari mendesain blog. Memang nominal penghasilan dari mendesain blog tidak seberapa, tapi Alhamdulillah setiap bulan ada. Kalau teman-teman tahu, dulu awal membuka jasa desain, tidak ada yang tertarik.

Di tahun 2017 ini, saya ingin memperdalam kemampuan saya dan kalau Allah memberi kesempatan, saya ingin melebarkan sayap.

3 | Membeli Kebutuhan Ngeblog

Alat yang saya gunakan untuk ngeblog awalnya adalah laptop dari jaman kuliah. Keadaan laptop saya waktu itu benar-benar parah fisiknya. Baterai sudah tak bisa dipakai, sehingga kalau memakainya harus mencari colokan. Dan kipas laptop yang sering bermasalah dan berbunyi nyaring. Terkadang, kalau bunyinya menganggu saya akan memukul bagian atas kipas laptop. Tentu saja, saya kepikiran untuk membeli yang baru. Tapi apa daya, saya belum mempunyai penghasilan yang oke.

Beberapa barang elektronik yang saya beli dari ngeblog adalah Kamera Canon Ixus 160, Smartphone (beralih dari BB). Kedua benda itu saya membelinya pada tahun 2015. Tentu saja, saya mencari harga yang murah sehingga bisa membeli keduanya.

Lalu, pada bulan Maret 2016 lalu, saya mendapatkan smartphone baru secara cuma-cuma, sehingga smartphone lama saya jual. Dan pada sekitar bulan Juli, saya membeli kamera Mirrorless. Setelah itu, saya berencana membeli alat utama penunjang pekerjaan saya, yaitu notebook. Tentunya, saya mencari-cari di internet notebook murah dan sesuai keinginan saya. Sampai akhirnya, saya menjatuhkan pilihan pada ASUS x454Y yang saat itu seharga Rp. 4.200.000,- dan kabar baiknya, yang Rp. 350.000,- saya pakai voucher belanja.

Nah, pencapaian saya pada tahun 2016, saya mengharapkan akan saya capai pula pada tahun 2017 nanti. Tentunya, saya ingin pencapaian saya tahun 2017 akan lebih baik lagi dan lebih mengesankan lagi.

HAPPY NEW YEAR!!



3 comments:

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^