Apr 23, 2017

[ODOP] Nostalgia Sinetron Tersanjung 360 Episode



Nostalgia Sinetron Tersanjung 360 Episode  - Tak banyak yang saya ingat mengenai sinetron tahun 80an-90an, tetapi sinetron Indonesia yang paling melekat dan paling saya ingat di tahun-tahun itu adalah Tersanjung. Mungkin, karena episode sinetron tersebut sangat panjang dan menemani masa-masa kanak-kanak, atau mungkin karena sinetron itu adalah sinetron favorit Alm. Nenek saya. Setiap kali ada orang menyebut sinetron Tersanjung, yang saya ingat adalah Alm. Nenek yang suka sekali dengan sinetron itu.

Nenek saya tidak pernah tidak menonton sinetron Tersanjung. Beliau akan duduk di depan televisi – bahkan hampir mendekati layar televisi – dengan kedua kaki terlipat di dada, kedua tangan di dagu dan wajah mendongak. Beliau akan berbicara sendiri tatkala, Indah dan Rama berpapasan namun tidak sama-sama tahu. Atau ketika Indah disiksa habis-habisan.


Terus terang, mengenai jalan cerita sinetron ini, saya lupa. Benar-benar lupa. Yang saya ingat, mengenai Indah yang selalu menjadi pihak yang salah, meskipun dia baik luar biasa – seperti tokoh utama sinetron kebanyakan – dan yang paling saya ingat adalah fenomena sinetron tersebut di kampung saya.

Percaya atau tidak, karena saking banyaknya yang menyukai sinetron Tersanjung di kampung saya. Salah satu tetangga saya yang melahirkan seorang anak laki-laki, dinamai Indra Rama Dandy. Indra dari nama Indah, Rama dari Rama, dan Dandy adalah nama anak dari Indah dan Bobby. Nah, jelas sekali sinetron ini menjadi fenomenal sekali di kampung saya. Kini, Indra sudah dewasa. Sudah gede. Mungkin, ketika dia tahu asal usul namanya, dia akan tertawa.

Sinetron Tersanjung dimulai dari tahun 1998 sampai tahun 2005, saat itu usia saya masih delapan tahun, tetapi sudah menonton sinetron cinta-cintaan penuh penderitaan dan tangisan! Coba saja, Tersanjung masih ada sampai sekarang, bisa-bisa banyak nyinyiran sana sini. Untunglah, masa kecil saya tidak ada namanya media sosial. Pantas saja saat itu sinetron ini benar-benar melekat dan menemani hari-hari saya, orang episodenya sampai 360 episode.

Kalau ditanya, inspirasi apa yang ada dalam sinetron tersebut, saya kira tidak ada kecuali menjadi orang baik. Sabar dan pemaaf, meskipun orang lain terus menerus menyakiti kita. Tetapi, masa sekarang itu tak sepenuhnya benar. Lebih baik, ketika kita terus menerus disakiti, kita harus mengambil langkah lebar-lebar untuk meninggalkan. Mengambil sikap.




8 comments:

  1. wuaaa..ini nontonnya gak abis2 dulu, hihihi...

    ReplyDelete
  2. Waktu SD suka diledekin gara2 nama yg sama dengan si salah satu tokoh di situ. Hahaha

    ReplyDelete
  3. terakhir yang jadi Indah Jihan Fahira bukab sih..???

    ReplyDelete
  4. Sinetron legendaris, gak cuma orang krupukpun ada yg namanya krupuk tersanjung :-)

    ReplyDelete
  5. aku dulu juga sukak banget mba sinetron ini awalnya...tp lama2 mbulet2 jadi males nontonnya..tp bisa jadi nostalgia ya

    ReplyDelete
  6. Lupa ya ini ceritanya tentang apa..sama hehe..

    ReplyDelete
  7. Ya ampyuuunnn ini sinetron taun kapan. Dr mulai nonton sampe bose karena ga abis2

    ReplyDelete
  8. Dulu 360episode aja udah bosen ya. Lha sekarang ada yang sampe 1000 episode atau berapa itu?

    Tapi saya sama sekali ndak ingat ceritanya, cuma judulnya aja yang masih ingat karena judulnya dijadiin nama krupuk, krupuk tersanjung :)

    ReplyDelete

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^