Jun 20, 2017

Menurunkan Berat Badan Ketika Puasa



Saya sudah rindu menulis random di blog ini. Mengenai  tips berbelanja di toko online, marketing online sampai curhatan nggak penting mengenai diet. Ya, sampai sekarang, saya masih menjadi pejuang diet. Targat 48kg, dari tahun-tahun sebelumnya belum tercapai juga sampai sekarang. Kali ini, saya ingin menceritakan mengenai cara menurunkan berat badan ketika puasa. Tidak perlu membayangkan, kalau berat badan saya sudah mencapai target. Oh, tidak. Karena berat badan saya hanya turun dua kilo, itupun terkadang balik ke angka di atasnya-xoxo.

Tidak masalah bukan, apabila saya menulis mengenai cara menurunkan berat badan ketika puasa, meskipun hasilnya tidak WOW,kan? Biar blog ini lebih segar dengan konten absurd si pemilik blog, tidak melulu postingan iklan –xoxo.

Sebenarnya, saya tidak punya niatan untuk diet ketika bulan puasa sih. Karena, ketika hari biasa saya tidak pernah makan nasi putih. Terkadang, saya pakai nasi merah, terkadang hanya pakai roti gandum atau makanan yang mengandung karbo yang lain. Intinya, saya benar-benar menghindari nasi putih. Alasannya simpel, selain karena alasan medis (kandungan dalam nasi putih, dll), tetapi juga karena nasi putih benar-benar membuat perut saya penuh dan ujung-ujungnya bikin mual. Akhirnya, saya benar-benar melepas nasi putih. Ya, meskipun sekali dua kali tetap makan nasi putih- dengan catatan hanya sedikit.


Nah, ketika bulan puasa datang, saya sedikit bingung. Bingung karena takut berat badan naik. Teman-teman tahu sendiri, ketika puasa makan berat berada di jam-jam malam dan menurut mitos ketika malam tubuh kurang baik dalam mencerna makanan. Akhirnya, ketika bulan puasa saya full makan nasi merah untuk berbuka dan sahur. Lauknya? Apa pun yang disediakan ibu – xoxo. Saya tidak menyediakan lauk pauk khusus untuk diri sendiri, apa yang ada saja dan kebanyakan ibu memasak goreng-gorengan, its oke.

Tak ada niatan khusus ketika menerapkan makan nasi merah ketika berbuka puasa dan sahur untuk diet. Saya hanya berharap,berat badan saya yang berada di angka 53kg sekian tetap di tempatnya tanpa naik-naik lagi. Ternyata, menerapkan makan nasi merah ketika bulan puasa untuk diet cukup membantu saya menurunkan berat badan karena sekarang berat badan saya di angka 51kg sekian. Lumayan banget, kan?

Mugkin, jika saya selingi dengan olahraga atau yoga, hasilnya akan lebih memuaskan. Tetapi, entah kenapa ketika bulan puasa saya malas olahraga, padahal biasanya saya rutin yoga selama 15 menit. Jadi, ketika bulan puasa ini, diet saya terbantu oleh nasi merah. Terkadang saya juga minum teh hijau sebelum tidur untuk membantu proses diet.

Sekadar saran dari saya, ketika lebaran tiba, benar-benar tahan diri untuk tidak terlalu banyak makan kue. Jangan sampai, ketika bulan puasa berat badan turun, tetapi begitu selesai hari raya berat badan malah naik. Saya pernah mengalami hal tersebut. Tahun lalu, berat badan saya di angka 53kg, kemudian usai lebaran saya nyemil kue yang sangat manis. Akhirnya, berat badan naik ke 58kg!

Saya pernah menuliskannya di sini.

Jadi, sekarang berat badan sudah kembali ke 53kg, bahkan sudah sampai di angka 51kg. Bagaimana cara saya menurunkannya? Dengan tidak makan nasi putih, olahraga dan minum teh hijau.

Saya mengkonsumsi nasi merah yang saya beli di apotek dengan harga 25rb/kg dan untuk teh hijau saya lebih suka teh hijau kepala Djenggot. Sudah bertahun-tahun pakai teh itu. Pernah mencoba merek lain, tetapi tidak cocok.


Yeah, berakhirlah curhatan saya kali ini, meskipun sekadar curhatan sudah mencapai 500 kata lebih, yeah!

3 comments:

  1. nasi merah dan teh hijau paduan yang klop mbak

    ReplyDelete
  2. congratulation mbak, bermanfaat juga ya diet dengan puasa, suamiku juga lumayan kempes perutnya dengan berpuasa, tapi ya itu lebaran bisa bikin balik lagi BBnya hihi.. eh teh hijau pak Djenggot bisa menurunkan BB juga ya, hmmm cobain ah

    ReplyDelete

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^