Oct 7, 2017

Ketika Batuk Tak Kunjung Sembuh



Ketika Batuk Tak Kunjung Sembuh Hal yang sangat penting ketika memiliki sebuah obsesi, cita-cita atau ambisi selain usaha, berdoa dan terus belajar adalah menjaga kesehatan. Sungguh, menjaga tubuh tetap pada porosnya amatlah penting karena tanpa adanya tubuh yang sehat, kita tak mampu mewujudkan apa pun yang kita inginkan.

Selama satu bulan terakhir, tubuh saya drop. Sistem imun saya sedang anjlok banget. Bagaimana tidak, baru saja saya memutuskan indekos dan menempati kamar kos saya, saya sudah terserang flu.

Biasanya, ketika saya sudah merasa tubuh sedang tidak baik, saya akan membeli obat di toko kelontong dan akhirnya saya tidak jadi sakit. Tubuh saya akan kembali normal dan baik-baik saja. Saya pun bisa melanjutkan kembali aktivitas dengan menyenangkan. Sayangnya, kali ini berbeda. Tubuh saya seakan menolak untuk sembuh. Ini bukan penyakit parah yang sering muncul dalam kisah-kisah roman di layar lebar maupun novel, tapi tetap saja benar-benar menganggu aktivitas saya.


Saya memutuskan untuk indekos, tepatnya pada 21 Agustus lalu. Karena sesuatu alasan, saya memutuskan untuk indekos di daerah Waru, Sidoarjo. Cukup dekat dengan Surabaya. Saya semangat sekali ketika menempati suasana baru, mengikuti berbagai kegiatan dan saya berniat mengikuti segala macam acara blogger yang ada. Sayangnya, ketika kegiatan mulai bermunculan, saya terkena flu dan berujung pada demam serta batuk tanpa dahak.

Pada minggu pertama, saya masih bertahan dengan membeli obat jalan. Sirup batuk pun saya beli. Sayangnya, tidak mempan. Hanya meredakan saja, tanpa ada tanda-tanda sembuh. Akhirnya, saya pulang ke rumah karena tidak tahan dengan batuk yang semakin parah serta badan lemas dan sakit semua. Saya ke dokter langganan di rumah. Setelah minum satu dua obat sesuai anjuran, Alhamdulillah batuk membaik. Saya merasa sehat dan saya minum es :’).

Sudah bisa ditebak, setelah minum es batuk saya kambuh. Tapi saya pikir, ah, ada obat dari dokter nanti juga sembuh. Sayangnya, sampai obat habis batuk tak kunjung sembuh. Saya kembali membeli obat jalan, serta sirup batuk. Setiap hari saya berkendara dan pulang malam, mungkin karena ini pula kesehatan saya semakin memburuk.

Badan saya kembali lemas dan kepala pusing berat. Batuk semakin menjadi. Yang membuat saya kesusahan adalah tanpa dahak. Akhirnya, saya memutuskan untuk kembali pulang ke rumah. Karena mengingat saya ada pekerjaan yang mengharuskan saya makan-makan dan banyak di jalan. Di rumah saya kembali ke dokter langganan, saya diberi obat yang sama. Sayangnya, sampai obat habis, tak ada tanda-tanda sembuh.

Ibu membawa saya ke dokter berbeda, kali ini saya di akupuntur serta disuntik. Lalu, saya kembali ke indekos. Sepertinya, badan saya sudah kebal dengan antibiotik dan obat, karena sama sekali tak ada efek ke tubuh. Saya kembali batuk setiap malam, parah.

Terakhir yang parah adalah ketika dibuat menelan sesuatu, tenggorokan saya sakit. Saya tidak tahan, saya pun kembali ke rumah dan mengajak ibu ke dokter spesialis poli THT. Dokter THT di Mojosari, memberi saya resep dan harus menebus obat seharga 600rb. Saya meminta ibu untuk menebus separuh saja, karena amat mahal – xoxo.

Alhamdulillah, setelah minum obat keadaan saya membaik. Saya diberi obat pereda nyeri tenggorokan dan antibiotik. Kali ini saya benar-benar percaya, ada harga ada rupa. Ini hanya dua jenis obat, tetapi benar-benar manjur.

Sudah terhitung sebulan lebih, saya batuk dan ini untuk pertama kalinya saya mengalami hal tersebut. Saya tidak boleh makan pedas, buah-buahan dan es. Sungguh menyiksa. Bahkan, sampai saya menulis ini saya belum berani minum es karena langsung tenggorokan terasa gatal. Ya, mau bagaimana lagi, saya harus bersabar sampai benar-benar sembuh total dan sistem imun saya membaik.

Intinya dari postingan ini adalah murni curhat, sebagai pengingat bahwa kesehatan sangat penting. Meskipun sakit yang kita derita tak separah sakit-sakit pada sinetron. Semoga Allah selalu memberi kita kesehatan ya :’)


3 comments:

  1. Samaan ini aq ketularan di bocil
    Dia hilang kambuh batuknya...
    Lagi musiman kayaknya

    ReplyDelete
  2. Aku juga kalau batuk lama. :( Tapi emang nggak bisa kena debu dikit. :V

    ReplyDelete
  3. Aku kalau udah ada tanda-tanda mau batuk atau flu pasti dihajar pakai vit c. Pokoknya gak mau sampai sakitnya jadi. Karena nanti bakalan lama dan juga bikin ribet.

    Tetap jaga kesehatan ya, Mbak :)

    ReplyDelete

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^