Properti Foto Flatlay Nona Kenanga dan Di Mana Mendapatkannya!

by - 12:24 AM



Properti Foto Flatlay Nona Kenanga dan Di Mana Mendapatkannya! Sejak blogger dituntut bisa banyak hal, selain menulis pun harus pandai memainkan sudut pandang kamera, saya pun mulai belajar bagaimana mengambil foto yang bagus dan menarik. Bukan hanya mengenai kejernian kamera, kamera apa yang dipakai, melainkan lebih bagaimana cara kita mencari sudut pandang dan penataan.

Saya sendiri lebih menyukai foto dengan sudut pandang dari atas, alias flatlay. Teman-teman tentunya sering melihat foto-foto saya yang memiliki sudut pandang dari atas. Tentunya, untuk mengambil foto dari atas pun banyak tantangannya; cahaya, bayangan, kombinasi. Meskipun sudah cukup lama belajar, foto saya tak selalu bagus dan juga seringnya kurang enak dipandang.

Demi foto yang cantik, saya pun rela membeli beberapa properti foto untuk mendukung foto-foto saya dan tentunya, demi kebaikan blog saya sendiri. Di sini saya ingin bagikan beberapa properti foto yang saya miliki, tidak semua, saya hanya akan membagikan properti foto favorit saya. Saya yakin, teman-teman sudah sering melihat benda atau properti ini.


Bunga

Dari awal memiliki Etro dan kamera saku, saya sudah suka sekali mengumpulkan bunga plastik untuk properti foto. Mulai dari mawar, tulip, dll dengan berbagai warna dan bentuk. Tak hanya bunga plastik yang saya miliki, saya pun mempunyai bunga hidup yang mati. Nah loh, hidup kok mati? Tidak, bunga yang saya miliki adalah bunga asli yang sudah mengering. Foto dengan bunga kering cocok untuk foto yang bertema vintage dan kuno.

Buku

Seringnya saya suka memakai buku-buku catatan yang berkelir cokelat dan novel berwarna putih. Menyesuaikan dengan tema dan mood memotret juga sih. Kebanyakan saya pakai novel dengan sampul putih karena saya lebih menyukai foto dengan nuansa putih. Bagaimana ya, buat saya foto bernuansa putih itu antigagal xoxo.

Saya suka memakai buku sebagai properti, karena saya memiliki banyak buku dan bisa menjadi properti yang bagus. Tinggal memilih di rak buku dan selesai.

Amplop

Saya membeli amplop berwarna cokelat di Gramedia, sebenarnya mau cari yang lebih pendek, hanya saja tidak ketemu. Terkadang saya juga pakai amplop dari undangan bekas yang saya peroleh dari rumah. Bisa dilihat nama pemilik undangannya masih terlihat dan kelihatan sekali kalau itu undangan bukan amplop. Tapi, tidak masalah, ini sekadar mengenai kreativitas saja. Pintar-pintar untuk mengkombinasikan properti foto yang ada dan memanfaatkan properti di sekitar kita.

Foto Polaroid

Foto polaroid baru-baru ini saya miliki. Beberapa kali melihat foto flatlay di Pinterest dengan menggunakan foto polaroid. Ya, akhirnya saya mencetak foto polaroid lewat koneksi teman. Saya mencari foto-foto yang saya perlukan di Pinterest kemudian dicetak. Hasilnya cukup memuaskan dan membuat mood motret bertambah.

Kartu Pos

Kartu pos saya dapatkan dari salah satu penulis yang memberikan hadiah post card pada pembelian bukunya. Saya memiliki tiga buah dan memang bagus sekali untuk foto-foto. Sayangnya, saya lupa menaruhnya di mana *sad*. Tapi saya sudah berencana membeli kartu pos sendiri di salah satu toko online yang menyediakan properti foto. Nanti akan saya update lagi ya.

Majalah

Saya dan mbak Tikha bela-belain beli majalah Kinfolk demi bisa membuat foto yang kece serta porperti yang memadai. Saya membeli majalah Kinfolk di Shopee mencari yang paling murah yaitu dengan harga 80 ribu. Mahal? Tidak, itu murah. Di luar sana majalah kinfolk meskipun bekas bisa mencapai 200 ribu ke atas. Jadi, beruntunglah kami bisa memiliki majalah ini dengan harga terjangkau.

Kamera


Sebuah kiriman dibagikan oleh Nona Kenanga (@nona.kenanga) pada
Menjadikan kamera properti pun pilihan yang tepat dan bagus, bahkan Etro sendiri saya jadikan properti xoxo. Tapi, saya pun pernah membeli kamera bekas dan rusak seharga 200 ribu untuk properti foto. Ya, demi sebuah konten saya rela merogoh kocek lebih dalam. Ini namanya berinvestasi.

Cangkir

Cangkir merupakan properti yang teramat sering muncul pada foto-foto saya. Tentu saja, cangkir dengan kopi, teh atau matcha. Biasanya saya memotret cangkir dengan buku dan properti lainnya. Saya memiliki beberapa warna cangkir dan saya paling suka memakai warna putih dan hitam. Saya membelinya di supermarket kalau kebetulan ke sana dan menemukan gelas yang cocok.

Tas

Memiliki tas yang lucu, berukuran sedang dan berwarna cokelat menjadi salah satu keuntungan tersendiri. Karena selain bisa dipakai untuk jalan-jalan pun tas ini bisa digunakan sebagai properti foto. Saya berniat membeli tas ini memang untuk jalan-jalan kok, tapi selalu memikirkan pertimbangan mungkin bisa digunakan untuk properti foto.

Selain untuk foto flatlay, memakai tas kecil seperti ini pun bisa digunakan untuk properti foto model yang unyu.

Wire Grid

Wire grid sebenarnya digunakan untuk menggantung beberapa perintilan di dinding. Wire grid pun disebut dengan walldecor karena memang fungsinya untuk mendekor ruangan agar terlihat manis. Saya melihat foto-foto salah satu selebgram yang sering menggunakan wire grid ini, saya pun tertarik dan mencari di Shopee kemudian membelinya. Harganya berkisar 20-50 ribu tergantung ukuran dan tokonya.
Oke, segitu saja saya berbagi perintilan properti foto saya. Sebenarnya banyak sih, hanya saja sulit menyebutkannya satu per satu dalam postingan ini. Oh ya, saya sering menyebutkan situs marketplace Shopee bukan karena iklan ya, tetapi selain di Tokopedia saya juga sering belanja di Shopee.

Semoga menginspirasi!

You May Also Like

5 comment so far

  1. Bagus banget hasil jepretannya. Semua emang kalau niat bisa jadi bagus ya. Niat beli properti foto misalnya. :D

    ReplyDelete
  2. Banyak banget properti untuk menunjang foto ya. :)

    ReplyDelete
  3. Sebenernya suka foto beginian, malesnya itu lo klo udah selesai kudi ngringkesi hoho..

    Dan lagi aku males nyusuh barang printilan. Jadi solusinya, minjem ajaaa haha

    ReplyDelete
  4. Sip dan aku lagi nabung buat wore grid, Mbak. Semoga segera bisa kebeli karena bulan ini belanja banyak proertinya hahaha

    ReplyDelete
  5. Wulan adalah orang suka meracuniku membeli banyak properti

    ReplyDelete

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^