Jul 12, 2015

Sinopsis: Penentu Nasib Sebuah Karya Oleh Wenda Koiman (Bagian 2)



Sinopsis pada sebuah Skenario Film - Pada film, peran sinopsis sama pentingnya dengan pengajuan naskah novel.  Tapi berdasarkan pengalaman, sinopsis pada skenario lebih memiliki posisi penting dan krusial, mengingat pada tahap awal nasib skenario benar-benar (biasanya) ditentukan oleh sinopsis sebelum bicara mengenai skenarionya. Pada tahap awal, selain menyodorkan premis cerita, penulis skenario berjuang dengan beberapa lembar sinopsis (saja).  Gue akan menyisihkan dulu kelengkapan pendukung lain. Nah, jika pihak Rumah Produksi dan klien (misal: stasiun televisi)setuju dan menerima sinopsis ini, penulis skenario bersama beberapa pihak akan membahas kelanjutan apa-apa yang harus dituangkan dalam skenario sebagai penjabaran dari sinopsis tersebut. 

Lalu, bagaimana rahasia para penulis skenario yang berhasil memikat para pihak sehingga sebuah film akhirnya berhasil di produksi? 

Menurut Mbak Fitria;  ―setiap penulis tentu punya ‗nilai‘ terhadap sinopsis yang biasa ditulis. Dan nilai itu hanya penulis itu sendiri yang tau. Kalau mas menanyakan pendapat saya sih sederhana. bagi saya pribadi, sinopsis itu benih cerita. Kalo benihnya aja nggak bagus, gimana bisa tumbuh bagus. ituaja sih... itu dari pikiran saya, kalau dari pikiran mas sendiri, pastinya punya pendapat lain dong.

Mbak Achi: ―Menurutku sih penting karena dengan sinopsis yang bagus, editor bisa melihat keseluruhan cerita serta potensial ceritanya akan seperti apa.‖ Mengenai kunci sinopsis, beliau berpendapat: ―Rahasia kecil dalam nulis sinopsis, tuliskan informasi kejutan di ending. Jangan langsung diberitahu di awal. Sehingga pembaca sinopsis juga akan tahu bahwa cerita yang kita tawarkan punya surprise ending yang bagus.

Sedangkan Mas Dimas Djayadinekat, menjabarkan dengan lengkap tentang A – Z penulisan sinopsis untuk skenario. Secara komplit bisa rekan-rekan baca di akhir artikel ini. 

  Well, sebagai panduan singkat, ini adalah beberapa point yang perlu kita perhatikan dalam 
membuat sinopsis: 
1 | Sinopsis adalah ringkasan cerita, point penting, sehingga kita sebaiknya hanya fokus pada fase-fase cerita, bukan dibumbui embel-embel yang tidak perlu. Sajikan sesuai ‗wakil‘ dari isi cerita keseluruhan, melalui  beberapa pembagian babak yang kita pilih. Misal pada tiga babak utama sederhana, dimulai dari perkenalan, konflik, penyelesaian. 

2 | Munculkan semua tokoh penting. Baik tokoh utama, maupun subplot. Tokoh utama yang bertentangan dengan tokoh anu, subplot yang berfungsi sebagai pengganggu, pendukung, atau pemberi warna pada cerita tersebut. 

3 | Bedakan antara penulisan sinopsis dan blurb. Sinopsis adalah yang kita tulis untuk dibaca editor, produser, atau pihak internal lainnya. Sedangkan blurb yang biasanya dicantumkan pada back cover novel untuk dibaca oleh pembaca. 

4 | Hindari narasi berlebihan. Nanti saja, kita punya puluhan halaman untuk itu. Ingat point 1, fokus pada rangkaian kejadian, cerita. 

5 | Jangan menyembunyikan ending. Kejutan pada akhir sinopsis justru jadi resep mujarab. 

6|   Umumnya dibuat dalam 2 – 3 halaman A 4, spasi 1,5. Atau jika dalam satu halaman sudah bisa menceritakan secara baik dan komplit, silakan. Jangan membuat sinopsis mengalahkan panjangnya BAB 1. Apalagi panjangnya BAB 1 ditambah BAB 2.  

7 |  Dalam skenario sinopsis wajib dibuat lebih dulu untuk diajukan. Sedangkan pada novel, karena akan diajukan bersamaan dengan naskah utuh, boleh dikerjakan dengan pola dan kecenderungan masing-masing. Sebaiknya di awal pada saat memulai sebagai acuan, tapi ada beberapa penulis yang memiliki gaya menyimpan sinopsis di kepala, baru kemudian ditulis secara utuh setelah seluruh cerita selesai digarap.  

Panduan pembuatan sinopsis skenario film, dari Mas Dimas Djayadinekat: 

MEMAHAMI SEBUAH SINOPSIS 


Sinopsis  skenario merangkum  skenario untuk pembaca  seperti agen, Head writer, Sutradara,  aktor atau produser. Jika pembaca menyukai sinopsis, ia mungkin meminta untuk melihat skenario itu sendiri. Tidak seperti Treatment, yang merupakan narasi dari segala sesuatu yang terjadi dalam skenario, sinopsis hanya mencakup bagian yang paling penting atau menarik dari cerita. Namun, sinopsis harus jelas menunjukkan elemen yang diperlukan dari  skenario  sehingga pembaca akan tahu bahwa Anda memahami bagaimana struktur naskah untuk sebuah film. 

 Enam langkah cara membuat sinopsis : 

- Menuliskan Logline/ Premis 

Logline adalah paling banyak dua kalimat yang meringkas naskah Anda. Anda dapat menganggap logline sebagai deskripsi yang mungkin Anda baca di situs bioskop atau di kotak informasi dari panduan program di televisi Anda.  Anda  bisa menuliskan  logline  dengan  paragraf  yang menjelaskan mengapa  naskah Anda menarik dari sudut pandang pembuat film. Karena dari sana Produser akan mampu memperkirakan bujet produksinya. Produser biasanya berpikir seperti  ini, jika dapat syuting dengan anggaran kecil menggunakan sejumlah lokasi  di  dekat  Jakarta,  filmnya mungkin  lebih  menarik  daripada    yang  akan  membutuhkan  waktu berminggu-minggu di lokasi yang jauh terpencil, set yang rumit atau banyak menggunakan efek khusus. 

-Perkenalkan karakter utama dan pengaturan dalam satu paragraf.  

Sertakan  nama  si  tokoh  utama  (Who),  pekerjaan mereka  (What),  di mana mereka  tinggal  dan bekerja (Where), jangka waktu cerita (When), dan alasan Anda menceritakan kisah mereka (Why). Ketik nama-nama karakter dalam huruf kapital semua pertama kali nama mereka muncul dan tulis tahun usia di dalam kurung. Setelah itu, ketik nama karakter dalam cara yang biasa.  Karakter  yang harus  dimasukkan  dalam  sinopsis  adalah  protagonis  (hero),  antagonis  (penjahat), kepentingan  si tokoh,  dan pendukung  protagonis. Karakter  kurang  penting  bisa  ditinggalkan  atau  tidak usah disebutkan dalam sinopsis. 

- Meringkas Babak I dalam waktu tidak lebih dari 3 paragraf. Babak I adalah set up, ketika Anda 
memperkenalkan karakter dan konflik utama yang mendorong cerita. 

- Tutup Babak II dalam 2 sampai 6 paragraf. Tampilkan semua konflik yang dihadapi oleh karakter Anda  yang mengarah  ke  krisis,  konflik  utama  yang  akan mengubah  perjalanan  hidup  karakter 
Anda. 

- Selesaikan  dengan  Babak  III,  yang  harus  ditulis  dengan  tidak  lebih  dari  3  paragraf.  Jelaskan 
bagaimana konflik utama berakhir dan apa yang terjadi pada karakter sesudahnya. 

- Pikirkan judul yang sesuai dengan cerita Anda.  

Anda  dapat  mencoba  untuk  membuat  judul  catchy  dan  menarik,  tetapi  mungkin  akan  diubah oleh sutradara atau Produser, jadi jangan terlalu ―ngotot‖ untuk itu. Masukan judul di bagian atas halaman.  Jangan lupa berikan genre film, seperti aksi, komedi romantis atau film thriller. 

Berikan  sinopsis Anda kepada orang  lain untuk membaca  jika  anda  ingin  sedikit obyektif  (tapi kepada orang yang terpercaya saja). Jika mereka memiliki pertanyaan atau jika ada sesuatu yang tidak jelas bagi mereka, ubah sinopsis Anda untuk membuat cerita jadi lebih jelas. Jika agen, Head writer, produser atau sutradara menemukan sesuatu dalam sinopsis Anda yang  tidak jelas atau membingungkan,  ia tidak akan meminta naskah lengkap Anda. 

Contoh Format Penulisan Sinopsis 

1.  Skenario judul dan genre 
2.  logline 

Di sini Anda akan menambahkan ringkasan pendek  ,  tapi menawan  , plot naskah Anda  . Ini harus tidak lebih dari dua kalimat yang panjang . 

3.  Paragraf Pembuka 

Di  sini Anda  akan memperkenalkan  protagonis  utama  dalam  cerita Anda  dan  setelan  . Nama karakter harus dalam huruf besar semua . Tidak perlu untuk menggambarkan karakter sekunder pada saat ini . 

4.  SINOPSIS 

Act 1 Ringkasan 

Dalam waktu  tidak  lebih  dari  tiga  paragraf  , mengatur  adegan  untuk  cerita Anda  .  Ini  akan mencakup pengenalan karakter utama dan konflik yang akan mendorong narasi .  

Act 2 ringkasan 

Ini  biasanya  merupakan  bagian  terpanjang  dari  sinopsis  skenario  2  -  6  paragraf.  Di  sini  Anda akan membangun tindakan sampai mencapai saat kritis ketika kehidupan karakter utama ' berubah . 

Act 3 ringkasan 

Di  sini Anda  harus menambahkan  kesimpulan  dari  konflik  dan  resolusi  untuk  cerita Anda  .  Ini harus mencakup beberapa baris tentang apa yang terjadi pada karakter utama setelah "action " berakhir.  

Contoh Sinopsis Film Holywood 

STAR WARS  

A science fiction adventure  

A  long  time  ago,  in  a  galaxy  far  away,  the  evil  Sith  lord  PALPATINE  has  overthrown  the galactic Republic and  installed himself as  the emperor of his own New Empire. The  last bastion of defense, an ancient order of peacekeepers known as the Jedi Knights, have seemingly been eradicated.  


There  is one pocket of resistance remaining,  though,  in  the form of  the Rebel Alliance. One of  its most prominent members,  the PRINCESS LEIA ORGANA of Alderaan,  is on a mission  to find a Jedi, OBI-WAN KENOBI, who is believed to be hiding on a desert planet called Tatooine. The craft on which she is travelling is attacked by a fleet of Imperial starships, but before she is captured Leia manages to hide the schematics  of  the Death  Star,  a mighty  new  Empire  space  station,  inside  a small  droid,  R2-D2, who jettisons off to Tatooine with another droid, C-3PO. 


After  the pod crashes,  the droids are discovered by scavengers,  the JAWAS, who  in  turn sell  them to a young man, LUKE SKYWALKER. Luke is at the market looking to buy droids on behalf of his uncle, a farmer, OWEN LARS. Luke's father was a pilot, and Luke dreams of leaving Tatooine to pursue the same career. While  cleaning  the  smaller  droid,  he  triggers  a  holographic  message. The  message  is  from  a beautiful young woman and is intended for someone called Obi-Wan Kenobi. Luke knows an old hermit who lives nearby called BEN KENOBI, and he wonders if the two are related.  


Waking the next morning, Luke discovers that R2-D2 is missing. Setting out in his landspeeder, Luke and C-3PO go to look for him but are set upon by the hostile Sand People. The old man, Ben, rescues them and  takes  them back  to his home. They see R2-D2, and Ben  reveals  that he  is  indeed Obi-Wan Kenobi and that the message is a plea from Princess Leia to deliver the plans to her father in the hope that he can determine a weakness in the structure. Obi-Wan also reveals to Luke that not only did he know his father, Anakin, but  that he was a  Jedi as well, murdered by  the Emperor's henchman, DARTH VADER. Obi-Wan tells Luke that he must now learn the ways of the Force himself. Luke says no but agrees to at least give Obi Wan  a  ride  to Mos Eisley,  a nearby spaceport, so  that he can  find  a way  to get  to Alderaan. However,  stopping  at his own home on  the way there, he discovers  that his  aunt  and uncle have been murdered by Imperial Stormtroopers searching for the droids.  


This changes things for Luke, and he now wishes to become a Jedi. At Mos Eisley, the two men and the droids  meet  HAN  SOLO,  captain  of  a  ship  called  the  Millennium  Falcon,  and  a  wookiee named CHEWBACCA, who  is Han's first mate. Han is a smuggler with a bounty on his head, but he agrees  to make the trip to Alderaan—for a price. Obi-Wan agrees to the fee, but just as they areabout to leave, a legion of stormtroopers arrive, and  the ship only  just manages  to escape. Meanwhile,nPrincess Leia  is a prisoner on the Death Star, under  interrogation from  the commander of  the Death Star, GRAND MOFF TARKIN, who has targeted her home planet for destruction unless she reveals the coordinates of the rebel base. Reluctantly  she  does  so,  but Tarkin  destroys the  planet  anyway  as  a  demonstration  of  the  space station's power. Leia's coordinates turn out to be false, and Darth Vader schedules her for execution.  


The Millennium Falcon arrives in the Alderaan system just after the planet has been destroyed. Obi-Wan spots what he thinks is a moon, but they realize too late that this is the Death Star and their ship is caught in  a  tractor  beam  that  pulls  it  into  the  gigantic  space  station.  The  crew  escape  and, disguised  as stormtroopers, Luke and Han  rescue Princess Leia. Obi-Wan however  is caught  in a confrontation with Darth Vader and is killed.  

With plans  in hand, the rebel forces  launch  their attack, with Luke newly  installed as a pilot. It  is Luke who is to pilot his craft down a small shaft and fire a torpedo into a weak section of the structure. As he does so, however, he is pursued by Darth Vader and other Imperial fighters. Vader's craft is knocked off course by Han and Chewbacca  in another  ship and spins off  into deep  space. Luke's  shot  is successful, and the Death Star is destroyed.  

Some weeks later, in a grand ceremony, Princess Leia awards Luke and Han with medals for their efforts while still leaving Luke free to try to find another way to pursue training as a Jedi now that Obi-Wan is dead.  

Charles Pearson 
WGA 12345 
Modesto, CA  
(209) 555-0198 
hopefulscreenwriter@emailservice.com 


Demikianlah, semoga bermanfaat untuk kita. Dan ingat tugas anda tidak berhenti sampai menulis sinopsis saja, karena anda adalah seorang Penulis Skenario !! 


Disusun Oleh 

Dimas Jayadinekat 


Sumber Tulisan : http://www.wikihow.com/Write-a-Screenplay-Sinopsis 


image source pexels




0 Comments:

Post a Comment

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^

Banner IDwebhost