Laman

22 Mar 2022

Cara Menguntungkan Bermain TikTok

Douyin dan TikTok, Apa Saja Bedanya, ya?
taken from https://www.firstmedia.com/

Saya sempat membuat sebuah status di laman facebook yang mengatakan, saya tidak akan pernah meng-install aplikasi TikTok. Waktu itu, aplikasi TikTok hanya berisi orang-orang sedang berjoget dengan memamerkan hal yang tidak sepantasnya. Namun, sejak setahun lalu, saya meng-install aplikasi ini, sebab ternyata sekarang di sana banyak konten edukasi dan konten bermanfaat lainnya, selain orang berjoget.

Dengan adanya konten-konten tersebut, saya pun terjun menjadi salah satu kreator TikTok dan mengisi akun saya dengan branding seorang penulis. Tentu saja, hal-hal yang saya bagikan mengenai kehidupan saya sehari-hari, terutama kegiatan menulis.

Setelah bermain TikTok beberapa waktu, saya jadi tahu banyak hal, terutama mengenai keuntungan bermain TikTok. Konteks keuntungan yang saya sebutkan yakni mengenai keuntungan mendapatkan uang atau penghasilan di TikTok. Hem, menarik, bukan?

Nah, melalui artikel ini saya ingin memberitahu kamu, apa keuntungan bermain TikTok selain mendapatkan informasi dan hiburan dari kreator?

Berpenghasilan Melalui Aplikasi Tiktok


Tak hanya mengenai joget dan dance saja, di TikTok juga menghadirkan konten edukasi, masakan, serta informasi lainnya. Di samping itu, aplikasi TikTok berkembang menjadi aplikasi belanja bagi pengguna Tik Tok itu sendiri. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan berupa penghasilan dengan bermain TikTok.

1 | Shopee Affiliate


Lho, kok, Shopee? Oke, bentar-bentar. Awalnya, saya juga tidak tahu mengenai hal ini. Shopee Affiliate merupakan program dari Shopee diperuntukan pengguna Shopee dalam membagikan atau mempromosikan produk di Shopee dan pengguna tersebut akan mendapatkan keuntungan atau komisi. 

Cara kerjanya seperti apa, sih, Shopee Affiliate di Tiktok? Nah, secara garis besar ketika kamu sudah bergabung dengan Shopee Affiliate, kemudian kamu membagikan tautan Shopee ke media sosial, lalu ada yang membeli barang di Shopee dengan tautan kamu itu (walaupun barang tidak sama dengan tautan yang kamu bagikan), maka kamu akan mendapatkan komisi setelah barang pelanggan diterima. Cara kerja ini tidak hanya berlaku di TikTok saja, tetapi di manapun kamu membagikan tautan tersebut.

Lalu, bagaimana cara kerjanya di TikTok?

Awalnya, saya sering melihat konten kreator fesyen membagikan informasi baju-baju yang mereka beli di Shopee dengan video di Tiktok. Saya berpikir begini, “Mereka baik banget, ya, mempromosikan akun penjual-penjual di Shopee?” Ternyata, mereka melakukan itu agar pengguna Tik Tok tertarik untuk menekan tautan yang mereka siapkan di kolom komentar maupun di profil mereka.

Nah, semakin banyak pengguna Tik Tok (apalagi kalau fyp) yang menekan tautan itu, semakin banyak pula komisi yang mereka dapatkan. Di bawah ini merupakan salah satu contoh komisi yang saya dapatkan. Tidak banyak, karena memang jarang promosi. Haha.



2 | TikTok Shop


Tidak mau kalah dengan Shopee, kini TikTok juga menghadirkan marketplace layaknya Shopee. Kamu bisa bergabung dengan TikTok Shop dan berjualan di akun kamu sendiri. Saya pribadi sudah bergabung sebagai penjual dan menjual novel Madeira. Berjualan di TikTok benar-benar cepat laku, terutama kalau video yang kamu buat fyp. Memang, sistem TikTok Shop belum benar-benar bagus, tetapi sejauh ini masih nyaman dipakai. 

3 | Tiktok Affiliate


Dengan adanya TikTok Shop, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan walaupun tidak menjual produk di TikTok. Kamu cukup menjadi reseller atau affiliate TikTok Shop dengan menjual produk orang lain. Kamu cukup memasukkan produk-produk orang lain ke etalase TikTok Shop kamu dan promosikan dengan tautan ketika membuat video. Selain mendapatkan komisi ketika barang terjual, tidak menutup kemungkinan kamu bisa mendapatkan contoh produk. 

4 | Endorsement


Mengenai hal ini tentu saja tidak hanya TikTok saja. Siapapun kamu apabila memiliki pengikut cukup tinggi di media sosial bisa mendapatkan kesempatan mendapatkan endorse dari penjual atau brand. Dengan begitu, kamu tak akan sekadar bermain di TikTok, tetapi juga bisa mendapatkan penghasilan.

Itu dia beberapa kesempatan yang bisa kamu lakukan ketika bermain TikTok. Sehingga, jangan hanya joget saja di TikTok, tetapi juga mencoba merambah untuk mendapatkan penghasilan.

1 komentar:

  1. Kalo yang tiktok koin itu hadiahnya bisa dicairkan juga ga, lan? Aku sering liat ada icon kado buat hadiahin creator kontennya. Tapi kayaknya bukan dalam bentuk uang ya, tapi koin. ��

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^