Cara Menghapus Data di Google Drive | Wulan Kenanga Wulan Kenanga: Cara Menghapus Data di Google Drive
Feb 17, 2016

Cara Menghapus Data di Google Drive



Cara Menghapus Data di Google Drive - Sekitar empat hari yang lalu, saya mendapatkan sebuah pesan di surat elektronik, yang mengatakan kalau google foto saya sudah penuh. Tentunya, mendapatkan surat tersebut mau tak mau membuat saya khawatir juga. Lalu, setelah saya cek ke google drive, ternyata benar, kapasitas yang diberikan oleh pihak google untuk akun saya tinggal 1 GB dari 15 GB. Itu artinya, saya sudah memakai 14 GB google drive.

Nah, loh. Perasaan saya tidak pernah mengunggah file berkapasitas besar sampai-sampai membuat google drive saya penuh. Paling hanya foto-foto untuk blog dan video. Video pun tak berkapasitas besar, dan jarang juga. Setelah saya cari-cari file besar yang berada di google drive saya adalah film-film yang pernah saya download dengan google drive. Ah, saya baru tahu kalau file tersebut akan memakan akun saya.


Setelah menemukan titik permasalahannya, saya menghapus file-file film yang berkapasitas besar tersebut dari google drive saya, sayangnya setelah file tersebut saya hapus kapasitas penyimpanan saya masih penuh, sama sekali tidak berpengaruh. Saya sempat pesimis dan bertanya kepada teman-teman alternatif lain agar bisa mengunggah foto di blog tanpa melalui akun google. Setelah saya selidiki kembali, ternyata file yang saya hapus tersebut masuk ke dalam sampah, dan sampah tersebut tetap menyimpan kapasitas dari file tersebut.

Akhirnya, setelah saya mengapus file di sampah/trash kapasitas penyimpanan akun google saya kembali normal. Untuk teman-teman yang mengalami hal serupa dengan saya, begini cara menghapus file di google drive.

1 | Masuk ke dalam drive.google.com

Kapasitas penyimpanan sudah merah


2 | Pilih terkini, kemudian pilih file berkapasitas besar kemudian hapus.





3 | Pilih sampah/trash lalu tekan Ctrl+A dan hapus untuk selamanya.





4 | Kapasitas penyimpanan google drive kembali normal.



Sekarang penyimpanan google drive saya sudah berkurang banyak, jadi tidak takut kena email dari google lagi. Semoga membantu, ya!

Wulansari Wulan Kenanga

Hidup untuk menulis, menulis untuk hidup

Blog Designer, Writer, Buzzer, Dreamer, Pemeluk Kenangan, Jasa Review, Penulisan Artikel. Kerja sama Contact holawulan@gmail.com

7 comments:

  1. saya pernah jg tuh. ternyata foto dari hp saya di sinkronise ke drive jadinya drive cepet penuh. nice info mba

    ReplyDelete
  2. wah perlu banget ini...bookmark dulu. makasih yaa :)

    ReplyDelete
  3. Tempat q kok ada beberapa file yg tak menampilkan opsi hapus?trus gimana cara menghapusnya?mohon penjelasan

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Mantapp.. sangat berguna sekali.
    saya juga sering download film dan berpengaruh ke kuota drive saya akhirnya.

    Untuk yg me-manage google drive di Android, mungkin folder sampah/trash-nya ngga bisa terlihat. coba dibuka pakai browser dan pakai mode desktop..

    ReplyDelete

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^