Mencari Uang Lewat Internet | Wulan Kenanga Wulan Kenanga: Mencari Uang Lewat Internet
Mar 7, 2016

Mencari Uang Lewat Internet



Mencari Uang Lewat Internet - Perkembangan jaman telah benar-benar memanjakan kita dalam menjalani kehidupan yang terbilang rumit ini. Dulu, untuk mencuci baju kita harus ke sungai lantaran capek menimbah di sumur. Lalu, setelah ada keran air, munculah mesin cuci. Masalah mengetik pun begitu. Dulu pakai mesin ketik yang menghapusnya harus pakai stipo, sekarang ada komputer dan laptop. Halah, kalau diingat-ingat, kita semakin dimanjakan dan dimudahkan.

Tak hanya dalam urusan sehari-hari, dalam pekerjaan pun begitu. Di kantor untuk administrasi dan keuangan, yang dulu secara manual, kini ada software yang membantu pekerjaan. Lalu, sekarang ada pekerjaan freelancer yang bisa kita kerjakan di rumah. Atau, atau, pekerjaan sampingan mencari uang dari internet.

Hmmm....

Tentunya, teman-teman sekalian sudah sering dengar dong mencari uang dari internet itu seperti apa. Eits, bukan money game atau berjudi loh ya. Ini halal, Insya Allah. Mungkin sebagian orang akan berpikiran demikian. Mencari keuntungan di internet dengan memanfaatkan orang lain atau menipu. Tidak. Tidak. Bukan hal menakutkan semacam itu.

Berikut adalah enam hal yang bisa teman-teman lakukan dalam mencari penghasilan melalui internet:

1 | Online Shop

Kenapa hal ini yang saya bahas kali pertama? Jawabannya, karena toko online atau online shop sudah sangat menjamur di dunia internet. Bahkan, bapak-bapak tukang ojek di pangkalan atau ibu-ibu penjual sayur juga sudah tahu mengenai hal ini. Memang, toko online adalah hal yang mudah dilakukan jika ingin berbisnis di dunia maya. Bahkan, kita bisa mendirikan toko online tanpa harus memiliki modal sepersen pun, yaitu dengan menjadi reseller dropsipper. Aiih, cukup memiliki internet dan smartphone saja, kita bisa menciptkan peluang bagi diri kita sendiri. Mana nggak perlu keluar rumah lagi.

Tapi, hati-hati nanti dipikir pengangguran loh....

“Kamu kok, main hape terus sih?”

Saat tekun menjalani online shop dulu, sehari saya bisa mendapatkan Rp. 50.000-, - Rp. 100.000-, per hari. Waktu itu sangat banyak ya nominal segitu, apalagi masih anak kuliahan.

2 | Buzzer

Sudah tahu, kalau media sosial yang kita miliki mempunyai peluang besar dalam mencari penghasilan lewat dunia maya? Tidak hanya facebook atau fanpage saja loh. Twitter, Instagram, juga berpeluang besar. Syaratnya cukup mudah, yaitu memiliki pengikut banyak di media sosial yang kita miliki.

“Oke, saya tahu kalau media sosial bisa menghasilkan uang. Lalu, buzzer itu apa?”

Ehem...

Saya sendiri tidak bisa menjelaskan secara gamblang apa itu buzzer. Jadi, mari saya ceritakan pemahaman saya mengenai buzzer dengan contoh yang lain. Teman-teman pernah melihat sebuah acara di televisi , dan banyak sekali anak-anak muda di acara tersebut? Iya, yang selalu berteriak “Lalala, yeyeye, lala pooo” itu. Tahu, kan? Nah, tugas mereka kan untuk meramaikan acara dan membuat acara tersebut menjadi seru. Dan, teman-teman tahu kan mereka itu penonton bayaran? Iyesss, jadi kurang lebih buzzer adalah penonton bayaran tersebut. Tapi, bedanya kita meramaikan sebuah event atau acara melalui media sosial, terutama melalui twitter. Kita benar-benar harus meramaikan acara tersebut melalui dunia maya dengan sebuah hastag, yang nantinya akan menjadi trending topic. Tentu, jika hastag tersebut TT, pastinya acara tersebut diketahui oleh banyak orang.

Saya sendiri sudah empat kali menjadi agent social media atau buzzer ini.

3 | Ngeblog

“Ngeblog bisa dapat duit?”

“Iya.”

“Dari mana?”

“Dari ngeblog!”

Jadi, setelah ngeblog selama bertahun-tahun yang isinya curhatan belaka, saya baru tahu loh kalau ngeblog itu bisa menghasilkan uang. Iya, duit! Pastinya teman-teman bingung dari mana saja duit itu berasal, padahal kita hanya menulis kemudian mempublishnya.

Untuk bisa mendapatkan penghasilkan dari ngeblog, teman-teman bisa menjadikan blog sebuah media periklanan. Nah, untuk mendapatkan hal itu semua silakan baca postingan saya sebelumnya mengenai cara mendapatkan penghasilan melalui blog.

Sedikit bocoran nih, saya pernah mendapatkan sebuah job review dengan bayaran Rp. 700.000,- untuk sebuah blogpost  *rahasia ya*

baca juga Keuntungan Ngeblog

4 | Jasa Desain/Pembuatan Web

Punya keahlian khusus dalam desain? Buka jasa desain saja. Kalau teman-teman jago gambar, teman-teman bisa membuka jasa desain cover atau ilustrasi novel. Tidak hanya itu saja, teman-teman bisa menawarkan lukis wajah kepada teman kalian di dunia maya. Kalau tidak bisa menggambar dan lebih jago ngoding, teman-teman bisa membuka jasa desain blog atau pembuatan website.

Sedikit cerita, dulu sewaktu membuka jasa desain blog, saya hanya mematok harga Rp. 50.000-, untuk jasa desain tersebut. Teman-teman tahu? Tidak ada yang mau! Buset, ternyata jasa saya tidak laku padahal itu harga sudah sangat murah. Tapi, saya tidak menyerah. Akhirnya, ada teman saya yang biasanya blognya saya desain secara gratis, dia membayar saya dengan harga Rp. 100.000, Alhamdulillah peningkatan. Melalui dia juga akhirnya datanglah pelanggan-pelanggan saya yang lain. Lambat laun, angka nominal untuk desain saya meningkat dan Alhamdulillah semakin banyak yang berminat.

Terkadang memang untuk mengawali sesuatu itu teramat sulit, dan pasti banyak yang meremehkan. Ah, manusia.

See?

5 | Jasa Pengiklan

Tidak hanya menjadi seorang buzzer saja untuk bisa memanfaatkan media sosial, tapi bisa juga untuk jasa pengiklan. Jika teman-teman memiliki sebuah fanpage dengan likers banyak, tentu hal ini juga bisa dimanfaatkan untuk membuka jasa pengiklanan. Atau, jika bukan fanpage, teman-teman memiliki twitter dan instagram puluhan ribu jumlah followersnya. Manfaatkan hal tersebut.

Saya pernah berjualan online, dan untuk mempromosikan saya membayar orang yang memiliki likers fanpage banyak. Saya membayar dia dengan uang Rp. 15.000,- per posting. Lambat laun, karena jumlah likers di fanpage dia semakin bertambah maka nominal yang harus saya bayar pun bertambah pula.

Teman-teman tahu, Ria Ricis? Iya, dia adik dari Oki Setiana Dewi sekaligus selebgram. Dia menggunakan akun instagramnya untuk mencari penghasilan. Istilahnya, endorse. Jadi, dia mempromosikan barang-barang jualan online shop di akun instagram. Iseng-iseng saya add Line si Ria Ricis untuk mengetahui berapa nominal yang harus kita bayar kalau ingin produk kita di-endorse olehnya. Dan, untuk produk non-kosmetik dan obat-obatan di hargai Rp. 4.000.000-, untuk sekali postingan. Itu pun hanya bertahan beberapa minggu saja. Dan, untuk produk kosmetik dan obat-obatan dihargai Rp. 5.000.000,-


Masih banyak lagi hal yang bisa kita manfaatkan dengan adanya internet ini. Misalnya juga menjadi penulis artikel atau jika memiliki keahlian lain bisa juga digunakan. Selain bisa dipergunakan sebagai penghasilan utama, mencari pengasilan di internet bisa juga untuk pekerjaan sampingan dari pekerjaan kantor. Pengasilan dari internet jika mau tekun pun bisa mendapatkan lebih banyak dari yang saya sebutkan di atas.


Jadi, sudah ada gambaran mau terjun di dunia maya untuk menghasilkan uang tambahan?


xoxo,
Wulan K.

Wulansari Wulan Kenanga

Hidup untuk menulis, menulis untuk hidup

Blog Designer, Writer, Buzzer, Dreamer, Pemeluk Kenangan, Jasa Review, Penulisan Artikel. Kerja sama Contact holawulan@gmail.com

1 comment:

  1. Nyari uang lewat internet memang bisa dengan banyak cara. Yang lagi aku tekunin bikin OL shop dari awal, seru juga tapi emang susah

    ReplyDelete

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^