Insomnia? Mungkin Ini Penyebabnya | Wulan Kenanga Wulan Kenanga: Insomnia? Mungkin Ini Penyebabnya
May 14, 2016

Insomnia? Mungkin Ini Penyebabnya

dokpri

Insomnia? Mungkin Ini Penyebabnya Sudah menjadi rahasia umum, bahwa insomnia kebanyakan diderita oleh pekerja serabutan atau freelance, penulis, programmer dan orang-orang yang lebih menyukai pekerjaan di malam hari. Alasannya klise, agar lebih tenang. Sayangnya, usai mengerjakan sesuatu tanpa kita sadari jam dinding sudah menunjukkan pukul dua dini hari. Huwaa, ini sih, namanya insomnia!

Actually, insomnia bisa menyerang siapa saja. Mau para pekerja, anak sekolah, atau pun pengangguran. Pun banyak hal yang menyebabkan hal itu terjadi. Misalnya, terlalu banyak berpikir, terlalu bersemangat, atau sedang jatuh cinta. Yah, kita akui saja, perasaan bahagia pun bisa membuat kita sulit untuk tidur.

Lalu, jika insomnia muncul setiap hari? Tak pandang bulu apakah kita sedang jatuh cinta atau tidak? Ah, mungkin beberapa hal di bawah ini  adalah penyebab kamu insomnia, Guys.


1 | Banyak Pikiran

Ini jelas, masalah paling utama. Banyak pikiran. Kebanyakan insomnia karena banyak pikiran terjadi pada orang-orang yang cenderung pesimis. Terlalu memikirkan apa yang terjadi esok hari, atau memiliki masalah yang belum kelihatan jalan keluarnya. Saat banyak pikiran, kita cenderung terlalu berfokus pada masalah tersebut, sehingga menyebabkan sulit tidur. Kerja otak pun bekerja lebih keras, dan membuat kita lupa jika waktunya untuk tidur.

2 | Kebiasaan

Insomnia juga terjadi karena kebiasaan tidur. Misalnya, kita terlalu asik mengerjakan sesuatu, kemudian tidur pada jam satu pagi. Hal ini, berulang berkali-kali, sehingga menjadi sebuah kebiasaan. Namanya kebiasaan sulit sekali untuk dihilangkan, meskipun sebenarnya tidak ada yang kita kerjakan, tapi tetap terjaga karena sudah terbiasa dengan jam tidur malam.

3 | Kebanyakan Kopi

Hindari minum alkohol atau minuman yang mengandung kafein, terutama kopi. Banyak  orang yang menggunakan kopi sebagai teman terjaga di malam hari. Meskipun efeknya tidak terlalu terasa, tapi bagi orang yang tak ingin terjaga di malam hari, kopi memberikan efek besar. Tanpa sadar, kopi bisa membuat kita insomnia, terutama bila diminum malam hari. Saya pun sering merasakannya ketika siang hari minum kopi, mau tidur siang pun susah.

4 | Nonton Drama Korea

Sudahlah, mengaku saja, kalau poin keempat merupakan faktor terbesar teman-teman insomnia. Iyap, kisah lucu nan romantis yang ditawarkan oleh drama asal Korea, mau tak mau membuat kita insomnia atau sengaja insomnia. Bagaimana tidak, jika ingin tidur tadi drama kurang beberapa episode lagi. Mau tidur pun sulit karena kepikiran akhir dari cerita drama tersebut.

Biasanya nih, selalu bilang “Oke, ini episode terakhir, lalu tidur.”Kenyatannya, ketika ending kita mencak-mencak karena cerita semakin seru. Akhirnya, kita menambah satu episode lagi, dan berjanji lagi kalau itu episode terakhir yang kita tonton malam itu. Lalu, mencak-mencak lagi, nambah satu episode. Begitu terus sampai ultraman punya anak. Eh, tahu-tahu sudah pukul tiga pagi.

Ah, selamat bermata panda, deh.

Serius, kita harus mengurangi kebiasaan tidur malam. Sebenarnya sih, postingan ini menyindir diri sendiri karena sering tidur malam tanpa sebab. Alasannya, nulis. Padahal, kalau dipikir-pikir saya ini full time blogger tapi kenapa memilih nulis malam hari, kalau siang hari nggak ada kerjaan?

Ya begitulah, biar dikira sibuk sehingga kerjanya sampai malam. *xoxo*

Saya sudah sering mencoba tidur “normal” dengan tidur jam sepuluh malam. Agar esok hari saya bangun pagi dengan perasaan yang bahagia dan tanpa mata panda. Sayangnya, sulit sekali. Sepertinya, yang paling mempengaruhi saya adalah poin dua. Sedangkan, poin lainnya terjadi kadang-kadang saja. Atau, karena poin 1,3, 4 lah yang mempengaruhi poin 2? Ah, sudahlah. Ini sebuah misteri.

xoxo,

Wulan K.

Wulansari Wulan Kenanga

Hidup untuk menulis, menulis untuk hidup

Blog Designer, Writer, Buzzer, Dreamer, Pemeluk Kenangan, Jasa Review, Penulisan Artikel. Kerja sama Contact holawulan@gmail.com

7 comments:

  1. Drama korea itu poin paling penting 😝

    ReplyDelete
  2. wakakakaka survey membuktikan kalau nonton drama korea menjadi penyebab insomnia. soalnya kalau episodenya gak dikelarin suka kepikiran, niat mau berhenti dan lanjut besok gak jadi gagara kepikiran

    ReplyDelete
  3. kalau kebalikannya gimana? aku malah paling gampang tidur hehe

    ReplyDelete
  4. Saya paling sering banget insomnia bahkan sampe ga tidur karena nonton drakor. Akibatnya di kantor bisa abis 2-3 gelas kopi. Tapi setelah itu tidurnya jadi lebih sore. Eh itu insomnia bukan ya? hehehheehe

    ReplyDelete
  5. kalau saya kebanyakan kopi itu mungkin, soalnya hampir setiap hari ngopi terus. hehehe kopi yang cuppuccino kayak gitu.hemb..

    ReplyDelete
  6. Aku night person dan suami morning person. Entah insomnia atau bukan, tapi inspirasi kok lebih lancar datang malem hari. Suami udah nyuruh-nyuruh bobok, eh, akunya kok ra iso. Rumit juga kadang-kadang menyiasati ini, Wulan. >.<

    ReplyDelete
  7. Drama korea hahahaha aku banget. Pernah mau bobo jam 9 malah kelar - kelar jam 1 -___________-

    ReplyDelete

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^